ruang cerita keluarga mama triplet

MANFAAT MANDI AIR HANGAT YANG BELUM PERNAH DIKETAHUI

by | Oct 10, 2019 | Kesehatan, Picnic | 316 comments

Fakta-fakta tentang mesin pemanas air dan mandi air hangat di bawah ini bakal bikin teman-teman kaget. Percayalah.

– Madam A –

Masih teringat jelas dalam memori tentang pengalaman mudik lebaran yang lalu. Saya yang awalnya tidak berniat pulang ke Jogja mendadak ambil keputusan untuk pulang. Ketetapan tersebut diambil pada detik-detik terakhir Ramadhan yang mana tiket kereta sudah habis.  

Kami sok-sokan mengecek harga tiket pesawat dan hampir pingsan dengan sukses melihat harganya. Masya Allah, cuma dari ibukota ke kota gudeg saja masak iya harganya setara motor bebek? Setelah istikharah, kami pun nekat memilih naik bus malam. Mau bagaimana lagi, hanya itu transportasi umum yang tersisa.

Pengalaman naik bus malam dari Jakarta ke Jogja pada akhir bulan Ramadhan pernah saya tulis di sini. Intinya, selama 14 jam perjalanan itu saya merasa tulang-tulang sudah mulai mreteli, kaki teol,  dan hati keki, pokoknya lelaaahhh sekali. Mana saya sedang dapet dan masih harus menyusui. Lengkap sudah penderitaan ini. 

Beruntung saya dikasih kesempatan untuk turun di pinggir jalan dekat rumah oleh supirnya. Alhamdulillah juga langsung dijemput oleh orang tua. Anak-anak yang sepertinya baik-baik saja naik bus tampak sangat bahagia. Baru juga turun, mereka langsung menghambur ke arah aki dan eninnya untuk melepas rindu.

Saya menghela nafas lega setelah bisa lepas sejenak dari mereka.Saya pun mengecek kondisi saya sendiri. Tangan kanan sudah kaku karena semalaman memangku si bungsu. Punggung? Jangan ditanya, masih bisa jalan saja alhamdulillah. Ketika sampai rumah dan bisa rebahan di atas kasur empuk yang rapi, bersih, dan wangi saya merasa sangat terharu. Sungguh, kasur tidak pernah terasa senikmat ini.

But wait, hold on for a second.

Adakah yang seperti saya? Istirahat tidak akan paripurna kalau belum mandi, belum bersih?

Iya loh, saya tuh tipe yang enggak betah tidur kalau badan masih lengket, bau, dan mulut enggak nyaman. Bisa sih tidur, tapi ya sambil garuk-garuk. Enggak nyaman, enggak segar.

Nah, kemarin itu saya sempat mager buat sekedar ngesot ke kamar mandi. Entah kenapa rasanya Jogja jadi dingin banget. Apalagi saat malam hari saya sempat menggigil juga di dalam bus. Kepengen banget mandi, tapi kok sulit ya membayangkan diri ini disiram air dingin?

*Padahal aslinya mah emang males*

Mungkin karena efek jetlag atau lelah yang  sangat, saya lupa kalau saya berada di rumah Jogja. Di sini mama dan papa sudah menyediakan mesin pemanas air di salah satu kamar mandi, lengkap dengan showernya. Masya Allah, sungguh terpujilah wahai engkau papa dan mama.

Akhirnya, dengan semangat 45 saya langsung bongkar koper dan mengambil handuk serta baju ganti. Mumpung anak-anak sedang sama enin dan aki-nya, boleh deh saya menikmati me time sebentar. 

Saat  siraman hangat shower pertama menghantam wajah, saya merasa seperti habis dapet berkah. Bahagia sekali. Otot-otot di tengkuk dan punggung yang sebelumnya tegang jadi lemes lagi. Pegal-pegal di sekujur tubuh juga berkurang.

Teman-teman pasti setuju, mandi air hangat setelah melewati hari yang melelahkan itu rasanya seperti obat. Apalagi kalau showernya kencang sehingga bikin mata merem melek keenakan. Percayalah, begitu acara bebersih di kamar mandi selesai, volume tenaga yang sebelumnya sudah mendekati titik nadir kembali naik mendekati full.

Itulah, saya tak pernah menyangka kalau mandi air hangat ternyata semujarab itu.

MENGENAL MESIN PEMANAS AIR ARISTON

Saya sebetulnya sudah tahu bahwa di dunia ada sebuah penemuan yang bermanfaat bagi umat manusia bernama water heater alias mesin pemanas air. Sebuah mesin yang bisa memanaskan air secara otomotis dan mengalirkannya ke pipa-pipa kamar mandi dengan tenaga listik, surya, maupun gas. Saya sering menikmati manfaat mesin ini tapi belum pernah betul-betul ngeh dengan produknya. 

Nah, baru hari Minggu tanggal 29 September 2019 kemarin saya melihat langsung mesin pemanas air tuh bentuknya seperti apa. Saat itu saya dan keluarga menghadiri acara Baby Bash Kids Milestone yang diadakan oleh TheAsianParents Indonesia beserta sponsor di hotel The 101 Suryakencana Bogor.

Acara ini dihadiri banyak sekali keluarga, terutama para millenial moms and dads. Wajar sih, setidaknya ada 7 mini seminar yang akan running dalam satu hari. Mini seminar ini sangat keren karena pembicaranya adalah para expert di bidang masing-masing, seperti dokter dan psikolog. Kebayang dong, informasi yang akan didapatkan dari acara ini sedaging apa?

Saya sendiri duduk manis dan fokus banget memperhatikan sharing session dari Ariston yang mengangkat tema “Get Your Day Easier with Ariston”. Sesi ini terdiri dari tiga pembicara elegan yakni; dr. Srie Prihianti Gondokaryano, SpKK, PHD, FINSDV, FAADV (dokter spesialis kulit), mbak @dwihandaanda (mom influencer), dan terakhir mbak Nina Fidyastuti selaku brand marketing Ariston Thermo Indonesia. 


Dari kiri ke kanan, dr. Srie Prihianti Gondokaryano, SpKK, PHD, FINSDV, FAADV, @dwihandaanda (mom influencer), mbak Nina Fidyastuti (brand marketing Ariston Thermo Indonesia.)

Dari pemaparan dr. Srie, saya jadi tahu kalau jaman sekarang bayi yang baru saja dilahirkan tidak langsung dimandikan. Jadi perlu ditunggu hingga 2-4 jam dulu sambil dilakukan pengecekan semua tanda vital. Apabila tanda-tanda vital normal, baru deh boleh dimandikan.

Memandikan bayi pun ternyata ada rulesnya, enggak boleh asal. Kita harus betul-betul memperhatikan suhu, volume, dan jangka waktu. Menurut dr. Srie suhu air terbaik adalah sekitar 36-37 derajat celcius, sesuai suhu tubuh. Kemudian, usahakan agar seluruh tubuh bayi terendam sehingga dapat membantu pengaturan suhu dan mengurangi evaporasi.

Mandi air hangat untuk bayi ini penting, sekali lagi, fokus ke bagian air hangatnya ya. Kenapa? Alasannya jelas, supaya terhindar dari hiportemia. Bagaimana pun, kemampuan bayi untuk meregulasi suhu tubuhnya sendiri belum maksimal.

Catatan lain yang saya dapat dari dokter cantik ini adalah tentang penggunaan pembersih saat mandi. Sebaiknya bayi tidak menggunakan sabun yang mengandung banyak busa. Saya langsung cengengesan karena ingat jaman dulu justru sering banget mencari sabun yang gosok dikit busanya langsung tumpah-tumpah. Hayo siapa yang suka begitu juga? Jangan-jangan cuma saya aja? Huhuhu.

“Tolong diingat ya moms dan dads semua, kemampuan membentuk busa tidak ada korelasinya dengan daya membersihkan. Sebaliknya, semakin banyak busa terbentuk, kemungkinan terkena penyakit kulit justru semakin besar.” terang beliau. Duh, jadi makin merasa bersalah.

Enggak apa-apalah, namanya juga waktu itu enggak tahu kan? Alhamdulillah sekarang sudah tahu. Hilang sudah rasa kepo saya yang suka heran dengan produk sabun bayi minim busa yang harganya selangit itu.

Pengalaman @dwihandaanda Tentang Mandi Air Hangat

Cerita selanjutnya datang dari mbak Dwi. Mom influencer yang punya sejuta follower ini berbagi cerita kesibukannya sebagai ibu baru dari seorang putri bernama Freya. 

Source : Instagram @dwihandaanda

“Jadi sebelum suami beliin aku water heater, aku tuh mesti masak air dulu di kompor setiap mau mandiin Freya.” tuturnya.

“Terus, aku tuh orangnya pelupa. Aku suka lupa menutup bath up aku, jadi kadang-kadang air yang udah aku masak dan masukin ke dalam bath up kosong lagi,” keluhnya dengan wajah lucu.

Saya #autongakak. Jebul para influencer yang fotonya cantik-cantik di Instagram itu juga merasakan repotnya mandiin anak. Kirain cuma saya doang yang harus mengalami drama mandi every single time.

Mandiin bayi tuh persiapannya enggak sesimpel itu. Pertama, kita wajib nyiapin bak mandi, kedua ngambil panci, ketiga ngisi air ke dalam panci, keempat nyalain kompor, kelima ngerebus, keenam nenangin anak-anak yang tantrum karena kok enggak mateng-mateng air mandinya, ketujuh mindahin air panas ke ember padahal jarak antara dapur dan kamar mandi lumayan. Selesai dengan itu semua, baru deh prosesi mandi dimulai.

Iya, serempong itu proses mandiin anak pakai air hangat dengan cara manual. Emang serempong ituuhh! (Wajib diulang dan ditebalkan karena ini adalah kode) Tapi biarpun begitu, segini aja saya masih bersyukur. Setidaknya enggak kayak orang-orang di kampung yang mesti nyari kayu bakar dulu buat nyalain kompor. Huufftthh.

“Masa-masa paling stress yang pernah aku rasain adalah saat Freya masih bayi banget. Saat itu me time buatku adalah mandi, dan paling enak emang mandi air hangat karena bisa bikin badan aku relax, nyaman,” lanjut mbak Dwi sambil mengenang masa-masa sulitnya.

Saya ngangguk-ngangguk. Setuju banget. Buat para new mom sekedar mandi tanpa diganggu anak aja udah berasa surga dunia. Mandi memang bisa menjadi momen jeda mengumpulkan tenaga sebelum kembali menghadapi anak-anak yang energinya luar biasa.

“Oh iya, aku juga mau berbagi tips. Jadi aku dulu waktu hamil tuh pinggang dan punggungnya sering sakit, sama dokter disuruh mandi air hangat. Kemudian saat ASI macet juga, disarankan memijat payudara sambil diguyur air hangat. Jadi emang, keberadaan air hangat tuh penting banget untuk kesehatan tubuh dan kenyamanan.” pungkasnya.

kata @dwihandaanda tentang mandi air hangat

Sejarah Singkat Mesin Pemanas Air Ariston

Nah, puas dengan ilmu dari dr. Srie dan curcolannya mbak Dwi, kami pun menyimak sharing terakhir dari mbak Nina tidak kalah seru . Jadi, ternyata Ariston tuh sudah ada sejak dari 85 tahun yang lalu. Masuk ke Indonesia sendiri hampir 30 tahun. Selama itu, Ariston telah menguasai hampir 80% market water heater atau mesin pemanas air di sini.  Berarti kalau dihitung-hitung, 8 dari 10 orang yang membeli water heater memilih Ariston. 

pemanas air ariston

Menurut saya pribadi, wajar kalau Ariston memimpin di pasar. Bagaimanapun juga Ariston merupakan brand water heater dengan rangkaian produk paling lengkap di Indonesia, mulai dari pemanas air listrik, gas, solar, hingga heatpump. Lengkap, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan rumah tangga masing-masing. Enggak heran kalau brand Ariston jadi nomor satu di Indonesia. 

Salah satu bukti kenapa customer tidak perlu ragu lagi dengan  kualitas produk Ariston adalah keterlibatan brand ini dalam menyediakan pemanas air di Pulau Disko, Greenland, sebuah lokasi dengan suhu berkisar antara -19 hingga -40 derajat celsius. Tantangan yang berasal dari University of Copenhagen ini diniatkan untuk membantu para peneliti yang sedang mempelajari climate change. Dibutuhkan persiapan selama 18 bulan sebelum produk Ariston berhasil dipasang dan bekerja dengan baik di dalam tempat tinggal peneliti. Kegiatan yang diberi nama Comfort Challenge ini membuktikan bahwa Ariston mampu memberikan kenyamanan di tempat paling ekstrem sekalipun.

Asli, mendengarkan pemaparan Mbak Nina ini saya dan teman-teman sampai geleng-geleng kepala saking takjubnya. 

KENAPA HARUS MEMILIH ARISTON UNTUK PEMANAS AIR DI RUMAH ?

Ada beberapa alasan yang mau saya jembrengin untuk menjawab pertanyaan ini. 

  1. Masalah durability atau ketahanan produk. Produk Ariston terbukti anti karat karena tangkinya berlapis titanium enamel. Selain itu juga anti bocor dengan flange dan gasket yang kuat. Heating element juga bahannya terbaik sehingga fleksibel, tahan lama, dan tahan karat. 
  2. Masalah safety atau keamanan. Ini penting sekali, karena masalah keamanan sering menjadi kekhawatiran orang-orang yang memasang pemanas air di rumah. Tenang, Ariston memiliki teknologi untuk mencegah bahaya arus bocor dengan ELCB. Produk Ariston juga dilengkapi safety valve yang mencegah kebocoran akibat tekanan tinggi maupun tangki kosong. 
  3. Masalah comfort atau kenyamanan. Ariston mengklaim kalau produk mereka sangat efisien dalam penggunaan energy karena memiliki thermostat yang akurat dan terkontrol. Air cepat panas. Insulasi tebal menjaga suhu air tidak cepat turun serta tampilan dan penggunaan yang mudah. 

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Pemanas Air

Nah, mbak Nina memberikan tips dan trik yang bisa kita pikirkan sebelum membeli mesin pemanas air agar mesin tersebut dapat menghasilkan kenyamanan maksimal untuk keluarga. 

  1. Pastikan jumlah orang yang akan menikmati air panas ini di rumah. Kalau cuma 1 orang bisa beli yang 10 L saja, kalau berdua 15L cukup, kalau lebih mungkin bisa dipikirkan untuk membeli ukuran 30-50L. 
  2. Pastikan kapasitas daya listrik di rumah. Teman-teman, seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, produk Ariston memiliki jenis yang dayanya hanya 200 watt saja, menurut saya itu cukup pas untuk keluarga kecil yang kebutuhan listriknya tidak banyak. 
  3. Pipa Instalasi. Ada dua jenis pipa yang dibutuhkan, pipa air panas dan pipa air dingin. Pastikan dulu instalasi pipa di rumah karena ini akan berpengaruh pada peletakan mesin pemanas air. 

MESIN PEMANAS AIR, KEBUTUHAN ATAU KEINGINAN? 

Jawabannya relatif.

Dulu sih memang yang namanya mesin pemanas air adalah sebuah barang mewah. Hanya orang-orang dengan ekonomi menengah ke atas yang dapat memilikinya. Maklum, dari segi harga dan maintenance modalnya enggak sedikit. 

Tapi jaman makin berkembang dan produk-produk semakin berinovasi. Brand-brand kelas dunia berusaha untuk mengeluarkan produk yang bisa digunakan semua kalangan. Ariston contohnya, ada yang bentuknya kecil dan ramping agar hemat tempat, ada yang wattnya kecil, ada yang ukuran airnya kecil juga. Inovasi semacam ini membuka pintu orang-orang menengah ke bawah meraih kesempatan memiliki yang sama #tsaah.

Tapi saya sendiri sebagai seorang ibu dengan tiga anak makin kesini makin merasa kalau mesin pemanas adalah kebutuhan. Anak saya yang SD berangkat bareng ayahnya jam 6 pagi, sepulang sholat subuh dari masjid mereka bergantian mandi. Tak jarang ketika udara betul-betul dingin, saya memasakkan air buatnya, dan juga buat kedua adiknya. 

Padahal di waktu yang bersamaan saya masih harus menyiapkan makanan, dan bekal untuk keduanya. Enggak heran kalau baru jam setengah tujuh pagi saja saya udah keliatan kayak zombie. Gimana lagi, saya harus bangun lebih dulu dibanding mereka. Orang lain jam segitu udah cantik dan wangi, saya bau bawang dan keringetan. Huhuhu. 

Bisa sih transformasi jadi ibunda ratu rumah tangga yang harum mewangi cantik sepanjang hari, tapi yaitu, harus nunggu mandi dulu.

Cakep banget kan transformasinyaaa

Kepengen juga ikutan mandi air hangat kayak anak-anak, tapi mikir keribetan masak memasaknya itu jadi ogah-ogahan. Ujung-ujungnya ya gebyur pake air dingin seada-ada dalam waktu sesingkat-singkatnya sebelum anak-anak jadi ribut kayak anak ayam kehilangan induknya. Ya Lord, untuk urusan mandi gini aja panjang amat yak dramanya?

Oh iya, ada satu notes tambahan mengenai perbandingan biaya yang dikeluarkan antara merebus air manual dan memakai mesin pemanas air. 

pemanas air ariston

Gambar di atas merupakan hasil survei yang sengaja dilakukan pada tahun 2017, bekerja sama dengan Nielsen tentang perilaku konsumen Indonesia terhadap penggunaan mesin pemanas air. Hasilnya, faktor ekonomi menjadi penentu keputusan mereka untuk menggunakan water heater atau merebus air, padahal sudah diketahui bahwa merebus air itu butuh waktu dan resiko keamanan yang lumayan. Sering dengar kan ya kasus-kasus kebakaran yang penyebabnya adalah “lupa sedang masak air”?

Manfaat Memiliki Mesin Pemanas Air di Rumah

Dari semua pemaparan di atas, coba deh saya rangkum manfaat dari memiliki mesin pemanas air di rumah sendiri :

  1. Lebih mudah dibanding memasak air manual. Tinggal nyalakan dan buka keran.
  2. Hemat waktu.
  3. Biaya yang dikeluarkan lebih murah.
  4. Lebih aman.

SNEAK PEAK KATALOG MESIN PEMANAS AIR ARISTON

Kemarin saya iseng-iseng nanya sama suami, semisal kami jadi pasang water heater, kira-kira mau beli yang mana? 

Dia sih mesam-mesem saja, maklum pak suami adalah orang yang seneng banget menyerahkan segala keputusan ke istrinya. Hahaha. 

Tapi bener, saya naksir si SLIM 30 DL, desainnya minimalis, menampung 30 L yang lumayan cukuplah buat keluarga kami, dan yang pasti hemat listrik karena dayanya cuma 300watt saja. Enggak perlu khawatir bakalan jeprat-jepret kalau pemanas ini nyala berbarengan mesin cuci, pompa, setrika, dan lain-lainnya itu.

Mau yang ini biar bisa tambah mesra sama suamiiik
pemanas air ariston
Mau yang mana?

Gimana, melihat beberapa gambar dan informasi di atas sudah mulai kepikiran beli belum? Monggo loh, silahkan dibicarakan dulu dengan pasangan, semisal butuh informasi yang lebih lengkap tinggal cuss ke website resminya Ariston di ariston.com atau instagramnya @ariston.indonesia

Oh iya, untuk moms yang suka menulis, yuk ikutan blog writing competition yang diselenggarakan oleh Ariston, periodenya dari 29 September-15 Oktober 2019. Pemenang utama akan mendapatkan satu unit Ariston Slim 20 L. Jadi tunggu apa lagi?! Buruan submit tulisan kamu ke wulan@vectorgroup.co.id dengan subject “Lomba Menulis Blog Ariston”. Jangan sampai ketinggalan moms!

Dan semoga tulisan ini bisa menambah wawasan teman-teman yang galau mencari produk mesin pemanas air ya. Salam!  




Ajeng Pujianti Lestari

Ajeng Pujianti Lestari

Blogger | Mother

Ibu tiga anak. Pecinta martabak coklat-keju. Suka menulis biar enggak histeris :). Untuk kerja sama silakan menghubungi ajenghimme@gmail.com

316 Comments

  1. nisa

    wow makasih infonya wwkwkwkw secara aku tim godog air pake kompor setiap hari, kudu nabung nih beli beginian

    Reply
    • Fitri Yani

      Bolehlah dicoba mba, siapa tahu nanti ada rezekinya.
      Thanks infonya bermanfaat sekali.
      Btw aku mau hadiah no.1 mba, sekali-kali pengen nyoba pakai skincare.
      Kalo beli sendiri kok sayang 😂

      Reply
      • Fitri Yani

        Maaf mba salah reply.

        Reply
        • Mela

          Mksh mom ajeng infony berguna banget, ternyata banyak manfaatny mandi air hangat dan jadi ngerti merk yg bagus. Jadi pngen nabung buat beli,dulu tau water heater cuma pas di hotel aja dan kalo mandi air hangat itu bikin betah di kamar mandi karna hangat relax gitu di badan. Omong omong aku pngen bgt dapet giveaway skincare no1 karna aku itu suka banget kalo di ketemuin skincare baru karna aku emak2 yg skincare minimalis jd seneng kalo ada gratisan.
          Nma ig : dmela_jafracare
          Nma fb : mela

          Reply
        • Shelvy Reyshadora Chandra

          Trimakasih info tentang per-air-panas-an nya mba. Anak saya usia 2 tahun masih tak guyur air hangat kalau mandi, padahal di daycarenya sudah harus diajari mandi air dingin, kata bundanya “biar terbiasa”. Maklum mamak agak ngeyel secara sebelum 2 tahun kalau pilek suka lama sembuhnya jadi sering tak mandiin air hangat campur eo. Boleh banget loh saya dikasih hadiah yg nomor 2, biar bisa difused eo dan dapat hasil maksimal dari oil-oilan itu. Thankyou.

          Reply
        • Fikhi erika

          Hai Mba Ajeng, aku silent reader di blogmu lohh.. hari ini komen karna giveaway jadi macam si buta yg keluar dari gua hantu demi skinker. Hihi
          Makasih infonya ya Mba… Papaku asma, beliau tiap mandi pagi pasti langsung sesak napas, disuruh mandi pake air anget tapi kok lama-lama bosan yaaa ngerebus air terus. Pasang water heater masih minim info, tapi sekarang udah gak lagi.. jd insyaallah bisa jd pilihan deh ya.. apalagi skrg musim hujan, dan mandi air hangat itu pastiii nikmat bangett..
          Btw.. aku mau looh hadiah yang No 1. Penasaran, kayak apa sih skincare mahal ituu 😜
          Tenkyu Mbaaa :*

          Reply
          • Yayuk

            Saya sangat setuju dgn tulisan mba ajeng inspiratif sekali, karena saya pun sering mandi air hangat apalagi setelah selesai olga badan menjadi rilex, dan mengembalikan badan jd fresh lagi. Walau utk mendapatkan air hangat hrs godog wedang dulu hihihi..

            Saya ingin Hadiah No. 1 ya mba, smoga rezeki saya, Aamiin, Berkah juga utk mba Ajeng yaa

            Ig saya Yayuk Kirei Mihazjovic
            FB : Yayuk Kirei Mihazjovic

        • WieNa

          Wahhhh,, karena ada giveaway aku jd mampir kesini.
          Makasih lho mbak pencerahannya, anakku yg pertama pengen banget punya beginian. Karena anakku mandinya masih pakai air hangat, padahal udah gede.
          Semoga aku dimudahkan rezekinya buat beli. Nabung dulu..
          Aku mau hadiah no 3 aja, bisa dipake buat anakku yg kedua😊

          Reply
      • Warda

        Mbak Ajeng…. makasih banyak infonya. Saya benar-benar ngga pake skincare sama sekali. Apalagi setelah nikah langsung hamil… anak pertama usia 5 bln, d ternyata sy hamil lagi. Semoga diberi kesempatan oleh Allah merawat anugerahnya…
        Saya ingin hadiah nomer 1 Mbak…
        Barokallahu fiiik… Tdk hanya berbagi ilmu, tapi langsung berbagi kebutuhan para wanita 😊

        Reply
      • Dian Anggraeny Puspitasari

        Saya termasuk orang yang males mandi pakek air dingin… Apalagi kondisi puasa, perut jadi kram…
        Infonya mantap jd mupeng pengen beli mesinnya biar ndak ribet.. Tp nabung dl dech ya… Xixixixi….
        Makasih infonya ya mbk ajeng, sangat bermanfaat…kl bs dpt hadiah itu mah bonus… Pilih no 1, mau coba pakek skin care..
        Nama ig : dian_aps83
        Nama fb : dian Anggraeny Puspitasari

        Reply
      • Mirah Melani

        Terimakasih sharingnya mbak Ajeng. Pengen sih punya water heater, tapi mikirin harga dan kudu ngecek instalasi pipa, jadi bikin aku puyeng duluan. Hahaha.
        Semoga Allah mudahkan rezekinya. Aamiin.

        Bismillah, rizkiminallah , aku mau hadiah nomor 2, mbak. Terimakasih

        Nama ig : Mirahhasjim
        FB : Mirah Melani

        Reply
    • Ria kenzi

      Makasih bnhk mba sharingnya bermanfaat bgt, saya pengen dong hadiah nomer 1 karna kemaren2 cuek bgt ama muka, pengen nyoba pke skincare biar suami makin sayang dan inget terus ama aku karna aku dan suami pejuang LDR

      Reply
    • Aizah

      Masya allah tabarakallah mbak ajeng. Makasih buat ilmu ne.
      Ringan mudaj di pahami sama mamak ini yang suka curi2 info . Harua kudu update walau anak 2 kecil2 yang aktif masya allah.. Alhmdulillah ku syukuri nikmat nya…
      Baca tulisan jenengan buat saya mupeng mbak. Semoga ada rejeki geh. Amiin.
      Kalau allah kehendaki sy dpat hadiah dr mb ajeng. Sy mau nomer 1 mbak. Biar mamak bisa syantik ulala… Kek bidadari nya babang.. Et daaaah. Makasih mba ajeng. Semoga allah lancarkan rejeki mb ajeng dan mb ajeng s beri kesehatan serta kebahagiaan dln keluarga. Amin amin amin

      Reply
      • Ijum Lyanti

        mba ajeng, sharing yang sangat bermanfaat insyaallah untuk saya dan teman-teman yang lain, terutama masalah bayi yang baru lahir tidak langsung dimandikan, pas anak kedua saya lahir jam 3 malam,s aya bertanya-tanya kenapa pagi sampai sore tidak dimandikan ternyata itu alasannya..😄😆
        saya mau hadiah no. 2 yaa mba, semoga rezeki untuk adek bayi..😊😊☺️

        Reply
    • Imelda Jome

      Wahh makasih kak infonya sangat bermanfaat sekali. Nggak nyangka manfaat mandi air hangat begitu banyak soalnya saya selalu mandi pakai air dingin supaya seger. Kedepannya saya akan membiasakan diri untuk mandi air hangat supaya bisa merasakan manfaatnya secara maksimal.
      By the way kalau saya menang give away saya mau hadiah nomor 1 rencananya hadiahnya akan saya berikan kepada ibu saya sebagai hadiah :).

      Reply
    • Zubaedah

      Terimakasih infonya mbak ajeng. Baru tahu ada alat beginian.. Kudet 😁😁
      Tapi memang enak mandi air panas apalagi kalau musim “ketiga” kata orang sini, udaranya dingin banget buat orang malas mandi pagi.

      Btw mau hadiah no 1, pengen banget nyobain skincare dari dulu, qodarullah belum saatnya.

      Nama fb : Zhubaid Zhubaiddah
      Nama ig : Zhubaiddah

      Reply
    • Cha aprilyan

      Sejujurnya, saya tipe emak2 yang males mandi. Apalagi kalau udah musim ujan seperti skrg. Jadi pengen selimutan aja rasanya. Tapi demi suami, saya rela mandi sambil menunggu kepulangan suami. Pakai air hangat. Meski repot harus ngrebus air dulu. Tiap suami pulang kerja(yg selalu lewat jam 10 malam), saya juga harus merebus air untuk mandi suami. Biar suami lebih rileks, dan bisa ngasi nafkah batin ke saya. 😁. Tapi, mandi air hangat aja gak cukup tanpa wajah yg kinclong buat suami. Jadi, boleh donk saya naksir ama paket skincare bunda ajeng. Yang nomor 1 bun. 😂😂

      Reply
    • Rindang agistya

      Assalamualaikum mbak Ajeng terima kasih atas informasinya sangat bermanfaat sekali dan dapat membantu saya dalam memberikan solusi. Kebetulan saya masih punya Beby . Emang serempong ituuhh! Untuk menyiapkan air hangat untuk mandi anak-anak saya begitu juga dengan suami
      Insyallah saya ingin hadiah no 4 saja karena untuk kebutuhan Beby

      Reply
    • Fenny Lestari

      Waah bener2 baru tau manfaat mandi air hangat.. Bisa utk terapi yg paling gampang ya mom.. Terimakasih info dan saran rekomendasinya utk pakai produk dari ARISTON..
      Kudu nabung dulu nih..
      Boleh dunk hadisn no 1 nya.. 😊

      Reply
    • Agustianez Anik purwaningrum

      Baru tau kalo mesin pemanas Aer se praktis itu, kirain aku yg ribetnya plus harganya mahal dan Watt listrik jg besar, mamak mimpi dulu deh, semoga dapat salah satu free gift nya, yg mana aja inshaallah berguna,secara msh punya baby jg drumah,makas8h Mbak Ajeng udh buka mata mamak hd lbh pinter lagi, assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

      Reply
    • Rina Wati

      Terima kasih banyak infonya mbak Ayu, baru ngeh deh segitu banyak ya manfaatnya mandi pakai air hangat. Soalnya di tempatku suhu lumayan panas, jadi seringnya mandi air biasa. Tapi tetap mandi air hangat kalau dari bepergian pulang sampai malam gitu. Gak bisa tidur juga sih kalau badan belum bersih.

      Juga buat anak- anak mandi pagi. Setelah baca tulisan Mbak, Jadi nyesel deh pas bangun rumah, buat kamar mandi kok gak pasang water heater ( kurangnya pengetahuan alias kudet nih ). Next semoga ada rizki lebih pingin pasang deh..

      Kalau rejeki, pengen hadiah no.2 mbak.. dah lama pengen tuh alat, kalau dapet kan lumayan, tinggal beli oilnya. Terima kasih

      Reply
  2. Bella agmia

    Wih canggih water heaternya..jadi pengen merabot ini. Bener banget keberadaan air hangat itu penting… dulu waktu TB dadaku sakit harus sedia air hangat buat kompresan .. insyaallah mau punya debay lagi pasti butuh bgt air hangat nanti.. mesin ini selain hemat juga lebih praktis ya. Baiqlah aku laporan dulu sama paksu hehehe

    Reply
  3. Yeni Sovia

    Wah aku juga pengen nih mba ajeng punya pemanas air juga. Soalnya rumahku yang di bandung itu dingin banget. Sampai asmaku suka kambuh dan jadi males mandi hahaha. Biasanya mandi sehari 2 x kalau di sana jadi 1 x hiks. Makanya pengen ikh punya pemanas air juga. Biar rajin lagi mandinya. Doain ya kita segera punya 😊

    Reply
    • Hera

      Wah, setuju banget mba. Saya sama keluarga Bah la non sengaja pergi ke pemandian air panas. Hmmmm jadi ingin beli Ariston

      Reply
  4. Rani Retnosari Mantriana

    Setuju mbak, kalo istirahat (tidur) tanpa mandi dulu setelah lelah beraktivitas tuh berasa nggak bener-bener istirahat. Tapi kalo mandi dulu apalagi mandinya pake air anget tuh rasanya relax banget dan tidur jadi lebih nyenyak, pagi-pagi pas bangun tidur juga jadi lebih seger aja. Aku masih tim rebus air dikompor nih, kudu mulai nabung biar bisa punya mesin pemanas air Ariston sendiri, hehe..

    Reply
  5. kanianingsih

    Makaasih mba informasinya. lagi nyari2 info ini nih buat di rumah dan rumah orangtua :))

    Reply
    • Agatha Revindra Widori

      Ariston juga ada di lantai atas kantor ku Mba, daerah Gatot Subroto. Jadi pengen mampir ke atas nih untuk tanya langsung produk Ariston. Makasi sharingnya Mba.

      Reply
  6. Leila

    Aku sebenernya termasuk yang di mana aja kapan aja bisa tidur, tapii kalau sudah setelah perjalanan dan menyentuh yang namanya rumah, memang maunya mandi air anget dulu lah ya sebelum bener-bener mengistirahatkan badan. Selama ini masih manual rebus air sih, pakai water heater dari Ariston bisa jadi lebih hemat ya, ternyata.

    Reply
  7. Mira Utami

    Kelebihannya yg aku suka wattnya nih bisa menjangkau. tapi aku mau nambah daya dulu sih. baru bisa pasang nantinya

    Reply
    • Triyatni

      Gagal fokus pada bagian nuang air panas di bathtub tapi lupa nutup 😆😅 saya juga seneng mandi air hangat. Tapi karena belum ada di rumah mandinya kalau kebetulan nginap di penginapan aja wkwk

      Reply
  8. Bunga Lompat

    Setelah seharian beraktifitas atau habis keluar kemana gitu, pulang-pulang capek bawaannya mau langsung rebahan dan hilang (tidur). Tapi besoknya waktu bangun pasti rasa bersalah dan ga enak banget karena tidur dan bangun dalam keadaan kotor 🙁

    Padahal kan dalam Islam juga ada anjurannya untuk bersih-bersih sebelum tidur. Nah saya juga lebih suka kalo mandi sekalian, jadi seluruh badan bersih dan yang meluk juga nyaman (eh). Tapi ya gitu, kalau malam suka ogah-ogahan sebab air dingin hehe. InsyaaAllaah kalo udah punya rumah sendiri mau deh pasang Ariston ini, supaya kalo airnya dingin bisa diangetin dan ga males mandi xD

    Reply
  9. Annisa

    Ternyata kalau dibandingkan pake pemanas air Ariston dan pakai kompor, bisa hemat 50 persen biaya ya. PR nya tinggal ngumpulin uang buat beli Aristonnya nih

    Reply
  10. Visya Al Biruni

    Wkwk tulisan kak Ajeng seperti biasanya informatif nan menghibur XD btw memang benar air hangat itu dibutuhkan apalagi oleh emak berbalita macam kita yaah, kita aja orang gede senang Mandi air hangat. Tapi males masaknya, wkwk, pakai heater water simple banget

    Reply
  11. renayku

    wah fix nih kudu beli ariston water heater.. aku udah gak sabar deh mau mandi air hangat hahaha.. setuju mbak, mandi air hangat itu bikin relax trus badan jadi berenergi lagi kalo udah kecapekan parah hihii…

    Reply
  12. Chriesty

    MasyaaAllah reviewnya…ini cem lg di jelasin mba-mba SPGnya😆
    Lengkap sekaliii, trus jd kepengen pd masang water heater deh dirumah biar praktis apalagi yg msh pada punya balita🤩

    Reply
  13. Ria Nugros

    Wah noted nih mba, kebetulan beberapa bulan lagi debay launching jadi tau nih tahapan yang baik dalam menandakan bayi

    Reply
    • Meliawati

      Nanti kalau punya rumah pengen pake water heater juga deh hihihi aku ngrasain banget waktu lahiran Mikayla dirumah mertua emang memudahkan banget. Waktu lahiran Mahira dan myiesha lebih repot karena tiap mau mandi harus masak air dulu heuuu

      Reply
  14. Triyatni

    Gagal fokus pada bagian nuang air panas di bathtub tapi lupa nutup 😆😅 saya juga seneng mandi air hangat. Tapi karena belum ada di rumah mandinya kalau kebetulan nginap di penginapan aja wkwk

    Reply
  15. Enny Ratnawati

    Ariston ini emang booming bgt ya. Kalau aku baru sebatas keinginan nih. Mungkin ntar kalau kamar mandi dah renov deh hahaha..
    Bisa ngebayangin perjalanan jauhnya ke Jogja pas mau lebaran soalnya pernah jg naik bisa jkt surabaya dan macet berat. Waw gak bisa pakai kata2 lg rasanya. Alhamdulillah skrg ada ariston ya. Lelah lgsg cuz mandi air anget deh hehe

    Reply
  16. Mellisa

    Kalau punya pemanas air di rumah enak ya bisa mandi air hangat kapan aja, nggak perlu repot masak air biar mateng dulu *eh hehe. Apalagi nggak makan listrik yang lumayan besar ya, jadi masih aman dan lebih hemat tabung gas tentunya.

    Reply
  17. irhayati harun

    Kayaknya aku perlu nih punya alat pemanas air kayak gini, soalnya suka malas mandi karena takut kedinginan. Makanya kalau nginap ke hotel mandinya selalu ngidupin shower air hangat

    Reply
  18. Diani

    Halo Jeng, wah pertama kali nih main ke blog Ajeng. Aku juga pakai Ariston di rumah, lebih hemat listrik dan praktis karena aku punya baby. Jadi kalau butuh buat mandiin gak harus capek-capek rebus air di panci lagi hehe.

    Reply
  19. Afifah Haq

    Waaw baca tiket pesawat seharga motor itu aku juga shock..hahaha.

    Dulu aku punya impian bikin rumah di deket gunung, trus tar rumah itu mau aku jadiin basecamp yang ada air panas nya. Soalnya aku sering ngerasain kalau pulang camping tuh bawaannya pengen langsung mandi pake air hangat. Nah, kayanya kalau nanti beneran jadi, aku mau pake pemanas air dari Ariston ini deh. Soalnya emang kualitasnya juga bagus, banyak yang pake

    Reply
  20. Efa Butar butar

    Mesin pemanas air kebutuhan atau keinginan? Ya relatif jawabannya. Tapi kalau menurutku kebutuhan ya. Kita ngga tau sewaktu waktu ada kebutuhan air hangat atau air panas dalam porsi banyak. Kalau buru2, ya dengan hadirnya mesin ini tentu terbantu. Kalau buru2 dan ga ada mesin pemanas airnya gimana? Repot juga 😁

    Reply
  21. Yanti

    Sekarang mau mandi pakai air panas mudah sekali mba ckup beli Ariston aja gk perlu susan bin ribet malam2 ngerebus air hehhe simple dan kudah bngt y mba

    Reply
  22. diazbela

    Kayaknya bisa milih merk ini kalau suatu saat berniat pasang air panas di rumah, hehe.. Mandi air hangat itu semacam me time banget buat aku karena setelah itu badan langsung segar dan feel so refreshing!

    Reply
  23. Arda Sitepu

    Ariston jadi pilihan yang tepat untuk menghangatkan keluarga mbak. Apalagi daerah ku lumayan diingin, jadi bisa mandi kapanpun kalau pakai Ariston. Dayanya juga hemat, siap2 nabung hihi

    Reply
  24. Dian

    Mandi air hangat itu memang enak

    Bikin rilesks.

    Produk ariston juga terkenal kualitasnya..

    Pengen punya, mulai nabung ah

    Reply
  25. Antin Aprianti

    Memang mantap banget mbak, kalau abis capek terus mandi air hangat terus air showernya keluar kencang. Badan serasa dipijitin , nikmat dan jadi betah berlama-lama mandinya

    Reply
  26. Okti Li

    Wah mandi air hangat auranya jadi beda ya. Hehehe…
    Mandi air hangat memang banyak manfaatnya ya Mbak. Duh jadi pengen punya alat pemanas air ini.

    Reply
  27. Elly Nurul

    Bagus semuanya…pegen punya satu sirumah lah ini water heater ariston.. ternyata water heater ada yang daya listrik rendah ya.. bayangan aku pakai daya listrik tinggi.. jadi bemat listrik ya ariston ini. ngga bikin tagihan listrik dirumah mehong

    Reply
    • Meilia Wuryantati

      Wah pemanasy Air ARISTON baru kemaren dipasang dikamar mandi ortu dikampung, biar ga bolak balik rebus Air, ibuku soale kena osteoporosis, jadi repot kalau bawa-bawa Air panas ke kamar mandi. Baca ulasan mba jadi makin yakin deh sama ARISTON,
      Btw aku mau hadiah no. 1

      Reply
  28. April Hamsa

    Itu poto di IGnya sukses bikin ngakak deh 😛
    Iya bener dulu kyknya kalau punya pemanas air tu rumah mewah yaaa, ternyata ariston udah punya yang skala rumah tangga dengan harga masuk akal ya mbak. Makasih infonya kali suatu saat ada rezeki beli pemanas air ini 😀

    Reply
  29. Sumiyati Sapriasih

    mesin pemanas air ariston harganya sudah terjangkau, perbedaan masak air panas pake kompor dengan Ariston biayabisa hemat 50 % loh ….

    Reply
  30. Irena Faisal

    Ariston ini aku pakai untuk kompor gas di rumah, pemanas airnya berapa watt mbak?

    Reply
  31. Dian Restu Agustina

    Kok aku jadi pengin beli jadiany setelah baca ini hihihi. Pengin transformasinya kek gitu juga hahah. Enggak ding. KArena setelah dihitung-hitung murahan pakai water heater Ariston ya daripada rebus air mulu..hm, kalau begitu ku mau ususlin suami ah, pasang ini

    Reply
  32. Fenni Bungsu

    Jangankan anak-anak mbak Ajeng, saya pribadi aja demen banget mandi pakai air panas. Ada relaksasi aja perasaannya jadi lebih segar dan SemangatCiee untuk beraktivitas kembali

    Reply
  33. Sabda Awal

    stelah dihitung-hitung ternyata lebih hemat pakai heater ya mbak. saya sekarang masih masak dikompor, hihihi…

    air hangat ini memang penyelamat sekali habis olahraga. BAdan jadi rileks, pegel berkurang, kepala ikutan nyaman

    Reply
  34. artha

    udah gak usah ribet jerang air pakai panci di atas kompor lalu ribet mindahin ke timba untuk dibawa ke bak mandi deh. praktis banget yaaa. mandi air hangat jadi lebih menyenangkan

    Reply
  35. lendyagasshi

    Kalau punya anak kecil, pakai water heater lebih aman dan praktis.
    Jadi anaknya bisa langsung beres dan mamak ngerjain pekerjaan rumah lainnya.

    Reply
  36. Hastira

    memang sih amndi air hangat itu menyehatkan apalagi kalau dalam keadaan capai

    Reply
  37. Tanti Amelia

    Hmm.. kebutuhan versus keinginan versus secondary list
    hahahhaa
    aku pun jawabnya rada gak enak ati .. buat aku rada rada kebutuhan soalnya, mood booster juga untuk hadapin hari hari nan hectic

    Reply
  38. Evalina

    Memang air hangat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan

    Reply
  39. Maliha

    Mandi pakao air hangat uhh rasanya nyegerin menurutku, otot kaku rasanya rilex abis mandi air hangat

    Reply
  40. Wian

    Ternyata mandi dengan air hangat banyak manfaatnya ya. Sayangnya aku masih mengandalkan rebus air klo mau mandi air hangat.
    Kayaknya perlu nih bisikin suami klo ada water heater merk Ariston.

    Reply
  41. Icha Marina Elliza

    Saya termasuk yang malas mandi mba ajeng, haha. apalagi kalo udah ketemu pagi dingin kayak sekarang di bulan akhirat BER. Ariston kayaknya bisa jadi pilihan nih, daripada harus mandi pagi menggigil,

    Reply
  42. Wian

    Aku biasanya klo mau mandi air hangat harus rebus air dulu. Enak ya klo ada water heater ariston. Mau mandi tinggal nyalain ketan aja deh.

    Reply
  43. Dyah Ummu AuRa (Author RoemahAuRa)

    Ariston mantap nih, bikin mupeng. Maklum saja anak-anak happy bener kalau pas nginap di hotel, mandi showernya pake air panas. Soalnya kalau dirumah pake air dingin doang. Xixixixi…

    Reply
  44. Muna

    Wahhh, aku termasuk yang harus pake di rumah,
    Untuk kedua ortuku yang sakit stroke,
    Dan memang ribet banget masak, nunggu mateng, angkat pancinya lagi 😂
    Bisa juga nih coba belii

    Reply
  45. Qoty Intan Zulnida

    Mbak, aku juga merasakan kerempongan ituuu. Kadang kalo pagi-pagi pengen mandi air hangat juga mikir karena malas ngerebus airnya ituuu… alhasil ujung-ujungnya ya gak jhadi mandi air hangat lagi deh. hahahaha

    Reply
  46. Bambang Irwanto

    kalau mandi air hangat bagi saya adallah kebutuhan, Mbak. Pokoknya kalau ada aktivitas sangat pagi, saya mandi air hangat. Kalau kelar aktivitas dan mandi di atas magrib, saya mandi air hangat. Dan kalau badan kurang enak dikit, mandi air hangat. Rasanya abdan seger dan rileks, Mbak. Hanya saat ini saya masih sistem tradisional, merebus air hehehe. Makanya kalau pas nginap di hotel, puas-[uasin mandi air hangat hahaha.

    Dan keren nih, mesin pemanas air Ariston. Langsung mupeng pengin beli. Semoga bisa segera terwujud, biar tidak ada lagi acara rebus-rebus air hehehe

    Reply
    • Nurul

      Trimakasih mbak atas ulasan nya tentang skincare… Bermanfaat sekali. Saya mau hadiah nomor 1

      Reply
    • Dini Handayani

      Salam, Mba Ajeng!
      Salam kenal dari saya Dini Handayani, Ibu dua anak. Alhamdulillah, saya langsung diberi dua anak mba, sempet nangis bombay selama kurleb sebulan di awal kelahiran baby twins saya. Mungkin itu yang namanya baby blues ya Mba. Tapi, bersyukur sekali suami dan mertua sangat support dan mengerti keadaan saya. Jadinya si Ibu baru ini bisa menjalani baby blues nya dengan baik.
      Eh jadi curhat. Hehe,
      Pas baca postingan Mba Ajeng di KMB yang ngasih tau link tulisan Mba Ajeng yang ada giveaway nya, saya tertarik. Baca tulisan Mba, terus ikuti syarat – syarat ikut giveaway. Saya langsung follow IG Mba tentu sambil stalking. Hehe.
      Maa Syaa allah, saya merasa terinspirasi. Mba yang bocil-bocil nya sudah tiga, tetep bisa produktif. Aktif. Ini betul-betul menginspirasi saya. Makasih ya mba Ajeng.
      Btw, untuk tulisan di blog ini benar-benar memberikan informasi yang sangat bermanfaat. Saya sama sekali tidak tau water heater. Apalagi merknya. Secara, mandi air hangat hanya kadang-kadang saja. Jadinya selalu godog air. Pun bocil-bocil juga sekarang sudah mulai mandi air dingin. Cuma, pada kondisi tertentu semisal pilek, cuaca dingin, angin, saya mandikan mereka dengan air hangat.
      In syaa Allah, tulisan ini menambah wawasan saya. Sekali lagi, terimakasih Mba Ajeng.

      Semoga ada rizki untuk saya, saya mau hadiah no.2 Mba. Saya kepengen punya, apalagi sekarang kita bertiga lagi pilek berjamaah. Pernah niatan beli, ternyata harganya ko lumayan 😅 ga jadi deh.

      Udah ah, kepanjangan. Hehe
      Terimakasih Mba Ajeng sudah mau membaca komentar curcol saya. Salam kenal💕

      Reply
  47. Sapti nurul hidayati

    Bener banget mb.. Mandi air hangat tu mujarab untuk mengusir lelah dan stress juga. Apalagi sambil berendam n ditambah garam epsom atau minyak essensial lainnya… Wah,, rileks banget pastinya.

    Reply
  48. Puput

    Aku dari habis melahirkan sampai sekarang anak usia 2tahun selalu pakai air hangat. Karena badan capek terasa segar dan lenih nyenyak tidurnya

    Reply
  49. Vivi

    jadi pake water heater malah lebih hemat ya daripada ngerbus air buat mandi?

    saya suka mandi air anget. walaupun terbiasa mandi air dingin setiap hari.

    Reply
  50. Khoirur Rohmah

    Keknya perlu banyak budget buat beli mesin pemanas air ariston ini, mbak wkkwkw
    Utk sekarang manual aja deh mbak, dg pakai kompor aja gitu, hehee
    BTW makasih sharingnya ya mbak

    Reply
  51. dona

    Kita ternya banyak kesamaan , mandiin anak sampe berbusa – busa dan masak dulu air panas buat mandi wkkk semoga aku juga bisa punya pemans air Ariston di rumah.

    Reply
    • Aisha dyaz Al bantany

      Wah.. bermanfaat banget ini mbak Ajeng… Saya tidak tau apa apa tentang water heater. Jadi tambah wawasan nih.. dan baru tau kalo ternyata lebih hemat daripada godog air yah. Terimakasih sudah berbagi. Sangat menginspirasi !! Untuk give away nya saya pengen yang nomer 2 ya mbak hehe.

      Reply
  52. Devi

    Anakku banget ini, tiap pagi minta mandi pake air hangat. Dan emaknya harus panasin dulu di kompor. Kayaknya perlu dipertimbangkan nih beli pemanas air. Makasi indonya ya mbak.

    Reply
  53. Rohyati Sofjan

    Saya sidah kenal merek Ariston kala kecil, senang sekarang Ariston inovatif dalam desain dan harga, juga bahannya. Jadi pengen pasang water heater juga soalnya mandio air hangat memang lebih sehat dan bikin nyaman serta otot badan lebih relaks.
    Saya juga kadang masak air untuk mandi diri sendiri dan keluarga kalau memang ingin atau harus. Lebih sering mandi air dingin.
    Nyaman banget mandi air hangat itu, bagian dari me time juga dulu kala saya sakit suami cuma nyuruh saya mandi air hangat saja lalu badan segera pulih.

    Reply
  54. April Hamsa

    Iya zaman anak2 masih bayi banget aku mandiinnya juga pakai air anget, sampai skrng pun kalau misla cuaca dingin atau anaknya lg gak enak badan juga masih mandi air anget.
    Wih Ariston yang skala rumah tangga ini ternyata dayanya kecil ya, aku pikir gede, ternyata 300an aja.
    Jd pengen punya juga nih di rumah, drpd rbus2 air mulu ya kan 😀

    Reply
  55. April Hamsa

    Iya zaman anak2 masih bayi banget aku mandiinnya juga pakai air anget, sampai skrng pun kalau misla cuaca dingin atau anaknya lg gak enak badan juga masih mandi air anget.
    Wih Ariston yang skala rumah tangga ini ternyata dayanya kecil ya, aku pikir gede, ternyata 300an aja.
    Jd pengen punya juga nih di rumah, drpd rbus2 air mulu ya kan 😀 .

    Reply
  56. elva s

    Saya pernah merasakan sensasi mandi menggunakan air hangat,, duh badan terasa lebih rileks dan segerrr

    Reply
    • Ayu Handayani

      Awal awal gk suka bangeut mandi pake air anget
      Ternyata enak juga sesekali mandi pake air anget

      Reply
  57. Dian Restu Agustina

    Memang pas ya taglinenya: Get your day easier with Ariston..karena kurasa mandi air hangat itu memang nyaman dan menenangkan. Kan, kan, aku jadi merasa water heater itu kebutuhan:)

    Reply
  58. Erfano

    Mandi air hangat memang buat tubuh jadi rileks. Apalagi kalau seharian berkerja atau baru pulang dari berpergian. Habis baca ini jadi cari cari info tentang Ariston, jadi pengen punya…

    Reply
  59. Kartika

    Aku juga sukaaa mandi air panas. Duh rasanya capek2 hilang bersama air yang mengalir. Aku juga ga bisa lo dr mana2 lgsg bobo. Hrus mandi duluu. Tos yah mba hahaha

    Baca artikel ini jadi pingin pasang ariston juga..

    Reply
  60. Ilham Sadli

    aku jarang-jarang mandi air hangat, karena merasa lebih fress aja ketika mandi air dingin. apalagi kalau di sekitara pegunungan, pernah melakukan itu mandi air dingin langsung di mata air hahaha

    Reply
  61. Susindra

    Ah ya, jadi ingat, kalau setelah mandi air hangat itu badan rasanya lebih segar dan capek hilang. Tapi harus dengan cara mandi di shower/berendam cukup lama, memang, baru terasa manfaatnya.
    Badan pedal, kaku, kelelahansetelah aktivitas touring, langsung nyaman setelah mandi air hangat cukup lama.

    Reply
  62. Farhati Mardhiyah

    Aku langganan masakin air panas buat almarhum bapak, pe-rr banget emang apalagi kalau cucunya ngumpul semua jadi harus masak banyak dan berulang, disitu mikir boros banget gasnya, terus akhirnya beli water heater lebih simpeeel

    Reply
  63. Nurhilmiyah

    Wah harus punya nih kayaknya. Secara butuh kondisi tubuh yg selalu fit. Mandi air hangat itu memang menenangkan juga, membuat tidur lebih berkualitas

    Reply
  64. andyhardiyanti

    Ternyata manfaat mandi air panas tuh banyak banget yaa. Kalau di rumah, saya tuh agak malas mandi air panas. Ya kan mesti masak airnya dulu wkwkwk.

    Mandi air panas tuh paling kalau pas lagi staycation di hotel aja. Soalnya kan air panasnya juga udah tersedia, tinggal putar kran airnya saja.

    Reply
    • Aliya Azka

      Infonya bermanfaat sekali, Mbak. Terimakasih. Anak-anak di rumah, kalau lagi flu mandi air hangat, insyaallah nggak terlalu lama meriangnya. Btw, saya mau dong hadiah nomor 3. Sebenernya pingin nomor satu sih. Tapi tetangga ada yang baru lahiran. Lumayan bisa dikasih ke tetangga 😀

      Reply
  65. Faisol Abrori

    Cara manasin air pake kompor udah nggak efektif lagi ya mbak, inginku beli mesin pemanas air ini

    Reply
  66. Hida

    Wah kok aku jadi pe gen pake Aristoteles pemanas air yac, tapi kira-kira itu watt nya berapa yac? Cukup ga yac dengan kapasitas watt aku di rumah.

    Reply
  67. Nunik Utami

    Iya, mandi pake air hangat nyaman banget. Aku juga kepengen punya Ariston nih. Biar kalo mandi air hangat gak usah masak air dulu 😆

    Reply
    • Aliya Azka

      Infonya bermanfaat sekali, Mbak. Terimakasih. Anak-anak di rumah, kalau lagi flu mandi air hangat, insyaallah nggak terlalu lama meriangnya. Btw, saya mau dong hadiah nomor 3. Sebenernya pingin nomor satu sih. Tapi tetangga ada yang baru lahiran. Lumayan bisa dikasih ke tetangga 😀

      Reply
  68. Nufazee

    Terakhir mandi air hangat itu pas abis melahirkan sampai 40 hari hehe 😁 abis itu kapan pengen mandi air hangat baru rebus air

    Reply
  69. Icha Faizah

    Emang PR banget astagaaa, mandiin bayi pake air anget yang kudu dimasak dulu. Rempong banget.

    Tapi setuju sih kalau mandi air anget itu bikin relaaax. Aku oas

    Reply
  70. Icha Faizah

    Emang PR banget astagaaa, mandiin bayi pake air anget yang kudu dimasak dulu. Rempong banget.

    Tapi setuju sih kalau mandi air anget itu bikin relaaax. Aku pas awal hamil ini, badan cepet lemess banget. Tiap hari pengennya mandi air anget, tapi rempong banget harus masak air dulu.

    Jadi mupeng kan sama water heaternya Ariston. Praktis ya kalau udah punya water heater. Apalagi bagi yang punya bayi.

    Reply
    • Aan chan

      Salam mbk ajeng, suka deh sama tulisan mbk ajeng. Mudah difahami dan pastinya nambah ilmu. Sukses selalu mbk ajeng… Insyaalloh klo emang rejeki saya mau paket hadiahnya yg no 3

      Reply
      • Dewi

        Info yang sangat bermanfaat. Terimakasih atas pencerahannya mba 😊 Kaget juga loh pas tau perbandingan biayanya antara masak air dengan water heather ini 😓
        Maklum,aku masih pakai metode masak air diatas kompor. Next semoga bisa ikutan punya water heather ini 😁.
        Salam kenal & salam literasi buat mba ajeng 😍
        Ditunggu selalu tulisan-tulisan mba yang lain. Maaf saya dan suami tidak punya ig. Tapi saya kepincut sama hadiah nomer 1 💕
        Semoga rezeki emak-emak yang mau mulai mencintai skincare eeeh merawat wajah maksudnya,hihihiii..

        Reply
      • Sariza Susiyanti

        Mbak Ajeng, infonya bermanfaat sekali. Terima kasih.
        Oh ya kalau boleh, saya mau dong hadiah no 1
        Barokallahu fii rizqi.

        Reply
      • Suratmi

        Makasih…mbk ajeng …tulisannya sangat bermanfaat jadi
        Tambh ilmu lagi. memang mandi air hangat apalagi di saat tubuh capek sangat berasa manfaatnya.
        Smoga ada rejeki saya mau hadiah no 1….
        Fb q umihafiz

        Reply
    • Agam askah

      Terima kasih informasinya mbak,, memang bener mandi air hangat itu bikin rileks,,
      Lahiran anak pertama mandi air hangat sampek 40 hari,,
      Pas anak kedua cukup 2 minggu,,, haha.. Gak sempet dah.. Langsung guyur aja,
      Hadiahnya yang mana aja aku mau,, semua menarik, dan semua aku butuh.. Hihihi

      Reply
    • shanti indrawati

      salam kenal mbak ajeng.. kebetulan beberapa bln ini sy jg trtarik ingin pakai water heater.. tp kendalanya kmr mndi saya kecil dan atapnya dr beton shingga sbntar dikamar mndi saja trasa panas.. entah bgmna solusinya sy jg msh bingung..

      tdinya smpat kendur lg rencna pasang pemanas.. tp baca tulisan mbak ajeng jdi semangat lg hihiii..

      oya mbak.. krn sy skrg lg senang pakai skincare sy ingin hadiah no 1.. terima kasih banyak mbak ajeng..
      baarakallahu fiik

      Reply
    • Enda Kurniawati

      Tulisan mbak Ajeng Pujianti Lestari memang selalu bermanfaat dan menginsprirasi. Awal saya tau tulisan mbak Soal edukasi seks dini kalo gak salah. Saya share abis itu saya add fb mbak. Sampe sekarang masih saya Ikuti. Soalnya memang bermanfaat ilmunya buat saya yang masih awam.

      Saya pengen hadiah no.2 aja soalnya bisa buat menunjang usaha saya Karena saya buka usaha massage n spa rumahan.

      Reply
    • Mira Ratnasari Ningsih

      Makasihh banyak infonya mba Ajeng, nambah pengetahuanku nih.. dulu disarankan sama bidan n dokter juga banyak minum air hangat. Kalo abis minum air hangat tuh asi berasa langsung lancar kek jalan tol *bebas hambatan* 😂😂 btw aku mau deh hadiah giveaway nomer 1, secara yekan emak² beranak tiga agak sudah nyisihin uang buat beli skincare 😁 *curcol* siapa tau rezeki aku yaa 🤗 mudah-mudahan berkah buat semua ya mba Ajeng 😊 salam kenal 🙏

      Reply
    • Zha qadriey

      Thank’s lot madam Ajeng for your information about heater water.. I can’t life without hot water in my bath. Hahaha
      Info yg bagus banget mbak..smpt keget prbandingan biaya pnggunaan air drebus dgn pmkaian alat heater …krn stiap pagi saya nd bsa trlepas dr pmkaian air hangat krn mngingat mnfaat nya ajiib beneerr bt ksehatan tubuh kita …jadi saya brniat mw pkai heater water in my home…skali lg thanks lot ! I like it..
      N I want get number one from you… beauty woman..wish you the best

      Reply
    • Fatimah uchon

      Bener ya Mbak, kalo mau mandiin anak itu super ribet. Apalagi kalo anak udah keburu nonton Upin dan Ipin yang botabene enggak bisa di ganggu gugat, huft ,jadi tambah susah buat narik ke kamar mandi doank T_T

      Btw, aku pengen hadiah nomer 1 donk Mbak, biar enggak usah nunggu 2 tahun lebih cuma buat dibeliin make up sama suami 🙁

      Reply
    • Ninik bargiati

      Makasih banyak mb infonya… Keren.
      Memang enak mandi pake air anget apalagi badan kalo terasa pegel dan g nyaman. Jd seger deh.
      Mau hadiah no 1

      Reply
      • Arta

        Terimakasih info yg bermanfaatnya mba.. semoga sukses selalu ya

        Reply
  71. Endah

    Baca tulisan mba ajeng aq jadi pengen nih punya water heater juga 🤩

    Reply
    • Sri lestari

      Makasi mba atas saran dan postingan mengenai skincare…jujur saya kenal skincare mungkin 3-4th lalu dan itupun coba2 ya pake duit sendiri aku baru ada rencana buat berunding sama suami soal skincare ini tanggungan siapa…hadiah mau paket buat bayi ajalah kebetulan juga punya bocil 10bulan

      Reply
      • Rindang

        Mba ajeng makasih banyak atas sharing nyaa mau dong give away no 2

        Reply
  72. Nia Daniati Rahmah

    Nice info Mbak. Kebetulan nih saban pagi harus ngerebus airbuat suami dan anak mandi.
    Oya, hadiahnya mau no.1

    Reply
    • Lydia Casteliana

      Mba Ajeng, makasi atas sharing nya ya.. Membaca tulisan mba tentang skin care sambil diresapin, rasanya perasaan ini ikut berapi²😁 Bener banget mba.. Makjleb kali lelaki yg cuma mau liat cantik nya doank tapi ga mau kasi modal..
      Tulisan ttg pemanas air ini juga inspiratif.. Emang rasanya butuh banget pake air hangat untuk mandi setelah pulang bekerja ya mba.. Nice sharing about Ariston mba.. Semoga ntar ada rejeki nya buat punya ini dirumah.. Tulisannya mudah dipahami buat emak²👍👍
      Bismillah, kalo rejeki saya mau hadiah no 1
      Syukron mba Ajeng, slalu menginspirasi ya…❤

      Reply
  73. Diah Sofa Anita

    Mbak Ajeng,
    Terimakasih untuk tulisannya yang mewakili kami kaum perempuan penganut skincare dan penyayang keluarga.
    Semoga bermanfaat
    Dan semoga saya bisa dapat hadiah yang nomor 1
    Sehingga saya bisa istiqomah berskincare ria
    Aamiin

    Reply
  74. Pupung R. Afiati

    makasih infonya apalah saya yang ngga punya water heater, Enak ya kalo punya Water heater, saya mah mandi harus nyalain kompor alias panasin air pake panci. Mau hadiah nomer 2

    Reply
  75. Rahma

    Trims mbak infonya,cukup mengurangi rasa galauku soal mesin water heater.mau dong hadiahnya yg nomer 2 😊😊😊

    Reply
  76. Farida syahriani

    Salam cetar mbak ajeng, daku tertegun dengan tulisan skincare nya mbak, td nya aku malas baget ngurus diri apalagi muka karena aku kepedean dh cantik dari lahir he..e…. Padahal suami suport lahir batin supaya aku mau peduli dengan diriku. Boleh donk aku dapat give nya yang no.1 yah..

    Reply
  77. Ummu Ziya

    Tambah pgetahuan ni, brmanfaat. Smga bisa juga beli itu biar rilex sepanjang hari. Btw aku mau dong yg no 1. Oya fb ku ummu ziya yg gambar akhwat memanah ya hi hi

    Reply
  78. hermin matahari fauzi

    tulisannya bagus, aku mau hadiah no3 buat baby aku

    Reply
  79. Aprilleeya

    Tq sharenya…bermanfaat

    Reply
  80. Riri Febrina

    Terus terang saya ngga ngerti skinker-skinkeran. Pengen pakai tapi kalo dipikir-pikir nominalnya lumayan buat jajanin anak dan beli keperluannya. Jadi ya ngalah dulu😅
    Kalau bisa dapet GA dari mbanya kan Alhamdulillah ya..
    Btw aku pengen yg nomer 1 mba Ajeng😁😁

    Reply
  81. Aprilleeya

    Tq tulisannya bermanfaat. Saya mau hadiah no. 1. Terimakasih

    Reply
  82. Seftiani Indra Fatma

    Terimakasih info yg sangat bermanfaat..mau dong hadiahnya nomer 3 😁

    Reply
  83. Sheila Veronica

    Sore mbak. Wahh makasih untuk saran pertanyaannya. Udah saya terapin sama calon suami. Jujur saya ada trauma tersendiri karena beberapa kali pacaran selalu gagal karena mantan-mantan saya terdahulu meninggalkan saya demi perempuan yang memiliki kulit lebih putih dari saya. Ada ketakutan yang selalu hadir dalam pikiran saya, terutama saat membaca tulisan tentang pelakor. Tapi setelah mendengar jawaban dari calon suami, saya jadi yakin dia lah yang saya cari. Tentang skin care, meski dia bilang saya sudah cantik dengan apa adanya saya. Tapi dia mau membiayai jika saya benar-benar merasa butuh merawat diri. Hihihi btw saya mau hadiah nomor 5 mbak. 😊

    Reply
  84. Iin Novia

    Thankiss buat wawasannya tentang skincare dan suami care Mbak Ajeng 😁. Cendol dawet enak seger top markotop manfaab banget inponyaa 😘.
    Aku mau hadiah no 1 ya, kasiiih doooonk kasiiihhh doonkk ..
    Kasiih dehh 😅😅

    Reply
  85. Gusma yanti

    Keren nih….secara bumil mandi pakai air hangat setiap hari…boros gas sih..hhehe…thanks infonya say..
    Tapi kudu nabung dulu nih..
    Btw, saya mau yg no 1 donk…soalnya gak pernah pakai skincare sih, cuma bedak doank…

    Reply
  86. Anna

    Skincarenya menarik hati…pengen nyoba.
    Wanita mana sih yqng gak ingin syantiiiiik ?
    Semoga sukses mbaknya ya

    Reply
    • ovianty

      Anakku pas bayi dimandiin orang lain hehe.. Gimana gitu mandiin bayi sendirian, suka kagok juga. Memang ngurus anak terutama bayi kurang resik. Akhirnya gedean dikit lagi setahunan nggak kasih aor hangat, air biasa aja. Diomelin sama mama, cuek aja, soalnya repot.
      Cuma kalau hujan begini memang enakan mandi air hangat, soalnya airnya dingin, apalagi kalau ke puncak, brrrr… mandi pakai air biasa mengigil.
      Punya mesin penghangat air kayaknya enak, pernah ditawari tetangga, tapi masih mikir-mikir karena pakai gas kalau ariston ini pakai listrik ya? Sebesar listrik setrika, jadi nggak khawatir takut jatuh listrikmya

      Reply
  87. Meykke Santoso

    Wah perabotan idaman banget ini mbak, kalo nanti udah punya rumah sendiri wajib banget ya pasang ini biar seluruh keluarga jadi lebih bugar dan segarrrrr

    Reply
  88. Winda gulanyagulali

    Jadi pengen coba mandi air hangat mba, karena emang pas hamil blm pernah mandi air hangat. Ternyata bisa ngaruh juga ya

    Reply
  89. ovianty

    Lupa, hadiah nomor 1 ya, semoga dapat amin makasih Ajeng

    Reply
  90. Mikaila Amir

    Makasih loh mbak sudah bikin giveaway ini…aku mau banget hadiah no 3

    Reply
    • Nurin Khoirina

      Si bayi nggak jadi mandi gara2 tabung gas abis 😄😄😄
      Kerempongan emàk2 kalau punya bayi yg masih mandi pake air anget 😁
      Mai dong hadiah yg no 2, cocok banget dipakai pas musim dingin…biar tidurnya anak2 semakin nyenyak 😍

      Reply
  91. Arini

    semoga lancar ya mbk give away nya, saya mau hadiah no 1 donk

    Reply
  92. Gek Hana

    Aq dulu sebelum nikah dan masih kerja jadi wanita karir, skincare nomor 1. Perawatan mulu. Tp setelah nikah dan harus resign malah abai sama perawatan diri. Karena ekonomi sedang diuji Allah jadi mikir mau beli skincare. Suami nawarin tapi saya sayang sama duitnya.. Pas baca postingan mbak Ajeng ttg skincare sy jadi pingin merawat diri lagi. Mudah-mudahan bisa dapat hadiah nomor 1 dari mbak Ajeng. Aamiin

    Reply
  93. septaria

    Aku tim rebus air pakai kompor mb..kadang malah pakai tungku kayu..hehe

    Reply
  94. Rinie Reyz Hackeem

    Saya pribadi gampang banget masuk angin, jadi kalo mandi malam atau cuaca lg dingin banget pasti mandi air hangat, tapi ya itu, harus ngerebus dulu, hehehe. Makasih infonya mbak, btw kebetulan saya pake biokos, mudah2an bisa dapat hadiah no.1. Aamiin…

    Reply
    • Dian haura

      Mba ajeng terimakasih sharing nya sangat bermanfaat sekali.
      Btw mba ajeng saya ini gendut pengen kurus biar suami makin sayang sama saya. Saya pengen banget dapet hadiah no 5

      Reply
  95. Dwi Indriya Khatulistiwa

    Infonya sangat bermanfaat mba ajeng. Kayaknya mesti di coba nih terapi dengan mandi air hangat biar badan lebih seger. Ingin juga punya pemanas air seperti tulisan MBA, karena punya masalah sakit pinggang yang udah menahun (saya 33th udah jadi pasien dokter syaraf krn sakit pinggang 😂).

    Semoga dimampukan Ya Allah, buat beli water heater. Aamiin ya Rabbalallamiin.

    Oh Iya, saya juga mau donk giveaway yang no. 1, karena memang belum punya cream malam, pelembab bibir dan cream anti wrinkle nya. Semoga cocok 😁

    Terimakasih mba

    Reply
    • Umminya naufal

      Makasih mba sharing nya, sangat bermanfaat. BTW aku mau dong hadiah no 1 😀 soalnya kemarin2 aku cuek banget sama yang namanya perawatan wajah sekarang lagi belajar pake skincare, takut suami kecantol yang lain 😁😁 makasih mba

      Reply
  96. Emila Sa'adah

    Terakhir mndi air hangat ps hamil anak kedua. Rasanya emang enak banget mndi air hangat tenang jadi betah lama2 dikmar mandi. Btw mu dong hadiah yg no 3.

    Reply
  97. Bunda Abid

    Senang sekali membaca mampir di blognya mba. Banyak sekali ilmu bermanfaat yg saya dapat. Khususnya tentang parenting, hubunga pasutri dan skincare. Semangat terus nulisnya ya mba. Menginspirasi sekali.

    Jika ada Rizky saya disini, saya mau hadiah give away no 1 biar makin cantik glowing seperti mba nya. 😍

    Reply
  98. Yesi Setyono

    Saya KL dari perjalanan , biasanya biar nyampe rumah tengah malam , tetap wajib mandi .
    Keren ih . . . Pemanas air nya , di tempat saya belum da yang jual kayak nya . . . Saya tinggal di kabupaten dekat calon ibukota negara yang baru , mahal nggak ya . . . Pemanas air nya ?
    Mau dong . . . Dibagi hadiah no 1

    Reply
  99. Hanna Amoureiza

    Terimakasih mba Ajeng atas infonya. Btw mandi air hangat itu emang bikin relax 😀 terbukti karena saya sampai sekarang kadang pakai air hangat pas mandi pas badan udah cape banget.
    Btw saya mau hadiah no 1 dong mba 😀

    Reply
  100. Runiebd

    Mbak Ajeeengg.. Makasih banget sharing nya sangat bermanfaat..
    Btw, aku dapet info ini dari postingan mbak ajeng di grup Facebook. Jujur, aku pengen banget punya hadiah nomer 2.. Karena tiap mau beli, aku mundur undur dahuluin kebutuhan primer lainnya.. Hhhuhu

    Reply
  101. FARADINA KURNIAWATI

    Hallo, Mbak Ajeng… makasih banget ilmunyaaahh… bermanfaat. Sering sering sharing soal skincare donk. Aku juga pecinta skincare dan make up. Tapi kalau boleh mau hadiah nomor 3 aja.. secara anak anakku masih umur 5 sama 2tahun kebayang kalo dapet pasti para balita hepi banget… hehehe. Btw nggak pernah mandi air hangat, Mbak.. saya tinggal di batam berasa haram mandi air hangat wkwkwkwkwk karena cuacanya masyaAllah… selalu cerah saking cerahnya sunscreen nggak boleh absen hehehehe….. thanks ya mbak….

    Reply
    • Nanda Syahfitri

      Benar sekali kak, air hangat bagus kali untuk kesehatan. Dan yang nggak mau repot cocok kali punya alat yang kakak jabarkan di atas. Mudah-mudahan rezeki saya ya kak, saya mau hadiah nomor 2. Terimakasih sebelumnya kak, makin sukses dan membawa berkah,Aamiin..

      Reply
  102. Rika D'Nita

    Wah wah.. Saya baru tahu ini, makasih mami Ajeng infonya, siap2 nabung nih buat rumah baru besok. Aamiin…. Soalnya anak saya 2tahun masih tiap hari, pagi dan sore hari mandi air hangat, harus repot2 rebus air dulu. Oh iya mami, saya mau hadiah no.3 / no. 5, anak saya soalnya masih butuh minyak telon sama anti nyamuknya, kalau saya butuhnya no. 5 untuk pelangsing.. Hahaa emak2 gagal diet nih… Makasih ya mama Ajeng, semoga lancar trs rezekinya, sehat selalu.. 😊

    Reply
  103. Diah Sekar ayu

    Infonya bermanfaat banget mb, jadi kepengen punya water heater
    Aku pengen juga hadiah no 2 mba, trimakasih…

    Reply
  104. Diyah Tiyas Sari

    Nemu postingan ini beneran dapet lmu penting yang dibutuhkan para ibu rumah tangga sepertiku. Yang mengedepankan Teknologi hemat listrik, praktis dan pastinya berfungsi menyehatkan kehidupan anggota keluarga setiap hari. Terima kasih Mom Ajeng atas sharingnya, aku jadi mantap pilih Ariston water heater karena aku membutuhkannya dan percaya dengan manfaatnya.
    Facebook : Diyas Tiyas Sari
    Instagram : @diyassari
    No 1.

    Reply
  105. Yennyfitria

    Capek, lelah trus mandi dengan guyuran air hangat itu ky pas lagi sakit kepala diminumin panadol,, bener2 ampuh dan manjur, ga bisa ga dicoba,,
    Etapii buat masak air di kompor udah keburu capeknya dobel,, makanya memang water heater jd salah satu solusi tepat buat suplai air hangat yang selalu ready dan tinggal pake tanpa ribet,, by the way aku mau hadiahnya donk mbak, kl bisa yang nomer 2 yaa,, 😊

    Reply
  106. Reyne Raea

    Wkwkwkwkw, udah berkali-kali mengunjungi postingan ini, tapi belum sempat komen, nanti dipancing ama nomor 1 baru mau komen *plak! wakakakakakakak

    Betewe, baru ganti template yaaa… cieeehhh cieeehh

    Ini premium kah madam?
    Pengen juga ih ganti template, tapi pengennya, gambar header blog saya yang norak itu tetep tampil wkwkwkw 😀

    Ya ampun, malah komen tentang template.

    Cuman mau komen, saya baca ini di pukul 11.11 malam, dan tiba-tiba kepengen mandi lagi, tapi ingat kalau di sini mau mandi air hangat kudu go to the dog dulu, bahahahaha.
    Nggak jadi deh, sambil afirmasi, besok2 kalau bangun kamar mandi , kudu pakai ariston!
    Harusssss!!

    Ye kan, saya juga mau banget, habis mandi berubah jadi secantik Uwi qiqiqiqiq..

    Betewe, fesbuk, IG saya semua namanya sama loh, mudah kan hubunginya, hahahahahaah

    Udah ah, takut juga saya ngikik-ngikik sendirian di tengah malam buta gini 😀

    Reply
  107. Vina sab'a

    Bismillah…
    Hallo mbk ajeng makasih atas sharing n infonya ya…
    Di zaman yg serba modern n serba canggih tinggal memanfaatkan teknologi udh semua bisa jd lbh mudah ya mbak
    Tentunya jd lbh irit energi, irit tenaga dan irit gas hhhaa
    Iya kerjaan irt kan gda habisnya ya mbk klo ada yg lbh praktis kan jd enak contohnya klo punya water heater kyk gini waahh kbantu bgt nih apalgi buat aq yg punya 2 anakn balita kyaknya bkalan sering mandi air anget tinggal nylain aja gk perlu ribet masak air hhiii…
    Btewe mbak aq mau donk hadiahnya yg mna aja dehh…mdh2an beruntung amiiinnn…

    Reply
  108. Liea zahra

    Trimakasih mbak ajeng infornya bermanfaat banget.
    Semoga terealisasikan merabot arintonya

    Saya mau hadiah no 1

    Reply
  109. Liea zahra

    Trimakasih mbak anjeng atas informasinya ,yg pasty bermanfaat bangetb.
    Semoga terealisasikan merabot arintonya

    Saya mw hadiah nomor 1

    Reply
  110. Tita Sari

    Bismillah.
    InsyaAllah saya sudah ikuti semua peraturannya. Mumpung dikasih kesempatan, ya nggak boleh disia-siakan. Saya mau hadiah no 1 Mbak. Bismillah, semoga. Aamiin.

    Reply
  111. Evi soraya

    Suamiku selalu mandi air hangat tiap pulang kerja.tapi berhubung ga punya water heater,jadilah rebus air dan ga cukup kalau cuma satu panci.belum lagi,rebus air juga untuk mandinya anak-anak.lihat postingan ini kok aku jadi ngiler ya pengen pasang water heater.selama ini selalu mikir kalau water heater itu boros dan bahaya (sering lihat berita orang kesetrum katena water heater soalnya).makasih infonya mbak ajeng.jadi tahu banyak tentang water heater ini.btw saya mau hadiah no 5 ya mbak.makasih

    Reply
  112. April Leeya

    Terimakasih mba atas tulisannya, nambah informasi , nambah ilmu, sangat bermanfaat. Saya mau hadiah nomor 1 mba. Terimakasih

    Reply
  113. Yanuar Tri Susanti

    MasyaAllah, makasih ilmunya mba Ajeng.
    Ilmunya bermanfaat sekali.
    Yang InsyaAllah akan aku ajarkan ke anak-anakku mbesok.
    Karena dulu pas mau nikah aku bener bener gak tau, dan gak ada yang ngasih tau.
    Asal modal cinta aja sudah seneng.
    Justru itu yang selalu bikin aku konflik.
    Posisi cuma suami yang kerja dan keuangan dipegang penuh sama suami, dan aku cuma dikasih jatah seminggu 100rb. Tiap minta tambah suami diem aja, dan bahkan dulu saya dianggap picik Cuma gara-gara minta tambahan uang.
    Setelah itu aku menanamkan sugesti sendiri bahwa aku juga bisa cari uang sendiri. Akhirnya aku putusin buat kerja sampingan.
    Dengan penghasilan sekitar 200rb, InsyaAllah cukup buat nambahin uang belanja.

    Saya ingin no. 3

    Reply
  114. Amalia prastya

    Bagus mb tulisannya.. Mendidik terutama yg jombloers.. Bicara soal perawatan wajah dan mempercantik diri ni penting memang,, terutama ibu2 ya palagi mamak beranak 2-3-10 biar anak banyak tapi muka tetep kliatan kaya lajang (maunya)

    Kalo aq pribadi sebelum merried ga kepikiran ngasih pertanyaan mb 5point itu (KBM) tapi setelah punya anak suami sendiri yg inisiatif melakukannnya (jawab pertanyaan 5point) dasarnya emang aq ga suka dandan…

    Makin kesini suami makin ngerti mb pekerjaan RT separuhnya di bantuin suami, nyuci baju,piring, nyapu, pokoknya ngebantu wes alhamdulillaah pokoknya.. Dan dia selalu bilang “pekerjaan buna lebih capek daripada kerjaanku” amazing banget ciptaan Allaah ini..jd utk mengimbanginya sy hrs kliatan cantik didepannya 🙂 suami tipe ga pelit kok sama istri..

    Barakallahufiik mb Ajeng
    Mau lah hadiahnya paket-3 perlengkapan baby..

    Reply
  115. aric miev

    Trimakasih mb ajeng tulisannya bermanfaat…
    Saya mau hadiah nomer 3

    Reply
  116. nurul saidah

    bismillah … makasih tulisan nya mba ajeng pujianti lestari.. bermanfaat banget bagi aq yang otw nikah .. semoga calom suami aq bisa melengkapi kekurangan ku dan pastinya care tentang semuanya … dan aq pengen yg no 1 🤭 semoga dilancarkan rejekinya mba ajeng sekeluarga dan sehat wal afiat selalu … amin …

    Reply
  117. Nury

    Terus terang, saya sangat suka mandi air hangat. Biasanya direbus sendiri sih, kalo pakai mesin belum ada dananya 😆 sukses terus mbak.
    BTW, aku mau dong hadiahnya yang Nomer 3 mbak. 😘

    Reply
  118. Tita Sr.

    Bismillah…
    Komentar yang kedua kalinya, tadinya mau sekalian di komentar yang pertama, tapi pas ngetik dede keburu bangun minta mimi, jadinya ngASI dulu.
    Waktu pas lahiran, kata bu bidannya jangan mandi air hangat dulu, soalnya takut jahitannya lepas. MasyaAllah dinginnya mandi habis lahiran rasanya kaya diguyur air es. 40 hari puting lecet bermandikan air dingin, Ya Allah luar biasa. Karena merasa nggak tahan, akhirnya saya nekat rebus air buat mandi. Luar biasa badan, kepala yang rasanya ruwet berasa plong seketika. Apalagi saya tinggal di desa, menjelang musim kemarau seperti sekarang, pas mandi subuh itu badan sampe mengigil, beruap.
    Kadang kalau kehabisan gas, harus susah dulu nyalain api ditungku/perapian (Sunda: Hau) tapi terbayar sudah saat guyuran pertama air hangat nyentuh badan. Pernah berpikir apa ada alat yang bisa manasin air dengan instan? Maklum pemikiran orang kampung😀 dan ternyata, ada. Apa daya? Biaya tidak mencukupi. Balik lagi rebus air manual. Semoga, karena kita tidak pernah tahu rejeki seseorang, semoga suatu saat biaya mencukupi untuk bisa beli. Aamiin.

    Reply
    • Tita Sr.

      Kelupaan mau hadiah no berapa? Karena kesempatan tidak datang dua kali, tentu saya tidak akan menyia-nyiakannya, saya mupeng hadiah no 1 Mbak.

      Reply
  119. Ana Ike

    Memiliki pemanas air pribadi itu memang impian banyak orang, termasuk aku. Apalagi kalau pas pulang malam, badan pegal-pegal, bawaannya pengen mandi air hangat deh. Repot kan kalau harus selalu masak air setiap malam. Dan ini bentuknya juga kece ya. Simpel dan slim, nggak makan tempat banget Ariston ini. Semoga bisa kebeli kapan-kapan, aamiin. Hadiahnya aku mau yang no 2 ya, mbak. Makasihhh

    Reply
  120. Ari Yuni Priyani

    Jadi ingat zaman masih sekolah mbak. Tiap pagi, mau panas atau pun dingin tetep lah mandi air hangat. Pas baca, ternyata bermanfaat. Ini juga anak – anak kalau pagi dan udara dingin tetep aku mandiin air hangat.
    Mbak ajeng, aku mau hadiah no. 1 yaa.

    Reply
  121. Inaula eka putri

    Selain bermanfaaat nambah ilmu, tulisan mbak ajeng selalu berhasil mengukir senyum pembacanya. 🙂
    Sukses terus yaa mbaaakkk..

    Bismillah, Mau hadiah no 2

    Reply
  122. miftahul ulfa

    emang mandi air hangat sangat bermanfaat..
    selain bikin relax jg buat kesehatan..m
    eaeaawèwwaaßaaaaaaaaaa
    pengalaman sendiri,ibuQ punya usaha warung yg harus ke pasar pagi2..
    biasanya beliau mandi sebelum subuh,sampai akhirnya beliau terkena bells palsy ringan..
    yang kata dokter bisa terjadi karena suhu dingin (udara ato air) bisa jg karna virus..
    jadilah sekarang beliau mandi air hangat setiap hari,,,
    mbak ajeng saya mau hadiah no 2..😍
    terimakasiiiih…😘

    Reply
  123. Khoerunisa

    Tulisannya sangat inspired bgt mau dong ka hadiah nomor 3 heheh

    Reply
  124. Khoerunisa

    Emg enak si mandi sama air angett serasa mndi di cipanas wkwk berharap hadiah nomor 3 klo dikasih nomor 1 juga gpp si wkwk pen rasain dapet giveaway gmna rasanya

    Reply
  125. Thria dinda permata

    emg bener bgt sih mba mandi air hangat tidak hanya menenangkan tetapi sekaligus menyembuhkan atau palinh tidak mengurangi nyeri pinggang saya yg lagi hamidun trimester 3 ini . btw klo berkenan aku mau give yg no 3 . thankyouuuu

    Reply
  126. Angie Niken

    YA ALLAH..emank mandi aer angeet itu salah satu nikmat duniaaaaa….
    Kala capek berkepanjangan, rendem diri pke air hasil godokan yg cepet bgt ngabisin elpiji itu emank amazing dampaknya, lebih nikmat dr pijet yg seringkali ebrakhir keju linu aka njarem..

    Btw,,br td pagi suami blg mau pasang pemanas aer gini di kamar mandi khusus buat istri syantiknya ini loh,,,langsung dah sodorin nih tulisan ke Abang,,

    madaaaam..aku mau hadiah nomer 3 dah kan abis pny bebiii..
    makasih ya ilmunyaaaa…liat itungan ariston vs masak aer di elpiji kok loro ati aku..wkwkwk..
    selama ini ngiranya murahan masak aer yg ribet ternyata oooh ternyataaa

    Reply
    • Fitri Oki

      Alhamdulillah setelah baca tulisan dari mbak…bertambah pengetahuan saya
      Bermanfaat sekali tulisan2 mbak
      Semoga selalu menghasilkan tulisan2 yg bermanfaat…Aamiin

      Saya mau hadiah no 2 mbak…kebetulan suka sekali pakai aroma teraphy…😊😊

      Reply
  127. Maznink ist

    Ikutan yak bund….smoga ada rejeki,saya mau hadiah yg no 1
    Saya follow IG bunda…smoga ada banyak ilmu yg saya dapat, maklum saya IRT yg masih perlu bnyak belajar🙏
    Mksh bund…sdh diberi keeempatan unt ikutan😘😘

    Reply
  128. Na Winna

    Mandi air hangat emang kerasa enak di badan… Lelah & letih jd hilang setelah mandi.
    Makasih infonya bund….

    #pilih no 3 deh give nya….
    Terima kasih…. 😍😍

    Reply
  129. Nurullativa

    Suami selalu bilang kalau dia pengen banget water heater karena suka banget mandi air panas. Terima kasih tulisannya sangat membantu. Jadi tau manfaat air panas 👍

    Reply
  130. Nurullativa

    Btw, kelupaan mba. Saya berminat hadiah give awaynya yg no. 4 mba. Mudah mudahan dapat rjeki soalnya ga pernah menang giveaway haha. Makasih sebelumnya mbak

    Reply
  131. Myesha Bilqiez Wibatsu

    Saya tim masak air di kompor…buat mandi baby buat mandi bapaknya…karena bapaknya punya alergi dingin…repot??jangan tanya lagi….butuh nabung keknya buat beli water heater inih…thanks mbak ajeng infonya…bermanfaat banget…

    Btw pilih no 1 yesss bun🤗🤗
    Trims

    Reply
  132. halimah assyadiyah

    Alhamdulillah yaa mbaa.. Jadi selama ini aku salah kalo mandiin anak pake airi dingin supaya lebih kuat itu salah huhuuuuuu… Jazakillah for shared yaa mbaa… Btw aku pengen hadiah nomer 2 because butuh buat baby yanh baru lahir dan ibunya juga aar menyusui lebih happy karena aromatherapy…

    Reply
  133. Mavianti

    Mandi air hangat memang bisa membuat badan rileks. Thanx so much informasinya Mbak Ajeng. Btw, saya mau hadiah giveaway yang no 1. Semoga bisa terwujud, Aamiin

    Reply
  134. Nurlaila sanaky

    Wow, baru ngeh sebegitu besar efek air hangat ya. Memang pernah dengar sih, Mandi air hangat itu bangus. Waktu Saya menyusui, bubid juga menyarankan minum air hangat, Dan sering pijat payudara dengan handing hangat. Dan ya memang relax. Tapi baru Tau kalau bisa meredakan sakit pinggang Dan punggung. Selama ini kalau nyeri pinggang Dan punggung malah Saya kompres pakai es. Hihi
    Terimakasih pengalaman Dan ilmu baru nya mbak.

    Oiya kalau boleh memilih, Saya pilih hadiah no 5 atau no 1 mbak.

    Reply
    • aswandari

      wah.. mantap nih water heaternya. secara saya paling ga bisa tidur kalau ga mandi dulu. Sekalipun sore udah mandi biasanya saya tetep mandi lagi kalo mau tidur.. terimakasih mba, ilmunya.. manfaat banget.

      btw saya mau hadiah no 3 atau 1 😊

      Reply
  135. Finda Salsabila

    Mbak Ajeng makasih atas sharing informasinya, suka dengan tuliaan Mbak Ajeng sangat humanis dan mudah dipahami…sukses selalu Mbak Ajeng, anyway aq mau hadiah nomor 1 smoga jd rejeki aq ya…amin yra

    Reply
  136. Sugi hartini syifaanin

    Makasih banget infonya
    Emang mandi aor hangat itu enak banget bikin relax tapi kalo disuruh buat masak airnya kayanya males banget… kudu lirik2 paksu buat minta beli ginian

    #giveaway
    Pengen hadiah nomor 1 aja deh

    Reply
    • Siti Rahmah

      Salam kenal mba Ajeng dari saya Rahmah di Palangkaraya KALTENG..🤗

      Dua kali lahiran…enggak pernah nyoba mandi pakai air hangat…baru tau manfaat mandi air hangat buat ibu yg habis melahirkan…

      Terima kasih buat sharing ilmunya mba…😘

      Insya ALLAH klo jadi rezeki saya mau hadiah giveaway yg no 2 🤲🏻😇

      Reply
  137. Williyanti Ulfah

    Pulang kerja badan seringnya pegel-pegel karena desek2an di kereta. Ngebayangin tiap hari bisa mandi air hangat tanpa repot masak air dulu enak kali ya. Duh, mesti nabung ini. Terima kasih mbak, infonya. Salam kenal & mau juga ikutan giveaway nya siapa tau rezeki. Saya mau hadiah no.1. Terima kasih

    Reply
  138. Fitri luvitasari

    Alhamdulillah setelah baca tulisan dari mbak…bertambah pengetahuan saya
    Bermanfaat sekali tulisan2 mbak
    Semoga selalu menghasilkan tulisan2 yg bermanfaat…Aamiin

    Saya mau hadiah no 2 mbak…kebetulan suka sekali pakai aroma teraphy…😊😊

    Repost lgi…soalnya td namnya bukn nma fb…lupa mbk😁🙏

    Reply
  139. Ema

    Jazakillah khoir mba ajeng info nya..bermanfaat dan nambah ilmu juga ..aku mau nomor 3 paket baby stuff 😍

    Reply
  140. Yayang

    Mbak ajeng mkasih ya informaainya sangat bermanfaat.buat mak mak daster rombeng kyk saya..hehe salam kenal..
    Berhubung aku gk pernah punya skincare…mau beli sayang duitnya .mending beli diapers…haha…aku mau hadiah no 1 dong ..ya ya…boleh yaaa….

    Reply
    • Nur Hanifah

      Terima kasih mbk ajeng atas infonya….
      Saya kalau mandi air hangat bikin rilexs ini bandannya…
      Semiga segera keblei itu pemanasnya…
      Saya mau no 1. Kalau belu sendiri lunayun bngt duitnya
      Fb saya Nur Hanifah Anfalah

      Reply
  141. Ikkehasany

    Saat mandi dg air hangat memng berpengaruh pd badan dn pikiran.sy sering mndi air hngat ktka mrsa sdikit tdk enak badan. Tujuanny sekadar utk relaksasi dn memijit tubuh perlahan spy jauh lbh fresh setelahnya.
    Hnya sja memang bg ibu dg 3 bocil seperti sy agak ribet jika ingin berlama2 mandi 😄
    Ukhty, sy mau hadiah no.1
    Alhamdulillah jika rejeki sy brarti bs menjadi rejeki suami jg utk melihat istrinya tampil lebih maksimal 💕

    Reply
  142. Dhiajeng try

    Bismillah

    Sangat senang sekali dg artikel punya mba ajeng ini,banyak ilmu2 baru yg saya dapat dr beberapa artikel punya mbak ajeng. Teruuuus bener bgt mandi pakai air hangat itu bikin rilex dan nyenyak tidur. Teimakasih mba ajeng atas ilmunya☺
    Mau hadiah no 1

    Reply
  143. Angie Anita

    Terima kasih atas infonya yg bermanfaat mbak Ajeng, saya jg termasuk penggemar mandi dgn air hangat, rasanya rileks dan betah berlama2, saya minat sekali dengan hadiah mesin aroma terapi nya kebetulan, suami dan anak saya ada asma dan alergi semoga alat ini bisa membantu, thanks

    Reply
    • Ani caem

      Wahhhh aq punya baby 2 yang suka mandi sama air hangat…sempat khawatir jg karna setiap dimandiin sama air dingin selalu nanggis…tp setelah baca tulisan ini sekarang gak khawatir lg ternyata air hangat itu sangat bermanfaat bg kesehatan…makasih mbk informasinya
      # aku milih hadiah no 3 mbk…

      Reply
    • Sustri hajifah

      Makasih mb ajeng atas segala informasinya,sangat bermanfaat sekali pa lagi bagi kaum mb-mb yang mau menikah,memang pertanyaan seperti itu agaknya sepele tetapi berpengaruh sekali saat menikah nanti,saya mau hadiah no 1,semoga beruntung da rejeki untuk saya dari Allah lewat mb ajeng..barakallah

      Reply
  144. Moga Dewi Masita

    Makasih banyak infonya, mbak Ajeng… Sangat bermanfaat 😊🙏 Jadi pengen beli water heater nya biar gak ribet masak air kalo mau mandi air hangat. Semoga suatu saat ada rejeki 😍
    Btw, kalo dapat hadiahnya mau nomer 4 dong mbak. Semoga dapat beneran 😍

    Reply
  145. Nofia Dewi Masita

    Maaf mbak, typo… Hp nya agak lola (loading lama). Nama di komen saya yang atas salah, yang bener Nofia Dewi Masita. Makasih 🙏😅

    Reply
  146. Fikhiyah Erika Ashtiyani

    Hai Mba Ajeng, aku silent reader di blogmu lohh.. hari ini komen karna giveaway jadi macam si buta yg keluar dari gua hantu demi skinker. Hihi
    Makasih infonya ya Mba… Papaku asma, beliau tiap mandi pagi pasti langsung sesak napas, disuruh mandi pake air anget tapi kok lama-lama bosan yaaa ngerebus air terus. Pasang water heater masih minim info, tapi sekarang udah gak lagi.. jd insyaallah bisa jd pilihan deh ya.. apalagi skrg musim hujan, dan mandi air hangat itu pastiii nikmat bangett..
    Btw.. aku mau looh hadiah yang No 1. Penasaran, kayak apa sih skincare mahal ituu 😜
    Tenkyu Mbaaa :*

    Reply
  147. Tri Wahyuningsih

    Makasih mbak infonya….semoga bsk2 kalau ada rejeki bisa beli water heaternya karena si kecilku suka mandi pake air anget.
    Kalau menang mau hadiah no 1 donk mbak.
    Sekali lagi terimakasih 😊

    Reply
    • Eka hy ll

      Halo mbak ajeng….salam kenal ya🙏
      Aq suka banget baca tulisan2nya mbak ajeng ,yg utamanya ya nambah ilmu sih….
      Bahasanya enak dan gampang dipahami.aalagi tentang parenting dan juga skincare☺.ngomong soal skincare padahal dulunya aq gak acuh banget lho sama yg namanya skincare tapi sekarang seiring bertambahnya umur kali ya ,kok dah mulai jatuh cinta sama perawatan wajah😊
      Intinya aq juga mau dunk skincare 1 ya mbak😁😁

      Reply
  148. Linggar

    waaah ternyata selama ini aku gak salah yaa karna suka banget mandi air hangat. bahkan kadang pergi ke wisata air panas cuma buat berendam. semoga bisa ke beli alatnya, biar gaperlu jauh2 ke wisata cuma buat berendam. aamiin
    makasih yaa infonya mbak ajeeng. btw aku mau hadiah yg nomer 1 karna aku belum pernah pake skincare yang mahal. biasanya cukup beli skincare receh asal bisa penuhi metode CTMP, biar wajah gak kelihatan kusam meskipun gak glowing 😅😅😅
    nama fbku Linggar mbak, kalau aku menang bisa hubungi aku via email kok 😘😘

    Reply
  149. novita devi

    terima kasih atas sharing ilmunya… bermanfaat sekali, dan menambah pengetahuan tentang manfaat mandi air hangat buat tubuh…
    btw saya mau hadiah nomer 1, biar bisa cantik mulus..😁

    Reply
  150. Yuyun Heriyantie

    Alhamdulillah dapat info baru…kalau sekarang untuk mandi air hangat masih manual ngerebus dulu…in sya Allah kalau ada rezeki dan kondisi rumah juga lebih baik alias sudah di renovasi nanti bakalan kepikiran beli water heater. Apalagi suami suka pulang malam juga berangkat kerja jam 3an menjelang subuh. Jadi sebisa mungkin saya jaga kesehatan suami juga. Untuk hadiah jika rezeki ke saya, saya pilih nomor 1😁😁 karena sangking sibuknya ngurus dunia perdapuran memang sering tidak fokus merawat wajah. Apalagi ketika dihadapkan dengan orderan seabrek🙈

    Reply
  151. Mutisya Elma Muchlis

    Jadi kepengen punya water heaternya… 🥰

    Ikutan giveawaynya kak, tertarik dengan hadiah no.2 diffuser essential oilnya… 😁

    Makasih ya…

    Reply
  152. Nada putree sugar

    Jazakallah khairan katsiraan mom atas sharing nya. Bermanfaat banget !
    Jadi ngiler pengen beli water heater juga. Tapi berhubung masih punya balita yg sufor dan rumah pun masih belum beres banget jd harus sabar dulu nih, uangnya biarkan belok buat yg lain dulu. Hahaha

    Kalo saya sih pas mau mandiin anak saya, masak air nya di panci gede isinya 4 gayung. Biar gak usah lama2 asal anget aja langsung tuang ke bak mandinya. Hehehehe

    Tapi bener ya mom, jadi ibu itu sesuatu banget.. Mandi itu bener2 me time yg the best lah. Apalagii kalo mandinya sambil luluran beuhh itu mah impian banget. Abis itu denger suara tangisan anak deh karna mandinya kelamaan.

    Oh ya, mba.. Jikalau saya kepilih menang, saya mau hadiah no 3 ya mba. Kebetulan stok minyak telon dede tinggal sedikit. Semoga aja kepilih. Aamiinnn.

    Reply
  153. Hepi Herdiany

    Bismillah, saya suka banget dengan tulisan Mbak tentang skin care. Tapi saya orangnya yang gak suka dandan ditambah suami juga gak “rewel” masalah penampilan fisik. Tapi di lain pihak saya juga suka kepikiran pengen kaya orang-orang yang perawatan, kinclong gitu mukanya cuma takut malah ngerusak wajah. Paling banter pake minyak jaitun tiap malam sama krim pagi doang. Eh maaf malah curhat….😊
    Sukses terus buat Mbak Ajeng dan keluarga.
    Btw InSyaa Alloh rejeki saya, pengen no.2😇

    Reply
  154. Eka hy II

    Halo mbak ajeng….salam kenal ya🙏
    Aq suka banget baca tulisan2nya mbak ajeng ,yg utamanya ya nambah ilmu sih….
    Bahasanya enak dan gampang dipahami.apalagi tentang parenting dan juga skincare☺.ngomong soal skincare padahal dulunya aq gak acuh banget lho sama yg namanya skincare tapi sekarang seiring bertambahnya umur kali ya ,kok dah mulai jatuh cinta sama perawatan wajah😊
    Intinya aq juga mau dunk skincare 1 ya mbak😁😁

    Reply
  155. Ifah safina

    Infonya nyegerin banget mbak Ajeng,, bikin mupeng😁😁
    Dan yang bikin seneng baca2 disini tubuh selain dapet informasi juga dapet hiburan sama dapet sharing pengalamannya mbak Ajeng, jadi bisa buat pertimbangan kalo cari produk.

    Pengennya sih dapet hadiah paket 1😍😍 ngarep banget😁
    Nama FB ku Ifah Safina ya…jangan lupa mbak😉😉

    Reply
    • Puji Rizki

      Terima kasih banyak infonya, mbak Ajeng. Alhamdulillah anak2 saya biasa mandi air hangat dr kecil, walaupun harus repot masak airnya terlebih dahulu. Kemarin sempat mau pasang water heater nih, cuma belum mantap. Nanti deh tak bisikin lagi suami. 😉
      Maunya giveawaynya water heater Ariston. Ada ga mbak? Hehe..
      Mau yg paket skincare aja ya, no 1. Lg mulai membiasakan merawat kulit nih.
      Thanks for sharing, mbak.
      InsyaAllah pahala berbagi ilmunya mengalir terus ya, mbak. 🙂

      Reply
  156. Emilia Abidin

    Mandi pakai air hangat dengan sedikit garam, itu andalanku kalau badan udah capek, berasa menenangkan pikiran, biar gak tegang melulu…. Ngomong2, aku juga suka martabak rasa coklat keju mbak Ajeng, kalo du Jawa Timur kita bilangnya itu jajanan Terang Bulan… Yang terakhir mbak, aku mau hadiah yg nomer 1 ya…

    Reply
  157. Rusdina Hanif Al Jannah

    Barakallah… Seneng banget ketemu tulisan mb Ajeng ini. Auto follow ig nya, boleh di follback mb kalo berkenan. Tentang air hangat, saya sendiri juga masih sering mandi pake air hangat, bener banget ASI rasanya semakin deras, dan pegal2 di badan jadi berkurang. Tapi ya itu….masih ngisi air di teko, nyalain kompor, nuang kalo udah mendidih😁
    Semoga emang rejekiku mb, mau ikutan give away nya. Pilih no 3 ato 4 aja, buat si dedek kecil.

    Nama fb dan ig : Rusdina Hanif Al Jannah

    Reply
  158. Rini Puspa indah

    Noted mba 👍
    Insyaallah dikasih rezeki nanti punya rumah plus sekalian bisa beli waterheaternya (sekarang masih ngontrak 😁 )
    Pengen terbebas dari kerepotan masak air buat mandi..
    Karena kebetulan aku tinggal dikota yg kalau lagi dingin dingin bgt..kalau lagi panas ya panas bgt
    Kebayang kalau lg musim dingin pagi² mau mandi 4 orang harus 4 kali juga masak airnya..boros gas gaaeessss 😅

    By the way aku mau hadiah nomer 1 ya..
    Bismillah semoga beruntung..wish me luck 😉

    Reply
  159. Melly Yohandari

    Jazakillah khoiran katsiron mba buat infonya.. sangat bermanfaat sekali apalagi saya ibu dengan 2 balita yang super aktif. Badan suka pegal pegal dan kadang ASÌ juga suka macet.. Tapi ya itu untuk mandi pakai air hangat saya harus masak dulu dipanci agak agak rempong memang keburu anak udah capek nunggu emaknya alhasil emang jarang banget mandi pakek air hangat.. InshaAllah jika ada rezeki lebih pengen banget punya alat ini. Harus ngumpulin uang sedikit demi sedikit buat belinya.. hehehe

    Untuk give awaynya saya kepengen yg no.1 kebetulan skincare juga udah mau habis.. hehehe

    Reply
    • Melly yolandari

      Jazakillah khoiran katsiron mba buat infonya.. sangat bermanfaat sekali apalagi saya ibu dengan 2 balita yang super aktif. Badan suka pegal pegal dan kadang ASÌ juga suka macet.. Tapi ya itu untuk mandi pakai air hangat saya harus masak dulu dipanci agak agak rempong memang keburu anak udah capek nunggu emaknya alhasil emang jarang banget mandi pakek air hangat.. InshaAllah jika ada rezeki lebih pengen banget punya alat ini. Harus ngumpulin uang sedikit demi sedikit buat belinya.. hehehe

      Bismillah..
      Untuk give awaynya saya kepengen yg no.1 kebetulan skincare juga udah mau habis atau no.3 juga boleh mba karna saya punya baby dan biasa pakek telon konicare juga.. hehehe

      Reply
      • Altanada Dhemi Jr.

        Jazakillah khoiron katsiro mb buat informasinya…
        Saya ibu 2 anak 5,5tahun dan yang kecil usia 14bulan. Terkadang karena kesibukan mengurus anak-anak dan tugas negara saya sampai lupa untuk merawat wajah, paling banter cuci muka dan kasih pelembab saja habis mandi. Pernah suatu hari pas pulang dari nganter kakak ngaji, niat hati mau nunjukin ke suami jilbab baru malah dapet komen dari suami yang bikin down aku. Suami bilang “dek… kok wajah mu jadi terlihat hitam kenapa?” Sumpah langsung shock dan lari nyari kaca. Si pak suami lihat expresi ku yang shock dia berusaha tenangin aku dengan bilang “mungkin karena jilbab mu warnanya terlalu cerah dek, jadi keliatan hitam di muka. Coba pakai warna lain nanti lak kelihatan bersih.” Sejak saat itu jilbab warna turkis itu gak pernah tak pakai lagi dan mulai nyempet-nyempetin buat maskerin muka, entah pakai kopi atau putih telur.
        Dan semoga saya beruntung dapetin hadiah give away ini, kalau saya menang saya mau hadiah no.1 atau no.3
        No.1 biar saya ga dikatakan hitam lagi atau no.3 buat si dedek yang masih 14 bulan. Sekali lagi… terimakasih banyak dan semoga rejeki mbak tambah banyak dan barokah. Aamiin.

        Reply
  160. Rita Pusmawati

    Wuahh aku tim godok air waktu si adek masih bayi. Emang lumayan ribet ya. Kupikir untuk beli mesin pemanas air hanya berlaku untuk mereka yang berduit lebih. Kebayangnya udah mahal aja. Tapi setelah baca ini kok jadi kepikiran pengen beli juga kalau emang terjangkau hihihi.

    Suwun infonya Mbak Ajeng. Bolehlah nanti dipikirkan. Biar bisa mandi air hangat kapan pun tanpa pake ribet kudu godok air

    Betewe aku mau hadiah nomor dua yaa. Hehehe

    Reply
  161. Umi lailatul hasanah

    Alhamdulillah dapet info yg bermanfaat…semoga nisa kebeli alat bginian…
    Semoga hadiah no 1 mendarat k padang …

    Reply
  162. NINA PUSPITASARI

    Tulisan nya menginspirasi sekali mba ajeng… Banyak ilmu baru yg saya dapat setelah membaca tulisan mba ini.. Semoga selalu dlimpahkan rezeki dan diberkahi Allah…Btw hadiah no.1 nya menggiurkan skali…aku mauuu 🥰🥰

    Reply
  163. Melly yolandari

    Jazakillah khoiran katsiron mba buat infonya.. sangat bermanfaat sekali apalagi saya ibu dengan 2 balita yang super aktif. Badan suka pegal pegal dan kadang ASÌ juga suka macet.. Tapi ya itu untuk mandi pakai air hangat saya harus masak dulu dipanci agak agak rempong memang keburu anak udah capek nunggu emaknya alhasil emang jarang banget mandi pakek air hangat.. InshaAllah jika ada rezeki lebih pengen banget punya alat ini. Harus ngumpulin uang sedikit demi sedikit buat belinya.. hehehe

    Bismillah..
    Untuk give awaynya saya kepengen yg no.1 kebetulan skincare juga udah mau habis atau no.3 juga boleh mba karna saya punya baby dan biasa pakek telon konicare juga.. hehehe

    Reply
  164. Indah aristyaningrum

    Ga kepikiran mba buat nanya itu😁
    Good idea lho pertanyaannya buat anak2 menuju jenjang pernikahan
    Mau no 1
    Jangan diketawain ya mba….aku belum pernah pake skincare😌
    Taunya cuma pelembab wajah saja
    Semoga dapat hadiahnya
    Aamiin

    Reply
  165. SERPINA PURBA

    Ma kasih sharingnya mba Ajeng, sangat2 bermanfaat. Btw, krn ekonomi lagi krisis, kalau pengennya dapat hadiah no.3 aja mba, mayan buat sidede

    Reply
  166. Wiwie Widhia

    Makasih sharingnya Mba Ajeng, bahasanya bikin anget dibadan kayak water heater hihii
    Sy pilih hadiah nmr 1 ya, kebetulan skincare udh dipencetin sampe ujung nh

    Reply
  167. Bintu Askan

    Makasih mbak Ajeng sangat bermanfaar tulisan-tulisannya. Saya jarang mandi pake air hangat karena males rebus airnya hehe..
    Hadiahnya pengen no 1, mudah²an rejeki.

    Reply
  168. Herwita Besty

    Thank You so much Mbak Ajeng Nan Cantik atas informasinya…semoga ada rejekinya di hari lahirku 8 November kepengen skincare kece yang nomer 1 yaaa…thanks again😘

    Reply
  169. Yulis irfiana dwi

    Makasih infonya mbak.. jd nambah pengetahuan soal ngurus anak dan jg soal water heater.. pengen bgt masang water heater tp dana blm mumpuni bwt beli begituan.. hehe..
    Btw, ak mau dong mbak hadiah give away nomor 1.. dah lama pengen beli skincare tp msh mikirin kebutuhan lain.. SMG aku yang dapet. Aamiin..

    Reply
  170. Putri kurnia

    Makasih mba Ajeng. Sungguh berfaedah tulisannya. Aku pengen hadiah no 1 pas banget lg butuh skin care biar makin kinclong aku tuh. Sukses ya mba

    Reply
  171. Rahma Tina sari

    Thanks mbak buat sharingnya, semoga Allah berikan rezeki buat mendapatkan water heater.

    Btw, Saya tertarik no. 1

    Reply
  172. Faricha Hasan

    Terima kasih, mbak Ajeng 🙂 info yang kece banget! Hihi..secara aku juga penikmat mandi air hangat tapi secara jadul cz kudu rempong dulu kalo pengen nikmatin guyuran air hangat. Ahh..jadi pengen nabung buat bisa punya water heater. Si Mas yang agak ‘takut air’ dan dua jagoan pasti juga seneng kalo bisa sering mando air hangat tanpa ribet. Thanks juga udah rekomendasiin Ariston. Haha..aku mana tahu sebelumnya soal merk pemanas air.

    Eh ya.. baru tahu juga kalo banyak busa bukan berarti tambah bagus kualitas sabunnya. Hihi..

    Good luck buat mbak Ajeng n aku ya 😀 nothing to loose pokoknya baca artikelnya ini. Tapi kalo rejeki pengen Hadiah 3, sih.

    FB: Faricha Hasan
    IG: Faricha Hasan

    Reply
  173. Junelly Ismail

    Terima kasih mba, sungguh bermanfaat sharing nya.

    Mau no 2😉

    Reply
  174. Desy kurnia sani

    Dulu saat bekerja di pabrik, alhamdulillaah ada fasilitas Water heater karna yang masuk syif pagi berangkat sbelum shubuh. Sekarang pingin juga si, pasang ARISTON di rumah, apalagi stelah tahu banyak manfaatnya mandi pakai air hangat dari kakak, makasih infonya ya kak. Btw, jika rezeki saya, sya sih yang mana saja..he. nomor 3 juga nggak papa kak. 😊

    Reply
  175. Hana Setiani

    Masya Allah mba makasih buat infonya. Saya salah satu orang yang males untuk mandi kalau udh capeek banget. Jadi lebihilih tidur, hehe. Untuk mandi pakai air anget memang nyegerin mba cuma kalau pake cara manual ya gitu, jdi males lagi. Hehe apalagi soal mandiin bayi itu bener banget ya Allah anakku udh jarang pake air anget sekarang. Hiks
    Makasih banyak ya mba, walau belum bisa pakai mesin insya Allah pakai manual dulu rebus air 🙂

    Untuk hadiah give away mudah-mudahan bisa dapet paket nmr 1 mba. Semoga rezeki, aamiin.

    Reply
  176. isna kinnoi

    Selamat malam mba…senang banget deh dapat postingan mba.bermanfaat banget isi tulisannya,apa lagi buat aku yang punya adik perempuan.mau aku sampaikan ke dia kalau nyari pasangan hidup itu gak melulu mikirin cinta 😄.
    Aku mau hadiah no 2.Trimakasih Mba Ajeng 😊🙏🏼

    Reply
  177. laili salimah

    Recommended nih. Kebetulan lagi nyari water heater utj kamar mandi ortu saya. Beliau rematik.
    Makasih infonya bunda. Penyampaian tulisannya renyah, jadi ketagihan baca srmua artikelnya. 🙂

    Reply
  178. Viska Armyna

    Wah bisa jadi referensi nih mesin pemanas air, siapa tau suatu saat udah jadi kebutuhan pas ada rejekiny juga..
    Kalau dpt giveaway nya pilih nomor 2 ya mbak.. trimakasih.

    Reply
  179. laili salimah

    Recommended nih. Kebetulan lagi nyari water heater utj kamar mandi ortu saya. Beliau rematik.
    Makasih infonya bunda. Penyampaian tulisannya renyah, jadi ketagihan baca srmua artikelnya. 🙂

    Mau hadiah no 1 buat nyenengin suami 🙂

    Nama FB: Laili Salimah (Sunday Babyshop)

    Reply
  180. TRI PUSPIYANI

    Nice info mbak ajeng.. kami sebenernya butuh banget water heater karena anak pertama aku mesti mandi pagi pakai air hangat kalau mau sekolah, masuk jam 6.30 jadi jam 5an harus sudah bangun dan mandi, selama ini masih masak air di kompor wkwkkwk.. pe er banget ya emak emak.. udahlah buru buru masak untuk sarapan ditambah masak aer dulu 😆cuma pertimbangan nya takut tagihan listrik naik mbak.. emak harus cermat berhitung ye kannn 😂 but baca rivew nya cm 200w omg irit yahhh.. masih gedean watt oven akuh ternyata.. semoga bisa kebeli deh ariston water heater soon. Aamiin.. btw mbak aku mau hadiah no 1 skin care dounkkk.. aku lagi rajin elus2 muka semenjak viral layangan putus 🤣🤣 mau cobain skin care yang mahalan dari give away mbak ajeng.. 😆 semoga rejeki aku. aamin.. fb tri”upi”puspiyani

    Reply
  181. Saydah Anina

    Bermanfaat banget mba, jadi pengen punya water heater juga deh. Aku pengen hadiah yg no 1 deh mba, biar bisa nyobain skincare nya, hehe ..

    Reply
  182. Roro Diah Pertiwie

    Halo Mba Ajeng, saya Roro Diah Pertiwie dari Purworejo, Jawa Tengah
    Tadi tanpa sengaja saya membaca tulisan dari Mba Ajeng dan saya menyukainya
    Saya suka menulis tapi kadang bingung cari referensi, dan Mba Ajeng bisa dong ya saya jadikan motivator..hehe
    Anw, saya Ingin hadiah No.4 ya mba yg paket Puree Baby

    kenapa?
    Karna Alhamdulillah sebentar lagi bayi saya MpASI dan semoga ini menjadi Rejekinya

    Aamiin
    Terimakasih mba Ajeng
    Salam kenal dari Saya

    Reply
  183. NESYA SURYANINGRUM

    Assalamu’alaikum mb ajeng
    terimakasih info dan pencerahannya, kaget sih tau kalau waterheater sama kompor lebih mahal pakai kompor.. Jadi pengen ngajuin proposal ke suami buat pasang itu, secara suami dan anak-anak kalau suruh mandi malas-malasan alasannya dingin😅. Saya suka tulisan mb, karena gak belibet jadi enak bacanya.
    Kalau rejeki saya mau dong hadiah nomor 2 , belum punya diffuser tapi suka pakai oil-oilan

    Reply
  184. Dera

    Demi give away melipir ke blog nya mbak ayu. 😁😁😁 ternyata banyak info2 yg bermanfaat, Kenal dengan mesin pemanas ariston, sdah lama sekali, awal2 mereka buka stand di kotaku, dengan gaya sok iye, mnta belikan sama ortu, dengan alasan biar kalo mandi malem gak kedinginan, dengan muka memelas akhirnya di belikan ortu juga, tapi krn wkt itu listrik di rumah beli di up, jadi setiap kali mau ngidupin pemanasnya, listrik serumah rumah mati, akhirnya mesin pemanas ngebangke di kamar mandi, wlw listrik di rmh sdah di up skrg, udah lupa dengan mesinnya,,
    Mcm nya bakal di gunakan lagi, setelah baca ini,, 😂😂😂😂

    Ngarep bisa dapat GA no. 2, biar mandi dengan air hangat nya lebih nyaman dan rilex,, 😂😂😂😁😁😁😁

    Trims mbak ayu,,
    Salam santun 😊😊

    Reply
  185. Novita Riana Dewi

    Terimakasih mba Ajeng. Tulisannya bermanfaat sekali mba. Aku taunya mandi air hangat itu untuk bikin relaks badan aja, ternyata banyak manfaat lain selain itu ya
    Aku tuh udh kepengen juga dari dulu beli water heater, tapi bingung yg bagus itu merk apa, beruntungnya aku baca tulisanmu mba. Nambah wawasan.
    Btw aku ikutan giveaway di fb, klo kepilih pengen hadiah no. 1
    Fbku Novita Riana Dewi

    Reply
  186. Dera Oktarina Efendi

    Saking semangatnya, jadi lupa nulis nama Fb, masya Allah,, 😂😂😌😌😌
    Semoga jadi lebih rajin mandi air hangat,, 😊😊😊
    Ngarep GA no. 2 mbak,, Trims 😊😊😊😊

    Reply
  187. Zyz

    Makasih mba infonya sangat bermanfaat, Saya ibu dari 3 anak yg usia saya kini kepala 3.jadi ingin merawat diri, sudah timbul kerutan2 kecil disekitar mata dan flek hitam. Jadi pingin hadiah no. 1….semoga saya beruntung… Hehehe

    Reply
  188. Mieke

    Baru tau kalo mandi air hangat begitu banyak manfaat dan ada alternatif pemakaian lebih hemat dan ngga ribet. 🙂🙂
    Btw givewaynya saya pengen mau berharap yang no.2 karena dah lama pengen diffuser biar ngga riweh memberdayakan rice cooker untuk jadi aroma terapi dikala anak anak lagi pilek 😁😁 apalah daya jiwa missqueen saya belum sanggup untuk menganggarkan ke sana. Semoga rejeki anak anak, aaamiiin…
    Nb. Label komen nya keren mba, bisa cek bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat

    Reply
  189. Sri Lestari

    Makasih atas infonya tentang manfaat mandi aer anget. Sy 12 thun nikah dengan 4 anak … sudah lama merasakan mandi air hangat 😍… dr dulu make kompor . Sampe sekarangpun masih pake kompor. Nggak ad keinginan untuk make waterheather. Selain mahal ( buat say ) juga makan listrik …tp tetep semangat selalu warmwater buat baby baby saya .. in sha Allah no ngeluh ngeluh buat nyalain kompor … tuangin air ….. nyiapin bak 😍😍 …… buat hadiah milih no. 3 …. ben harum anak anakku …

    Reply
  190. Kaidah Ma Nisah

    Wah bener banget tuh. Kayaknya kalau lagi capek terus bisa mandi air hangat dengan tenang selama beberapa menit, nyesss. Badan seperti kembali fresh dan otot-otot mengendur.

    Reply
  191. Kaidah Ma Nisah

    Wah bener banget tuh. Kayaknya kalau lagi capek terus bisa mandi air hangat dengan tenang selama beberapa menit, nyesss. Badan seperti kembali fresh dan otot-otot mengendur. Mau hadiah nomor 2

    Reply
  192. Putriie

    Sebelum baca ini sbnernya saya memang hobi mandi air anget , karna enak aja lama lama mandinya hehe tp ternyata ada manfaatnya trimkash ya mba infonyaaa …
    Dan untuk hadiahnya saya mau yg no 1 mba, jujur nih semenjak melahirkan anak yg ke 2 wajah saya blm ke sentuh sama sekali sama skincare kendala di dompet hehe 😂 jd setiap hari cuman pake bedak bayi 😅muka ku kusammm sekali dan ngak pd

    Reply
    • Putriie

      Sampe lupa nama fb Putriie. Semoga rejeki ya siapa ya bisa merawat wajah
      Amin

      Reply
  193. For Sandy

    Memang bener banget mandi air panas bisa bikin badan menjadi lebih rilex. Sudah sering praktel klo malam2 badan pegel capek dan kaku, trus gak bisa tidur. Maka ama paksu lgs disaranin mandi air panas. Biar otot2 rilex dan badan terasa segar. Klo yg sebelumnya selalu godok air klo mau mandi, baca artikel ini jadi pengen beli water hitternya. Luar biasa memang efek mandi air panas. Terimakasih sudah berbagj pengalaman, saya mau giveawaynya yg nomer 1. Thanks. oh ya nama FB Forsandy kurniawan. Thanks.

    Reply
  194. Reni Davita Siregar

    Assalamu’alaykum mba.
    Beruntung saya nemu tulisan ini.
    Berawal dari saya nemu tulisan di grup KBM dan sampailah saya di kolom komentar ini😊.
    Gak banyak yang saya ingin komentari.
    Yg jelas teromakasih infonya atas tulisan bermanfaat yang mengatakan agar tetap percaya pada rezeki dari Allah walau berperan sebagai IRT full.
    Mendoakan suami dan mengurus rumah dan anak sudah sangat menyita waktu dan hidup ini.
    Dan info bagus tentang air panas nya juga saya baru tau,maklum jarang mandi hangat karena tinggal di daerah panas😁.

    Saya ikutan giveaway ya mba.
    Instagram nya sudah saya follow.
    Saya mau hadiah no 2 😁
    Mesin terapi.
    Krn saya belum pernah punya.
    Dan saya suka aroma terapi utk menenangkan fikiran dan utk menterapi anak saya yg mengidap hiperaktif (ADHD).
    TERIMAKASIH mba.

    Salam sukses selalu.
    Salam bahagia.

    Wassalamu’alaykum.

    Reply
  195. Imus Jaka

    Infonya bermanfaat banget mbak, semoga bisa punya water heater
    Semoga give away’nya jd rejeki bayi saya, pingin hadiah no 3

    Reply
  196. Ummu Fauziah Az-Zahra (Ayu)

    Wah ternyata informasi bagus nih..
    disini ada gak yak alat kek gitu.. maklum saya domisili nabire papua.. yang airnya wah adeeeeem beuuud.. karena airnya dari gunung.. plus tuk mandiin anak bayi harus godok di atas kompor dulu.. yaa rempong gak rempong dah kewajiban hehehhh..
    terima kasih banget mba infonya.. mau coba searching disini..
    hadiah? ditanya mau apa pengen yang nomor 2.. hihihi.. pengen coba karena belum pernah punya hehehe. terima kasih mbak..

    Reply
  197. Annisa Widya putri

    Sumpah ini manfaat banget bagi saya, sebelum saya baca ini saya gatau apa2 tentang ini. Jadi ketagihan deh baca nya, tulisan mba nya bagus bgt, dalam penyampaian nya pun keren bgt, terasa enak. Langsung masuk ke otak.
    Sumpah, abis ini bakal baca semua tulisan mba.

    Btw, saya mau hadiah no. 1 hehehe. Sebenarnya hadiah mana pun saya sangat sangat beruntung, dan sangat bersyukur.
    Oiya mba ini nyantum ke fb gmna sh:( untuk ig saya udh follow.
    Btw fb saya namanya sama kek nama yg saya cantumkan.
    Annisa widya putri (puput)

    Reply
  198. Nana Rohmani

    Mba ajeng trima kasih banyak sharingnya, insformasinya luar biasa bagus, sy jd seneng follow ig dan blognya krn bnyk ilmu yg sy dptkan, btw sy mau hadiah yg no. 2 ya, sy suka aroma2 teraphy..

    Reply
  199. DIAN DINA PUTRIYANA

    Masyaa Allah. Mba Ajeng pinter banget diarahin ke link yang bermanfaat ini. Makasih sharingnya yaa.
    Saya kebetulan tinggal di daerah dingin dan juga punya balita. Agak rempong juga siih kalo misal mandi pagi² harus kudu ceklekin kompor buat masak air. Hihi
    Semoga ada rejekinya untuk beli water heater ini. Aamiin.

    Mba ajeng, saya bersyukur kalo dikasih apa aja. Tapi kalo boleh milih siih nomor 1 / 2 / 5.
    Hihi..

    Barakallahu fiikum Mba Ajeng dan keluarga.
    Sehat² selalu yaa.
    Salam kenal 💙

    Reply
  200. Yudith Dian Palupi

    Br tau manfaat air hangat pas saat hamil 😁 dlu g pkai begituan. Padahal mmang rasanya punggung luar binasa, ap lg seharian duduk d kantor & d commuter 😁 Mmang nyaman sih kl mandi air hangat, kadang saya campur dengan garam dikit. Br ngeh jg ternyata untuk hitung-hitungan biaya lebih murah pakai alat drpd kl kita masak air.
    Btw, mungkin untuk hadiah saya milih yg no. 1 😄😁 makasih, mb

    Reply
  201. Evi

    Setuju sih sama tulisan mbak ayu, soal skinker ini.. Skinker emang penting tapi ada yg lebih penting lagi, yaitu bagaimana sikap suami dalam membahagiakan istrinya lahir batin. Klo istri sudah bahagia, insyaallah keliatan cantik nya. Hehehehe
    Makasih sharing info nya.
    Saya pengen banget hadiah no. 1 skinker biokos sepaket
    ..hehhe.. Udah usia 30 + mesti nyoba yg anti wrinkel yess
    . 😅

    Reply
  202. Renda Mulia Putri

    Tukisan mbam ajeng sanagt menginspirasi sekalii… jadi pengen langsung oraktekin nya satu satu 😀
    Apalagi kalau saya dapat hadiah no. 1.. jadi makin bermanfaatlah semuanyaa 😀😀
    Thanks mbak

    Reply
  203. Umah Aisyah Afkar

    Masyaallah,bermanfaat banget mbak ulasannya,Jadi tau mafaat air hangat dr pada cuma sekedar menghalau rasa dongin mandi di pagi hari.

    Wah ternyata banyak banget ya mbk manfaat mandi air hangat.Buat ibu2 yg super duper sibuk yg sibuknya ampek rasanya ngremukin badan.Apalagi buat Asi.Belom lagi mandiin baby.Sayangnya saya masih harus manasin air di kompor kalo mau mandi atau mandiin anak harus nyalain kompor dulu.

    Tapi karna udah tau manfaatnya,bolehlah nanti di rayu suami biyar mau membelikan water heater ARISTON.

    Terimakasih infonya mbak.
    Semoga beruntung,berharap dapat hadian nomor 1.😊

    Reply
  204. Dita Rooswinda

    Assalamualaikum mbak,
    Terima kasih infonya, wah baru tahu ternyata mandi air hangat banyak gunanya juga. Kayanya perlu punya alat ini nih kalau punya baby lagi secara ngangkat panci air panas ke kamar mandi itu bikin deg-degan.
    Btw saya mau hadiah nomor 1 ya mbak.
    Semoga rejekinya makin lancar.
    Aamiin.

    Reply
    • Fanni

      MasyaAllah Tabarakallah mba…
      Thanks atas infonya mba. Saya termasuk mak2 bangun subuh langsung panasin air buat mandi anak2…abis baca ini jd pengen nyodorin katalognya sm paksu. Pengen punya satu..semoga dimudahkan.. Aamiin…
      Kalo rejeki saya mau hadiah no. 2 mba… 🙂
      Jazakillah mba…

      Reply
  205. TIARA HAFSAH CHRISTIANTO

    MashaAllah bermanfaat sekali tulisan ini. Jadi punya referensi detail tentang mesin air hangat, dari dulu kepengen pasang tapi susah betul nyari yang detail dan gak membosankan untuk dibaca. Disini juga saya jadi tahu beberapa manfaat lain air hangat. Emang mandi air hangat tuh sebuah relaksasi sederhana yang luar biasa. Saya aja kalo pulang kerja loyo banget kaya zombie, begitu mandi air hangat langsung seger tenan kaya baru liburan, hahaha.

    Btw saya mau hadiah nomor 1 mbak.
    Semoga sukses dan sehat selalu ya. 💖

    Reply
  206. Dyah Setiastuti

    Masya Allah terimakasih mbak atas ilmunya,banyak hal yang baru saya tau ternyata. Semoga berkah ya tulisannya karena kebermanfaatannya. Btw saya mau hadiah no.1 ya mbak. Terimakasih mbak sebelumnya.

    Reply
  207. Shandy deigratia z

    MasyaAllah.. Manfaat air hangat ternyata bagus juga yaa.
    Selama ini selalu pake air dingin. Kecuali suhu udara emang lagi dingin banget. Makasi y mba sharing nya.

    Btw, aku udh follow ig nya. Pengen ikutan GA ny y mba. Lagi perlu alat yang nomer 2, tapi perlu skincare juga buat nyenengin pak suami. Hehe

    Yang mana aja deh, kalau sudah rejeki nya insyaAllah diberikan yang terbaik. Bahkan kalaupun belum dapat itu juga pasti yang terbaik..

    Jazaakillah mba.

    Reply
  208. Luluul Maknunah

    Masya Allah, sangat bermanfaat sekali mbak Ajeng. By the way saya mau ikut giveaway nya yaa. Saya pilih no 1 mbak. Pengin banget ngerasain punya wajah yang agak kinclong supaya suami saya pangling dan tambah cinta tentunya, hehe. Mudah2an saya beruntung, amiin…

    Reply
  209. Etik yulianasari

    thanks mba Ajeng,info nya,,,

    Sangat bermanfaat,
    Mudah dipahami,,

    Btw saya mau hadiah no 3

    Reply
  210. Fb: Siti Salamah

    Informasinya sangat bermanfaat. Saya mau nabung dulu ah buat beli water Heater ini. Saya ingin giveaway nomor 1 biar wajah kinclong untuk menjaga pandangan suamiku.

    Reply
  211. Asma

    Salam kenal mba,Ajeng,,infonya sangat Bagus mba,,dirumah tiap pagi harus rebus air buat mandinya anak2,soalnya sama neneknya sdah kebiasaan dimandiin air hangat,kalo ada water heater pastinya lebih simpel😊,,btw sy mw ikutan jg mba biar dapat giveaway nya😁,,ay mau no.2 ato 3 mba😊

    Reply
  212. Rhizkaa adlya

    Hy mba ajeng 😍 Emang bener mandiin dede pake air hangat itu rempong bgt, tapi klu dedenya bapil atau demam cepat bgt juga redanya .. dan mandi air hangat buat maknya jg bener buat rileks apalagi cmpur pangir dan pandan .. Masha allah bener² buat rileks 🤩 mba cantik, saya mau hadiah no 1 .. semoga rezeki saya 😊

    Reply
  213. Arta corner

    Thank you sharing nya mba.. jadi pengen punya juga nih, biar suami pas pulang kerja bisa langsung mandi air hangat tanpa harus nunggu dimasakin dulu, karna pulang nya gak mesti jam nya, kadang ngabarin kadang tiba-tiba udah pulang aja..
    Buat me time juga enak banget kayaknya ya..

    Oh iya btw mau dong hadiah yg nomor 2 mba, sering denger mesin-mesin aroma terapi gitu tapi belum pernah coba hehe..

    Reply
  214. Kurniawati

    Waaah mantap nih bun materinya plus manfaatnya,, semoga bisa lebih merealisasikan setiap hari. Aaamiiin,,, pengen no. 1.

    Reply
  215. Alan Zakiya Permana wati

    Wah baru tahu kalo suhu mandi anak bayi 36-37 derajat, kayaknya aku makeknya kepanasan deh… Duhh….
    Bener banget mbak pakek water heater praktis banget. Aku pribadi juga pakai water heater yang gas. Cepet dan g repot. Aku dari hamil selalu mandi air hangat. Pernah sekali waktu gasnya abis belum diganti. Ya Allah kerasa banget reportnya ngrebus. Hihihi bersyukur banget punya water heater di rumah. Meskipun dulu di awal sempet bingung kegunaannya. Alhamdulillah sekarang kerasa banget .
    Ini aku d rumah ortu. Semoga kalo punya rumah sendiri bisa juga beli yang merek Ariston ini. Mengingat kelebihannya banyak banget.
    Aku mau hadiah nomer 3 mbak say…

    Reply
  216. soehi purwa

    terimakasih ilmunya mb.. suka dgn blog mb ajeng. nambah wawasan aq.. lope2 deh.. bwt mudah2an rejeki dpt hadiah no 1 mb say…

    Reply
  217. Suci Fitriyani (FB. Shasha Aika)

    Makasih infonya mbak Ajeng .. bermanfaat bangetz..
    Semoga dilancarkan rezekinya bisa bli pemanas air hangat kayak Ariston ini..
    Kebetulan saya juga lagi hamil . Jadi info ini ngebantu bangetz bwt merilekskan otot dan juga pinggang.. walaupun. Harus ribet masak air dulu, tapi setidaknya saya sudah tw manfaat dari air hangat itu sendiri..
    Semoga rezeki . Saya pilih no. 3 hadiahnya mbak Ajeng.

    Reply
  218. Aqoeina qoeina

    Waktu bayi masih under 2mo emang slalu dimandiin pke air hangat, tp sejak kena dermatitis atopic mulai mandi pke air biasa kecuali klo pas lg dingin bgt cuacanya. Emang memandikan bayi serempomg ituuuh mbaa. Suami yg suka bgt mandi pke air hangat. Klo pas momen nginep d hotel berasa bahagia bgt dia nya. Bisa bolak balik mandi n dgn durasi yg luamaaa. Katanya sih menenangkan n rasa dipijit gtu katanya klo mandi pke air hangat. Mungkin hrus direkomendasiin nih ma suami produk ariston ini, biar dipasangin drumah n dia bisa menenangkan diri setiap waktu… Btw, mau paket 1 nya dong mba…pengen nyobain pke skincare, sapa tau bisa lbh cetar d depan suami😄😄

    Reply
  219. SITI CHALIMAH

    Bagus banget mbak share ilmunya, semoga berkah buat semua,aamiin
    mbak saya mau lho hadiahnya no 2
    Terima kasih

    Reply
  220. Siti Nur Baeti

    Terimakasih mba buat infonya, sangat bermanfaat jadi ingin pasang water heater soalnya saya orangnya alergi dingin jadi tiap mandi pake air anget terus. Kalo pake air dingin otomatis bersin tanpa henti, sampe2 kalo habis mandi masih sama kaya bayi harus pake minyak kayu putih dulu.
    Oh iya, saya mau give away yang no 2 ya mba. Terimakasih

    Reply
  221. Indah Pamungkas

    Makasih banyak mba ajeng infonya. Pastinya sangat bermanfaat.
    Cos anak q juga bermasalah klo mandi air dingin bersin2 lama banget.
    Smoga selalu memberi informasi yg baik dan pastinya bermanfaat buat para emak2.
    Untuk giveaway nya Bismillah aku mau yang no 1 secara aku juga pake biokos, ini tinggal dikit 😅

    Reply
  222. Ariezta Median Oktavia

    Masyaa Allah tabarakallah… Menginformasi sekali untuk emak-emak kudet macam saya.
    Terima kasih mbak ajeng. Harus nabung nih buat beli beginian, karna memang punya bayi dan saya sendiri alergi dingin. Hihi
    Ribet memang tiap mau mandi 3 orang di rumah harus masak air bergantian.
    Semoga ada rejeki, saya mau hadiah nomer 1.

    Reply
  223. Rekarey

    Infonya bagus banget mba… InsyaAllah bermanfaat sekali
    Untuk giveaway, Bismillah Saya tertarik yang no 2

    Salam kenal, dan sukses selalu mba… 💗💝

    Reply
  224. Kartika mutiara

    Burung Pipit
    Burung merpati
    Assalamualaikum mbak cantik
    Yang ada disini😊😁
    sebelumnya terimakasih mbak atas supportnya pada kami kaum hawa, sebenarnya saya peduli tentang yang namanya kecantikan tapi apa daya suami hanya pekerja ojek online dan sehari hanya cukup untuk makan saya terkesan sekali atas tulisan mbak mengenai skincare karena sebenernya kecantikan yang hakiki adalah dari dalam hati yang terpancar lewat aura, semoga dengan adanya pengetahuan demi pengetahuan menjadikan kaum hawa lebih menjadikan diri Mereka sebagai pribadi yang dapat di sayangi keluarga dan yang terpenting suami, lewat tulisan mbak ini saya sekarang menyisikan uang sedikit demi sedikit untuk membeli skincare dan semoga saja ada keajaiban untuk mendapatkan skincare gratis dari mbak 😂 nomer 1 ya mbak
    Terima kasih dan wa’alaikumsalam🙏
    Salam kenal dari Bandung

    Reply
  225. Yuli Sriwahyu Ningsih

    Assalamu’alaikum…mksh ya mbak atas infonya. Bermanfaat bgt. Tp dr dulu saya emang suka bgt mandi air hangat. Apalagi dulu waktu lg hamil gede, klo pulang kerja mandinya pake air hangat. Lmyn buat ngurangin pegel2.

    Reply
  226. Nanda syahfitri

    Benar sekali kak, air hangat bagus kali untuk kesehatan. Dan yang nggak mau repot cocok kali punya alat yang kakak jabarkan di atas. Mudah-mudahan rezeki saya ya kak, saya mau hadiah nomor 2. Terimakasih sebelumnya kak, makin sukses dan membawa berkah,Aamiin..

    Reply
  227. Margareth Simardjo

    Thank you sharingnya, Mba Ajeng…. Menambah wawasan tentang nikmatnya dan manfaat mandi air hangat selepas kesibukan yang padat. Setelah mandi air hangat, lalu merawat diri. Semoga dapat hadiah no 1 untuk merawat diri selepas me time dengan air hangat.

    Nama fb : Margareth Simardjo

    Thank you!

    Reply
  228. Ihwana As'ad

    Makasih infonya mba Ajeng semoga mendapat pahala dari Allah swt
    Saya mau no 2, makasih mba

    Reply
    • Sinta umi haris

      Assalamu’alaikum, mba ajeng.
      Saya baru tau kalau air hangat bagus untuk ASI, kbetulan sy lagi ngAsi bayi sy، insyaa allah mau full, cuma kadang kurang deres. Enak ya kalau punya Ariston. Smoga ada rizkinya buat beli.
      Oya saya mau hadiah no 1. Trimakasih

      Reply
  229. dewi mulyani

    semenjak punya penyakit bronkitis, saya paling ngga bisa mandi pagi pakai air dingin. kalau pagi mandi pakai air dingin badan langsung menggigil. jadi ya kudu masak air dulu, atau mandinya diatas jam 9…
    semoga…semoga….ada rezeki buat beli pemanas airnya.
    oiya mba, saya mau give away paket 2 ya..
    udah punya sih yang tradisional, yang masih pakai lilin. tapi pengen yang mesin, biar ngga ada asap sisa pembakaran, sehingga lebih aman untuk paru paru saya.

    semoga mbak nya sehat selalu dan makin sukses….

    Reply
  230. Yosi Dinata

    Trims sharing infonya mba ajeng,insyaa allaah bermanfaat. Apalagi 3 anakku yg masih kecil2,kalo pagi,wajib mandinya pake air panas. Mudah2an nanti ada rejekinya buat beli water heater ini,maklum mesti repot tiap pagi rebus air buat mandi.
    Btw,mau yg no.3 mba, mudah2an rejekinya debay,pas 1 tahun umurnya skrg. Hee. Trims mba

    Reply
  231. Dhiyyan Rifiya

    Tulisan yang tjakeeeepp dgn bahasa yg ngalir dan enak dibaca 😍
    Dompet saya terguncang membaca tulisan ini, hihii. Iya bangettt, mandiin bayi dgn rebus air di kompor emang serempong itu 😂 asique lah dapat bacaan nambah info gini.
    Utk GA, wish #1 saya skinker 🥰 paket sehat dan produk bayi pun okee krn msh pny bayi (siapa bilang busui kudu kucel??)

    Sukses sll yaa utk mbak ajeng dan keluarga 💚

    Reply
  232. Laila Zahara

    makasih bunda ajeng informasinya, saya salah satu penyuka mandi air hangat. anak-anak juga suka. biasanya kalau lagi ga enak badan, atau rewel sangat menjelang tidur malam, anak-anak selalu saya mandikan air hangat. Alhamdulillah agak terbantukan dengan mandi air hangat.

    untuk hadiahnya, saya mau yang nomor 1 ya bunda ajeng. semoga rezeki saya. aamiin. dari kemaren sudah bilang sama pak suami pengen sekali beli skincare, karena belum pernah.😁tapi pak suami bilang sabar dulu, 😁 semoga dengan give away ini menjadi pembuka rezeki saya. aamiin

    Reply
  233. Yayah R

    Kalau habis pergi dan malam baru sampai rumah, pasti aku mandi pakai air hangat. Apalagi di musim hujan gini. Jadi penting banget kayaknya nih punya water heater di rumah. Dan sepertinya Ariston bisa jadi pilihan yang pas yak… tinggal ngerayu suami minta dibeliin 😀

    Reply
  234. Fielmaa Redniee Rednivd

    Info yang bermanfaat sekali Mbak. Apalagi masalah pemanas air, menggoda sekali untuk dimiliki secara anakku dua orang. Setiap pagi kudu dimandiin air hangat. Rempong banget nyiapinnya…haha.

    Btw, aku mau hadiah nomor 3 Mbak, buat anak-anak sholehku

    Reply
  235. Alif Rahma

    Makasih sharingnya, Mba. Semoga sekeluarga sehat selalu.
    Saya jadi auto googling soal Ariston, mengingat mertua di Malang pasti mandi air hangat setiap sore. Udara di Malang dingin, airnya macam air es apalagi mulai masuk musim hujan begini. Hehe..

    Btw, untuk hadiahnya, pengen yang untuk anak-anak sholehaku saja. Yang kakak umur 3 tahun, yang adek umur 5 bulan. Semoga rejeki anak-anak cantikku.
    Kalau urusan perawatan kulit mamak, biar ayahnya anak-anakku saja yang atur. Whahaha 😂
    Terima kasih Mba Ajeng 😍

    Fb: Alif Rahma
    Ig: FemoSandy

    Reply
  236. Maryam Az-zahra

    Makasih banyak mba ajeng, infonya sqngat bermanfaat banget.
    Saya juga termasuk yg gak bisa tidur kalo belom mandi, dan paling suka juga mandi pakai air anget. Mandiin 3 balita juga masih sering pake air anget. Tapi ya itu masih pemakai kompor buat ngerebus air, hhee. Keknya next klo udah punya rumah sendiri deh bakalan jadi wishlist, soalnya masih numpang dan daya listrik di rumah juga sangat kecil. Bismillah semoga Allah mudahkan.
    Oiya, untuk hadiah giveawaynya mau no 2 atau no 3. Pengen semua, hhee.. 😁

    Reply
    • Ihda irania

      Makasih Mba infonya…
      Sebenarnya saya termasuk yang kurang suka mandi air hangat,
      Dingin menurutku seger.. tapi ternyata mandi air hangat itu banyak manfaatnya.. mau dicoba deh sesekali

      Mba untuk giveaway nya mau no 1 ya.. pingin cantik buat suami
      .

      Reply
  237. Sita Pramudya

    Wah, baca tulisan inj jadi pengen punya Arista. Kayanya enak kalau mandi malem.sebelum bobo ga perlu rebus air lagi. Tulisanmu meracuniku mbak..😂😂
    Hadiahnya juga racun, pengen yang no 1 ya. Thx Mba!

    Reply
  238. Yossy Nensy

    Mandi air hangat ditambahkan garam krosok bisa ngilangin pegal pegal juga lho.
    Blog nya banyak info info yang bermamfaat mba Ajeng.
    Nice blog, keep on sharing
    By the way saya mau give away no. 1 yah
    Thank u so much in advance.

    Reply
  239. Ida khomsaturrohmah

    Info yang menarik…aku lebih suka mandi air dingin sih sebenarnya, apalagi dengan cuaca seperti sekarang.Tapi setelah baca info diatas jadi kepengen punya satu buat di rumah.
    Mau hadiahnya yang yang nomor 1 ya Mbak..

    Reply
  240. Nur Khayati

    Alhamdulillah nambah ilmu lg. Jd mengurungkan niatan untuk memandikan anak dengan air dingin. Awalnya saya mau membiasakan si bayi mandi air dingin mb. Tp setelah baca tulisan mb saya mengurungkan niatan saya. Saya jadi paham manfaat air hangat dan bahaya nya air dingin bagi bayi. Saya pengen paket bayi no 3 mb.

    Reply
  241. Yennesy Damayanti

    Terimakasih infonya mbak sayang. Ilmunya sangat bermanfaat buat ibu dgn bayi seperti saya. Saya selama ini memandikan anak dengan air hangat yang dimasak dengan kompor.
    Semoga kelak bisa memiliki si alat ajaib ini juga 😁
    Dijamin tugas mommy makin ringan, apa lagi habis itu ikutan mandi air hangat.

    Reply
  242. Aniwati Sirait

    Wah, baru tau manfaat air hangat kayak gini. Makasih infonya ya mbak Ajeng. Kebetulan aku punya bayi kecil. Ribet masaj air terus. By the way, moga rezeki. Aku mau giveaway yang no 2 donk.

    Reply
  243. Yully ira

    Seneng banget kalau punya penghangat air kayak gini,bakal lebih hemat waktu & pengeluaran nih 😍 secara emak” beranak dua yang termasuk tim rebus air setiap mandikan anak” 😁
    Semoga ada rezekinya biar bisa punya penghangat air keren kayak gini aamiin..😇

    Reply
  244. Mulya Be Patient

    Wahhh, baru tau, dan sangat bermanfaat, di desa ku terkenal dengan cuaca yang dingin, cocok dan pas, kalau beli pemanas air ini , cuma, iya … belum ada rezeqi untuk beli. Doakan semoga aku bisa beli nih. Untuk Mba Ajeng, semoga selalu diberi rezeqi dan kesehatan. Oh iya, aku mau hadiah nomer 1, hihihi. Semoga dapet. Aamiin.

    Reply
  245. Analisa

    Terimakasih mba, infonya sangat bermaanfaat. Oh iya saya mau hadiah nomor 1 yaa…

    Reply
  246. Zarina Alisa

    Waah… pasti praktis banget ini kalau punya pemanas. Ga usah bolak-balik masak air buat mandi. Secara gitu ya, tinggal di bandung tapi deket gunung kalau mandi harus pake air hangat ga kuat kalau pake air dingin, seperti air es. Hehehe… oh iya saya mau hadiah no 1 mba. Terimakasih

    Reply
  247. Nita Ana Febriyani

    Wah, makasih banget loh mbak infonya. Menarik banget terutama untuk saya yang punya bayi. Apalagi daerah saya termasuk dingin airnya. Semoga suatu saat ada rejeki untuk beli. 😊
    Semoga menang dan bisa semakin tampil paripurna untuk pak suami. Mau hadiahnya yang no. 1. 💜❤💛

    Reply
  248. Nu Ro

    Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui.
    Sekali baca satu judul, tiga tulisan sudah dihabisi (red: selesai dibaca).
    Masyaallah, jazakillahu khoiron katsiiron Mbak Ajeng, atas ilmu bermanfaat nya, ndaging bangeeet.
    Saya mau hadiah nomer 2 ya, Mbak 😊.
    Semoga barokah Allah selalu menyertai Mbak Ajeng dan keluarga, aamiin.

    Reply
  249. Linda fatimah

    Hai mba ajeng, salam kenal. Aku baru pertama kali baca tulisan mba Ajeng, jujur lgsg ngena di hati, aku jd makin semangat jalani seharianku sbg IRT, ibu2 kaya aku tuh butuh bgt tulisan2 yg bikin semangat ky tulisan mba Ajeng ini,, Terimakasih mba, semoga keluarga sehat selalu, dan mba Ajeng makin giat menulis biar aku gak galau lagi 😁. Kalo boleh ikut give away, aku mau pilih hadiah skincare mba, biar makin cantik dan gak harus jd beban buat suami 😊. Bismillah, semoga di pilih jd pemenang. Aamiin
    Fb : Linda
    Ig : @linda08034

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archives

Categories