MANFAAT MANDI AIR HANGAT YANG BELUM PERNAH DIKETAHUI

Fakta-fakta tentang mesin pemanas air dan mandi air hangat di bawah ini bakal bikin teman-teman kaget. Percayalah.

– Madam A –

Masih teringat jelas dalam memori tentang pengalaman mudik lebaran yang lalu. Saya yang awalnya tidak berniat pulang ke Jogja mendadak ambil keputusan untuk pulang. Ketetapan tersebut diambil pada detik-detik terakhir Ramadhan yang mana tiket kereta sudah habis.  

Kami sok-sokan mengecek harga tiket pesawat dan hampir pingsan dengan sukses melihat harganya. Masya Allah, cuma dari ibukota ke kota gudeg saja masak iya harganya setara motor bebek? Setelah istikharah, kami pun nekat memilih naik bus malam. Mau bagaimana lagi, hanya itu transportasi umum yang tersisa.

Pengalaman naik bus malam dari Jakarta ke Jogja pada akhir bulan Ramadhan pernah saya tulis di sini. Intinya, selama 14 jam perjalanan itu saya merasa tulang-tulang sudah mulai mreteli, kaki teol,  dan hati keki, pokoknya lelaaahhh sekali. Mana saya sedang dapet dan masih harus menyusui. Lengkap sudah penderitaan ini. 

Beruntung saya dikasih kesempatan untuk turun di pinggir jalan dekat rumah oleh supirnya. Alhamdulillah juga langsung dijemput oleh orang tua. Anak-anak yang sepertinya baik-baik saja naik bus tampak sangat bahagia. Baru juga turun, mereka langsung menghambur ke arah aki dan eninnya untuk melepas rindu.

Saya menghela nafas lega setelah bisa lepas sejenak dari mereka.Saya pun mengecek kondisi saya sendiri. Tangan kanan sudah kaku karena semalaman memangku si bungsu. Punggung? Jangan ditanya, masih bisa jalan saja alhamdulillah. Ketika sampai rumah dan bisa rebahan di atas kasur empuk yang rapi, bersih, dan wangi saya merasa sangat terharu. Sungguh, kasur tidak pernah terasa senikmat ini.

But wait, hold on for a second.

Adakah yang seperti saya? Istirahat tidak akan paripurna kalau belum mandi, belum bersih?

Iya loh, saya tuh tipe yang enggak betah tidur kalau badan masih lengket, bau, dan mulut enggak nyaman. Bisa sih tidur, tapi ya sambil garuk-garuk. Enggak nyaman, enggak segar.

Nah, kemarin itu saya sempat mager buat sekedar ngesot ke kamar mandi. Entah kenapa rasanya Jogja jadi dingin banget. Apalagi saat malam hari saya sempat menggigil juga di dalam bus. Kepengen banget mandi, tapi kok sulit ya membayangkan diri ini disiram air dingin?

*Padahal aslinya mah emang males*

Mungkin karena efek jetlag atau lelah yang  sangat, saya lupa kalau saya berada di rumah Jogja. Di sini mama dan papa sudah menyediakan mesin pemanas air di salah satu kamar mandi, lengkap dengan showernya. Masya Allah, sungguh terpujilah wahai engkau papa dan mama.

Akhirnya, dengan semangat 45 saya langsung bongkar koper dan mengambil handuk serta baju ganti. Mumpung anak-anak sedang sama enin dan aki-nya, boleh deh saya menikmati me time sebentar. 

Saat  siraman hangat shower pertama menghantam wajah, saya merasa seperti habis dapet berkah. Bahagia sekali. Otot-otot di tengkuk dan punggung yang sebelumnya tegang jadi lemes lagi. Pegal-pegal di sekujur tubuh juga berkurang.

Teman-teman pasti setuju, mandi air hangat setelah melewati hari yang melelahkan itu rasanya seperti obat. Apalagi kalau showernya kencang sehingga bikin mata merem melek keenakan. Percayalah, begitu acara bebersih di kamar mandi selesai, volume tenaga yang sebelumnya sudah mendekati titik nadir kembali naik mendekati full.

Itulah, saya tak pernah menyangka kalau mandi air hangat ternyata semujarab itu.

MENGENAL MESIN PEMANAS AIR ARISTON

Saya sebetulnya sudah tahu bahwa di dunia ada sebuah penemuan yang bermanfaat bagi umat manusia bernama water heater alias mesin pemanas air. Sebuah mesin yang bisa memanaskan air secara otomotis dan mengalirkannya ke pipa-pipa kamar mandi dengan tenaga listik, surya, maupun gas. Saya sering menikmati manfaat mesin ini tapi belum pernah betul-betul ngeh dengan produknya. 

Nah, baru hari Minggu tanggal 29 September 2019 kemarin saya melihat langsung mesin pemanas air tuh bentuknya seperti apa. Saat itu saya dan keluarga menghadiri acara Baby Bash Kids Milestone yang diadakan oleh TheAsianParents Indonesia beserta sponsor di hotel The 101 Suryakencana Bogor.

Acara ini dihadiri banyak sekali keluarga, terutama para millenial moms and dads. Wajar sih, setidaknya ada 7 mini seminar yang akan running dalam satu hari. Mini seminar ini sangat keren karena pembicaranya adalah para expert di bidang masing-masing, seperti dokter dan psikolog. Kebayang dong, informasi yang akan didapatkan dari acara ini sedaging apa?

Saya sendiri duduk manis dan fokus banget memperhatikan sharing session dari Ariston yang mengangkat tema “Get Your Day Easier with Ariston”. Sesi ini terdiri dari tiga pembicara elegan yakni; dr. Srie Prihianti Gondokaryano, SpKK, PHD, FINSDV, FAADV (dokter spesialis kulit), mbak @dwihandaanda (mom influencer), dan terakhir mbak Nina Fidyastuti selaku brand marketing Ariston Thermo Indonesia. 


Dari kiri ke kanan, dr. Srie Prihianti Gondokaryano, SpKK, PHD, FINSDV, FAADV, @dwihandaanda (mom influencer), mbak Nina Fidyastuti (brand marketing Ariston Thermo Indonesia.)

Dari pemaparan dr. Srie, saya jadi tahu kalau jaman sekarang bayi yang baru saja dilahirkan tidak langsung dimandikan. Jadi perlu ditunggu hingga 2-4 jam dulu sambil dilakukan pengecekan semua tanda vital. Apabila tanda-tanda vital normal, baru deh boleh dimandikan.

Memandikan bayi pun ternyata ada rulesnya, enggak boleh asal. Kita harus betul-betul memperhatikan suhu, volume, dan jangka waktu. Menurut dr. Srie suhu air terbaik adalah sekitar 36-37 derajat celcius, sesuai suhu tubuh. Kemudian, usahakan agar seluruh tubuh bayi terendam sehingga dapat membantu pengaturan suhu dan mengurangi evaporasi.

Mandi air hangat untuk bayi ini penting, sekali lagi, fokus ke bagian air hangatnya ya. Kenapa? Alasannya jelas, supaya terhindar dari hiportemia. Bagaimana pun, kemampuan bayi untuk meregulasi suhu tubuhnya sendiri belum maksimal.

Catatan lain yang saya dapat dari dokter cantik ini adalah tentang penggunaan pembersih saat mandi. Sebaiknya bayi tidak menggunakan sabun yang mengandung banyak busa. Saya langsung cengengesan karena ingat jaman dulu justru sering banget mencari sabun yang gosok dikit busanya langsung tumpah-tumpah. Hayo siapa yang suka begitu juga? Jangan-jangan cuma saya aja? Huhuhu.

“Tolong diingat ya moms dan dads semua, kemampuan membentuk busa tidak ada korelasinya dengan daya membersihkan. Sebaliknya, semakin banyak busa terbentuk, kemungkinan terkena penyakit kulit justru semakin besar.” terang beliau. Duh, jadi makin merasa bersalah.

Enggak apa-apalah, namanya juga waktu itu enggak tahu kan? Alhamdulillah sekarang sudah tahu. Hilang sudah rasa kepo saya yang suka heran dengan produk sabun bayi minim busa yang harganya selangit itu.

Pengalaman @dwihandaanda Tentang Mandi Air Hangat

Cerita selanjutnya datang dari mbak Dwi. Mom influencer yang punya sejuta follower ini berbagi cerita kesibukannya sebagai ibu baru dari seorang putri bernama Freya. 

Source : Instagram @dwihandaanda

“Jadi sebelum suami beliin aku water heater, aku tuh mesti masak air dulu di kompor setiap mau mandiin Freya.” tuturnya.

“Terus, aku tuh orangnya pelupa. Aku suka lupa menutup bath up aku, jadi kadang-kadang air yang udah aku masak dan masukin ke dalam bath up kosong lagi,” keluhnya dengan wajah lucu.

Saya #autongakak. Jebul para influencer yang fotonya cantik-cantik di Instagram itu juga merasakan repotnya mandiin anak. Kirain cuma saya doang yang harus mengalami drama mandi every single time.

Mandiin bayi tuh persiapannya enggak sesimpel itu. Pertama, kita wajib nyiapin bak mandi, kedua ngambil panci, ketiga ngisi air ke dalam panci, keempat nyalain kompor, kelima ngerebus, keenam nenangin anak-anak yang tantrum karena kok enggak mateng-mateng air mandinya, ketujuh mindahin air panas ke ember padahal jarak antara dapur dan kamar mandi lumayan. Selesai dengan itu semua, baru deh prosesi mandi dimulai.

Iya, serempong itu proses mandiin anak pakai air hangat dengan cara manual. Emang serempong ituuhh! (Wajib diulang dan ditebalkan karena ini adalah kode) Tapi biarpun begitu, segini aja saya masih bersyukur. Setidaknya enggak kayak orang-orang di kampung yang mesti nyari kayu bakar dulu buat nyalain kompor. Huufftthh.

“Masa-masa paling stress yang pernah aku rasain adalah saat Freya masih bayi banget. Saat itu me time buatku adalah mandi, dan paling enak emang mandi air hangat karena bisa bikin badan aku relax, nyaman,” lanjut mbak Dwi sambil mengenang masa-masa sulitnya.

Saya ngangguk-ngangguk. Setuju banget. Buat para new mom sekedar mandi tanpa diganggu anak aja udah berasa surga dunia. Mandi memang bisa menjadi momen jeda mengumpulkan tenaga sebelum kembali menghadapi anak-anak yang energinya luar biasa.

“Oh iya, aku juga mau berbagi tips. Jadi aku dulu waktu hamil tuh pinggang dan punggungnya sering sakit, sama dokter disuruh mandi air hangat. Kemudian saat ASI macet juga, disarankan memijat payudara sambil diguyur air hangat. Jadi emang, keberadaan air hangat tuh penting banget untuk kesehatan tubuh dan kenyamanan.” pungkasnya.

kata @dwihandaanda tentang mandi air hangat

Sejarah Singkat Mesin Pemanas Air Ariston

Nah, puas dengan ilmu dari dr. Srie dan curcolannya mbak Dwi, kami pun menyimak sharing terakhir dari mbak Nina tidak kalah seru . Jadi, ternyata Ariston tuh sudah ada sejak dari 85 tahun yang lalu. Masuk ke Indonesia sendiri hampir 30 tahun. Selama itu, Ariston telah menguasai hampir 80% market water heater atau mesin pemanas air di sini.  Berarti kalau dihitung-hitung, 8 dari 10 orang yang membeli water heater memilih Ariston. 

pemanas air ariston

Menurut saya pribadi, wajar kalau Ariston memimpin di pasar. Bagaimanapun juga Ariston merupakan brand water heater dengan rangkaian produk paling lengkap di Indonesia, mulai dari pemanas air listrik, gas, solar, hingga heatpump. Lengkap, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan rumah tangga masing-masing. Enggak heran kalau brand Ariston jadi nomor satu di Indonesia. 

Salah satu bukti kenapa customer tidak perlu ragu lagi dengan  kualitas produk Ariston adalah keterlibatan brand ini dalam menyediakan pemanas air di Pulau Disko, Greenland, sebuah lokasi dengan suhu berkisar antara -19 hingga -40 derajat celsius. Tantangan yang berasal dari University of Copenhagen ini diniatkan untuk membantu para peneliti yang sedang mempelajari climate change. Dibutuhkan persiapan selama 18 bulan sebelum produk Ariston berhasil dipasang dan bekerja dengan baik di dalam tempat tinggal peneliti. Kegiatan yang diberi nama Comfort Challenge ini membuktikan bahwa Ariston mampu memberikan kenyamanan di tempat paling ekstrem sekalipun.

Asli, mendengarkan pemaparan Mbak Nina ini saya dan teman-teman sampai geleng-geleng kepala saking takjubnya. 

KENAPA HARUS MEMILIH ARISTON UNTUK PEMANAS AIR DI RUMAH ?

Ada beberapa alasan yang mau saya jembrengin untuk menjawab pertanyaan ini. 

  1. Masalah durability atau ketahanan produk. Produk Ariston terbukti anti karat karena tangkinya berlapis titanium enamel. Selain itu juga anti bocor dengan flange dan gasket yang kuat. Heating element juga bahannya terbaik sehingga fleksibel, tahan lama, dan tahan karat. 
  2. Masalah safety atau keamanan. Ini penting sekali, karena masalah keamanan sering menjadi kekhawatiran orang-orang yang memasang pemanas air di rumah. Tenang, Ariston memiliki teknologi untuk mencegah bahaya arus bocor dengan ELCB. Produk Ariston juga dilengkapi safety valve yang mencegah kebocoran akibat tekanan tinggi maupun tangki kosong. 
  3. Masalah comfort atau kenyamanan. Ariston mengklaim kalau produk mereka sangat efisien dalam penggunaan energy karena memiliki thermostat yang akurat dan terkontrol. Air cepat panas. Insulasi tebal menjaga suhu air tidak cepat turun serta tampilan dan penggunaan yang mudah. 

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Pemanas Air

Nah, mbak Nina memberikan tips dan trik yang bisa kita pikirkan sebelum membeli mesin pemanas air agar mesin tersebut dapat menghasilkan kenyamanan maksimal untuk keluarga. 

  1. Pastikan jumlah orang yang akan menikmati air panas ini di rumah. Kalau cuma 1 orang bisa beli yang 10 L saja, kalau berdua 15L cukup, kalau lebih mungkin bisa dipikirkan untuk membeli ukuran 30-50L. 
  2. Pastikan kapasitas daya listrik di rumah. Teman-teman, seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, produk Ariston memiliki jenis yang dayanya hanya 200 watt saja, menurut saya itu cukup pas untuk keluarga kecil yang kebutuhan listriknya tidak banyak. 
  3. Pipa Instalasi. Ada dua jenis pipa yang dibutuhkan, pipa air panas dan pipa air dingin. Pastikan dulu instalasi pipa di rumah karena ini akan berpengaruh pada peletakan mesin pemanas air. 

MESIN PEMANAS AIR, KEBUTUHAN ATAU KEINGINAN? 

Jawabannya relatif.

Dulu sih memang yang namanya mesin pemanas air adalah sebuah barang mewah. Hanya orang-orang dengan ekonomi menengah ke atas yang dapat memilikinya. Maklum, dari segi harga dan maintenance modalnya enggak sedikit. 

Tapi jaman makin berkembang dan produk-produk semakin berinovasi. Brand-brand kelas dunia berusaha untuk mengeluarkan produk yang bisa digunakan semua kalangan. Ariston contohnya, ada yang bentuknya kecil dan ramping agar hemat tempat, ada yang wattnya kecil, ada yang ukuran airnya kecil juga. Inovasi semacam ini membuka pintu orang-orang menengah ke bawah meraih kesempatan memiliki yang sama #tsaah.

Tapi saya sendiri sebagai seorang ibu dengan tiga anak makin kesini makin merasa kalau mesin pemanas adalah kebutuhan. Anak saya yang SD berangkat bareng ayahnya jam 6 pagi, sepulang sholat subuh dari masjid mereka bergantian mandi. Tak jarang ketika udara betul-betul dingin, saya memasakkan air buatnya, dan juga buat kedua adiknya. 

Padahal di waktu yang bersamaan saya masih harus menyiapkan makanan, dan bekal untuk keduanya. Enggak heran kalau baru jam setengah tujuh pagi saja saya udah keliatan kayak zombie. Gimana lagi, saya harus bangun lebih dulu dibanding mereka. Orang lain jam segitu udah cantik dan wangi, saya bau bawang dan keringetan. Huhuhu. 

Bisa sih transformasi jadi ibunda ratu rumah tangga yang harum mewangi cantik sepanjang hari, tapi yaitu, harus nunggu mandi dulu.

https://www.instagram.com/p/B3GyShfAF80/
Cakep banget kan transformasinyaaa

Kepengen juga ikutan mandi air hangat kayak anak-anak, tapi mikir keribetan masak memasaknya itu jadi ogah-ogahan. Ujung-ujungnya ya gebyur pake air dingin seada-ada dalam waktu sesingkat-singkatnya sebelum anak-anak jadi ribut kayak anak ayam kehilangan induknya. Ya Lord, untuk urusan mandi gini aja panjang amat yak dramanya?

Oh iya, ada satu notes tambahan mengenai perbandingan biaya yang dikeluarkan antara merebus air manual dan memakai mesin pemanas air. 

pemanas air ariston

Gambar di atas merupakan hasil survei yang sengaja dilakukan pada tahun 2017, bekerja sama dengan Nielsen tentang perilaku konsumen Indonesia terhadap penggunaan mesin pemanas air. Hasilnya, faktor ekonomi menjadi penentu keputusan mereka untuk menggunakan water heater atau merebus air, padahal sudah diketahui bahwa merebus air itu butuh waktu dan resiko keamanan yang lumayan. Sering dengar kan ya kasus-kasus kebakaran yang penyebabnya adalah “lupa sedang masak air”?

Manfaat Memiliki Mesin Pemanas Air di Rumah

Dari semua pemaparan di atas, coba deh saya rangkum manfaat dari memiliki mesin pemanas air di rumah sendiri :

  1. Lebih mudah dibanding memasak air manual. Tinggal nyalakan dan buka keran.
  2. Hemat waktu.
  3. Biaya yang dikeluarkan lebih murah.
  4. Lebih aman.

SNEAK PEAK KATALOG MESIN PEMANAS AIR ARISTON

Kemarin saya iseng-iseng nanya sama suami, semisal kami jadi pasang water heater, kira-kira mau beli yang mana? 

Dia sih mesam-mesem saja, maklum pak suami adalah orang yang seneng banget menyerahkan segala keputusan ke istrinya. Hahaha. 

Tapi bener, saya naksir si SLIM 30 DL, desainnya minimalis, menampung 30 L yang lumayan cukuplah buat keluarga kami, dan yang pasti hemat listrik karena dayanya cuma 300watt saja. Enggak perlu khawatir bakalan jeprat-jepret kalau pemanas ini nyala berbarengan mesin cuci, pompa, setrika, dan lain-lainnya itu.

https://www.instagram.com/p/Bu8GFosg0go/
Mau yang ini biar bisa tambah mesra sama suamiiik
pemanas air ariston
Mau yang mana?

Gimana, melihat beberapa gambar dan informasi di atas sudah mulai kepikiran beli belum? Monggo loh, silahkan dibicarakan dulu dengan pasangan, semisal butuh informasi yang lebih lengkap tinggal cuss ke website resminya Ariston di ariston.com atau instagramnya @ariston.indonesia

Oh iya, untuk moms yang suka menulis, yuk ikutan blog writing competition yang diselenggarakan oleh Ariston, periodenya dari 29 September-15 Oktober 2019. Pemenang utama akan mendapatkan satu unit Ariston Slim 20 L. Jadi tunggu apa lagi?! Buruan submit tulisan kamu ke wulan@vectorgroup.co.id dengan subject “Lomba Menulis Blog Ariston”. Jangan sampai ketinggalan moms!

Dan semoga tulisan ini bisa menambah wawasan teman-teman yang galau mencari produk mesin pemanas air ya. Salam!  




295 Comments
  1. October 14, 2019
    • November 5, 2019
      • November 5, 2019
        • November 6, 2019
        • November 6, 2019
        • November 6, 2019
          • November 7, 2019
        • November 7, 2019
      • November 6, 2019
      • November 6, 2019
      • November 7, 2019
    • November 6, 2019
    • November 6, 2019
      • November 6, 2019
    • November 6, 2019
    • November 6, 2019
    • November 6, 2019
    • November 6, 2019
    • November 7, 2019
    • November 7, 2019
    • November 8, 2019
  2. October 14, 2019
  3. October 14, 2019
  4. October 15, 2019
    • October 15, 2019
  5. October 15, 2019
  6. October 16, 2019
    • October 16, 2019
  7. October 16, 2019
  8. October 16, 2019
  9. October 16, 2019
  10. October 16, 2019
  11. October 16, 2019
  12. October 16, 2019
    • November 6, 2019
  13. October 16, 2019
  14. October 17, 2019
  15. October 17, 2019
  16. October 17, 2019
  17. October 17, 2019
  18. October 17, 2019
  19. October 17, 2019
  20. October 17, 2019
  21. October 17, 2019
  22. October 17, 2019
  23. October 17, 2019
  24. October 17, 2019
  25. October 17, 2019
  26. October 17, 2019
  27. October 18, 2019
  28. October 18, 2019
  29. October 18, 2019
  30. October 18, 2019
  31. October 18, 2019
  32. October 18, 2019
  33. October 19, 2019
  34. October 20, 2019
  35. October 20, 2019
  36. October 21, 2019
  37. October 21, 2019
  38. October 21, 2019
  39. October 21, 2019
  40. October 21, 2019
  41. October 22, 2019
  42. October 23, 2019
  43. October 23, 2019
    • November 6, 2019
    • November 6, 2019
  44. October 23, 2019
  45. October 23, 2019
  46. October 23, 2019
  47. October 23, 2019
  48. October 23, 2019
    • November 6, 2019
  49. October 23, 2019
  50. October 23, 2019
  51. October 23, 2019
  52. October 23, 2019
  53. October 23, 2019
    • November 6, 2019
  54. October 23, 2019
  55. October 23, 2019
  56. October 23, 2019
  57. October 23, 2019
  58. October 23, 2019
  59. October 23, 2019
  60. October 23, 2019
  61. October 23, 2019
    • November 7, 2019
  62. October 23, 2019
  63. October 24, 2019
  64. November 5, 2019
    • November 7, 2019
  65. November 5, 2019
  66. November 5, 2019
  67. November 5, 2019
    • November 5, 2019
      • November 6, 2019
      • November 7, 2019
      • November 7, 2019
    • November 6, 2019
    • November 6, 2019
    • November 6, 2019
    • November 6, 2019
    • November 6, 2019
  68. November 5, 2019
    • November 5, 2019
      • November 6, 2019
  69. November 5, 2019
    • November 5, 2019
  70. November 5, 2019
  71. November 5, 2019
  72. November 5, 2019
  73. November 5, 2019
  74. November 5, 2019
  75. November 5, 2019
  76. November 5, 2019
  77. November 5, 2019
  78. November 5, 2019
  79. November 5, 2019
  80. November 5, 2019
  81. November 5, 2019
  82. November 5, 2019
  83. November 5, 2019
    • November 5, 2019
  84. November 5, 2019
  85. November 5, 2019
  86. November 5, 2019
  87. November 5, 2019
    • November 5, 2019
  88. November 5, 2019
    • November 5, 2019
  89. November 5, 2019
  90. November 5, 2019
  91. November 5, 2019
  92. November 5, 2019
  93. November 5, 2019
  94. November 5, 2019
  95. November 5, 2019
  96. November 5, 2019
  97. November 5, 2019
  98. November 5, 2019
  99. November 5, 2019
  100. November 5, 2019
  101. November 5, 2019
  102. November 5, 2019
  103. November 5, 2019
  104. November 6, 2019
  105. November 6, 2019
  106. November 6, 2019
  107. November 6, 2019
  108. November 6, 2019
    • November 6, 2019
  109. November 6, 2019
  110. November 6, 2019
  111. November 6, 2019
  112. November 6, 2019
  113. November 6, 2019
  114. November 6, 2019
  115. November 6, 2019
  116. November 6, 2019
    • November 6, 2019
  117. November 6, 2019
  118. November 6, 2019
  119. November 6, 2019
  120. November 6, 2019
  121. November 6, 2019
  122. November 6, 2019
  123. November 6, 2019
    • November 6, 2019
  124. November 6, 2019
  125. November 6, 2019
    • November 6, 2019
  126. November 6, 2019
  127. November 6, 2019
  128. November 6, 2019
  129. November 6, 2019
    • November 6, 2019
  130. November 6, 2019
  131. November 6, 2019
  132. November 6, 2019
    • November 6, 2019
    • November 6, 2019
  133. November 6, 2019
  134. November 6, 2019
  135. November 6, 2019
  136. November 6, 2019
    • November 6, 2019
  137. November 6, 2019
  138. November 6, 2019
  139. November 6, 2019
  140. November 6, 2019
  141. November 6, 2019
  142. November 6, 2019
  143. November 6, 2019
  144. November 6, 2019
    • November 6, 2019
  145. November 6, 2019
  146. November 6, 2019
  147. November 6, 2019
  148. November 6, 2019
    • November 6, 2019
      • November 6, 2019
  149. November 6, 2019
  150. November 6, 2019
  151. November 6, 2019
  152. November 6, 2019
  153. November 6, 2019
  154. November 6, 2019
  155. November 6, 2019
  156. November 6, 2019
  157. November 6, 2019
  158. November 6, 2019
  159. November 6, 2019
  160. November 6, 2019
  161. November 6, 2019
  162. November 6, 2019
  163. November 6, 2019
  164. November 6, 2019
  165. November 6, 2019
  166. November 6, 2019
  167. November 6, 2019
  168. November 6, 2019
  169. November 6, 2019
  170. November 6, 2019
  171. November 6, 2019
  172. November 6, 2019
  173. November 6, 2019
  174. November 6, 2019
  175. November 6, 2019
  176. November 6, 2019
  177. November 6, 2019
  178. November 6, 2019
  179. November 6, 2019
  180. November 6, 2019
  181. November 6, 2019
    • November 6, 2019
  182. November 6, 2019
  183. November 6, 2019
  184. November 6, 2019
  185. November 6, 2019
  186. November 6, 2019
  187. November 6, 2019
  188. November 6, 2019
  189. November 6, 2019
  190. November 6, 2019
  191. November 6, 2019
  192. November 7, 2019
  193. November 7, 2019
    • November 7, 2019
  194. November 7, 2019
  195. November 7, 2019
  196. November 7, 2019
  197. November 7, 2019
  198. November 7, 2019
  199. November 7, 2019
  200. November 7, 2019
  201. November 7, 2019
  202. November 7, 2019
  203. November 7, 2019
  204. November 7, 2019
  205. November 7, 2019
  206. November 7, 2019
  207. November 7, 2019
  208. November 7, 2019
  209. November 7, 2019
  210. November 7, 2019
  211. November 7, 2019
  212. November 7, 2019
  213. November 7, 2019
  214. November 7, 2019
  215. November 7, 2019
  216. November 7, 2019
  217. November 7, 2019
  218. November 7, 2019
  219. November 7, 2019
  220. November 7, 2019
  221. November 7, 2019
  222. November 7, 2019
  223. November 7, 2019
  224. November 7, 2019
    • November 7, 2019
  225. November 7, 2019
  226. November 7, 2019
  227. November 7, 2019
  228. November 7, 2019
  229. November 7, 2019
  230. November 7, 2019
  231. November 8, 2019
  232. November 8, 2019
  233. November 8, 2019
  234. November 8, 2019
  235. November 8, 2019
  236. November 8, 2019
  237. November 8, 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *