ruang cerita keluarga mama triplet

HATI BOLEH KENA VIRUS CINTA, TAPI LAPTOP JANGAN (REVIEW ANTIVIRUS MCAFEE)

by | Oct 29, 2019 | Picnic | 18 comments

Tidak cuman hati atau tubuh yang memerlukan antivirus, laptop jangan sampai ketinggalan. Cek cerita saya tentang antivirus Mcafee ya kawan.

– Madam A –

Sejak saya kuliah , laptop adalah belahan jiwa. Benda ini selalu nangkring dengan manis di dalam tas saya. Begitu juga saat bertugas untuk mengajar keluar negeri ketika kuliah dulu. Saat blackberry menjadi tak berguna di negeri Cina. Percayalah, Laptop itu penyelamat.

Kalau dipikir-pikir lagi, saya bisa terhindar dari drama nangis di bawah keran pancuran akibat overdosis rindu sama keluarga ya karena laptop, wkwkwk. Seenggaknya dengan itu saya masih bisa kontak-kontakan sama Yusuf (yang saat itu tektokan berencana melamar *uhuk*) dan papa mama.

Saya akui, saya termasuk beruntung karena memiliki orang tua yang mampu membelikan saya komputer jinjing. Tapi bahkan di jaman sekolah sekitar 10 tahun yang lalu pun, benda itu sudah bukan lagi barang mewah. Memiliki laptop enggak berarti kamu kaya atau keren, biasa aja. Please deh.

Mmm…jadi ingat masa-masa perjuangan mengerjakan skripsi. Berbekal laptop mungil kesayangan, saya bisa nongkrong di perpustakaan selama berjam-jam tanpa bosan. Laptop sudah bisa mengakomodasi berbagai kebutuhan, mulai dari menulis, mendengarkan musik, bahkan sesekali nonton drama Korea saat jenuh melanda. Meski akhirnya jadi kebablasan, drakornya nonton sampai tamat, skripsinya berada di level gawat.

Jangan ditiru ya gaes, enggak bener ini. Gara-gara kayak ginian, kuliah yang harusnya bisa selesai 3,5 tahun jadi selesai pas 4 tahun. IPK-nya pun cuma 3,84 hiks. *kemudian dilempar jumroh sama pembaca gegara sok humblebrag*

Anyway, setelah menikah dan punya anak tiga, laptop tetap menjadi benda yang penting bagi kami. Terutama saya, yang suka nulis tipis-tipis di blog. Beberapa teman bilang mereka suka menulis via hape, tapi saya tidak. Laptop tetap pilihan ternyaman untuk kerja.

TERINFEKSI VIRUS?

Pagi ini di linimasa Facebook, seorang teman mengeluh kalau beberapa file di komputernya tidak bisa dibuka. Dicoba berkali-kali dengan cara apapun, tetap gagal terbuka. Padahal tugas-tugas yang dia kerjakan ada di dalamnya. Usut punya usut, setelah dilakukan pengecakan, komputernya ternyata bervirus.

Teman saya tentu saja pusing tujuh keliling. Tapi mau bagaimana lagi? Walaupun kesel setengah mati akhirnya dia mengikhlaskan dokumen yang tak bisa dibuka tersebut. Dengan penuh linangan air mata dia terpaksa membuat lagi tugasnya dari awal. Saya, yang merasa prihatin cuma bisa kasih pelukan virtual dan kata-kata penyemangat.

Virus memang menyebalkan. Virus flu bikin badan meriang, virus cinta bikin enggak mau makan, dan virus komputer bikin kita pengen makan orang.

Saya kok enggak kebayang ya, komputer personal kena ulah virus aja si pemilik udah nangis bombay. Lalu, apa kabar kalau yang kena virus punya toko online? Bisa nangis darah tuh. Gonjang-ganjing kegiatan jual-belinya. Rugi lahir batin.

Hikmah yang bisa diambil dari kasus seseteman saya tadi adalah : hati-hati dengan virus. Kita harus aware banget, terutama kalau perangkat mulai menunjukkan gejala-gejala aneh bin ajaib.

Emang gejala-gejalanya apaan sih? Nih ya, agar lebih mudah mendeteksi kondisi perangkat kita, saya akan coba paparkan tanda-tanda komputer/laptop yang terinfeksi virus :

  1. Memori pada Drive berkurang.
  2. Banyak file yang corrupt
  3. Harddisk corrupt
  4. File hilang/hidden secara tiba-tiba
  5. Komputer tiba-tiba restart dengan sendirinya
  6. Beberapa program tidak bisa jalan
  7. Muncul pesan berupa tulisan-tulisan aneh
  8. Aplikasi Antivirus mati dengan sendirinya
  9. Munculnya berbagai file aneh
  10. Komputer lemot
  11. Aplikasi maintanance tidak berjalan
  12. Toolbar aneh yang bermunculan
  13. Homepage browser dan search browser berubah secara tiba-tiba (bila level serangan sudah amat sangat parah)

ANTIVIRUS UNTUK PERANGKAT DIGITAL, WAJIB ENGGAK SIH?

Kecuali laptopnya punya ajian khusus dari dukun yang ngerti tentang virus-virus digital, memasang antivirus adalah sesuatu yang wajib yaa. Gimanapun lebih baik mencegah daripada mengobati kan? Ingat, perangkat kita bukanlah Limbad yang kebal bacok. Ehm.

Daritadi kita ngomongin virus mulu, tapi sesungguhnya kita tahu enggak apa yang dimaksud dengan virus dan malware? Virus adalah program yang memiliki kemampuan menggandakan diri dan menyebar ke dalam program atau dokumen. Malware sendiri adalah program yang sengaja dicipta untuk merusak sistem operasi di komputer kita.

Dan tahukah teman, faktanya 244 Malware terdeteksi setiap menit. Catat ini, SETIAP MENIT!

Saya tahu, sebenernya kita ogah banget dikunjungi sama makhluk-makhluk digital tak kasat mata beginian. Tapi piye meneh bro, semua perangkat digital kita bersinggungan sama sistem operasi dan internet, virus dan malware jelas punya peluang untuk masuk ke tengah-tengah hubungan. Iya, virus dan malware itu emang enggak ada bedanya dengan orang ketiga kok ~

Tidak hanya kehilangan dokumen, beradasarkan data yang saya peroleh, diketahui bahwa setiap menitnya ada 12 orang pengguna aktif internet yang menjadi korban kejahatan cyber. Kerugian yang dicapai pun berjumlah 158 juta dolar. Angka yang cukup wow ya? Soalnya itu duit semua. Bukan daun-daun yang berguguran.

antivirus mcafee antivirus terbaik - ayunafamily.com

Hyaaa, serem enggak sih bacanya?

MEMILIH ANTIVIRUS PALING OKE UNTUK PERANGKAT DIGITAL KITA

Baca-baca tentang virus dan kerugian yang diakibatkannya bikin saya merinding disko. Laptop yang saya gunakan ini mungkin tidak high end, masih berat dan segede gaban, enggak keren, enggak eye catching pula, pokoknya enggak banget. But don’t be wrong, dengan bantuan perangkat inilah saya bisa mendulang recehan, bahkan pernah memenangkan lomba blog yang hadiahnya tiket PP ke Jepang untuk dua orang.

Bukan hanya masalah rejeki, seperti yang sudah sempat saya utarakan di atas, laptop juga memiliki fungsi hiburan yang banyak. Apalagi buat suami yang suka main game. Meski ada suatu masa saya pernah berdoa “MATIKAN LAPTOPNYA YA ALLAH, MATIKAN!!” hanya karena dia bablas main dota sampai jam tiga pagi. Hiiih!

Apapun itu, intinya saya enggak bisa kalau Laptop tidak baik-baik saja Makannya, saya dan suami sepakat untuk memasang sebuah antivirus di perangkat ini. Daan, mau enggak kalian saya bisikin antivirus apa yang kami pili untuk Laptop kami tercinta ini?

Antivirus yang kami pilih adalah…jeng jeng jeng : McAfee!!

antivirus mcafee antivirus terbaik - ayunafamily.com

Kenalan dengan Antivirus McAfee

Sebelum berkenalan dengan produknya, saya kasih sedikit insight tentang perusahaannya dulu. Mau enggak? Udah, jawab aja mau ya.

Jadi, McAfee Inc. adalah perusahaan perangkat lunak antivirus dan keamanan computer yang berkantor pusat di Santa Clara, California, Amerika Serikat. Beberapa produk perusahaan ini adalah McAfee Virus Scan, McAfee Spam Killer, IntruShield, Entercept, dan Foundstone. Dari namanya aja udah keliatan kan itu produksi apaan?

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1987 dengan nama McAfee Associates, dinamai sesuai pendirinya yaitu John McAfee. Mereka kemudian bergabung dengan Network General dan membentuk Network Associates pada tahun 1977, dan pada tahun 2004 mereka kembali menggunakan nama McAfee.

Berarti, sudah puluhan tahun perusahaan ini berdiri. Nama McAfee sendiri sudah tertancap cukup lama dan dalam di antara para pengguna perangkat digital di Indonesia. Terbukti, banyak yang familiar dengan antivirus ini.

Alasan kenapa memilih Antivirus McAfee

Nyari istri aja milih-milih, apalagi nyari antivirus. Enggak bisa sembarangan dong, salah-salah malah nanti ambyar semua kan?

Saya termasuk yang hobi brwosing-browsing dulu sebelum menggunakan suatu produk. Maka, inilah dia alasan-alasan kenapa saya yakin untuk menggunakan antivirus McAfee :

  1. Perlindungan lengkap. Antivirus jaman sekarang enggak bisa hanya sekedar antivirus tok, tapi harus ada internet protectionnya juga. Apalagi saya juga pengguna aktif Chrome dan Firefox, antivirus McAfee membantu saya menghindari tautan yang mencurigakan, situs web yang berisiko, dan bahkan mencegah unduhan malware.
  2. Tidak mempengaruhi kinerja komputer. Banyak orang menyatakan puas dengan keberadaan McAfee yang tidak memperberat kecepatan komputer.
  3. Kemudahan Penggunaan. Untuk emak-emak kayak saya yang enggak jago-jago amat main komputer, antivirus McAfee cukup mudah digunakan.

Produk Pilihan Antivirus McAfee

Setidaknya, ada 2 produk dari antivirus McAfee yang bisa teman-teman pilih.

McAfee Internet Security

Adalah perpaduan dari produk antivirus dengan perlindungan yang dapat menangkal segala virus, ransomware, dan segala ancaman di PC. Perlindungan multidevice dan cocok untuk segala perangkat, termasuk windows, MAC, dan smartphone (iOS dan Android)

Kini hadir dengan ransom guard, PC Boost, Web Boost, Safe Web Browsing, Anti Theft Protection, dan Password Manager untuk keamanan perangkat.

antivirus mcafee antivirus terbaik - ayunafamily.com

McAfee Total Protection

Keamanan dipadukan dengan teknologi enkripsi dapat memberikan keamanan file dan data penting kita. Perlindungan multi device yang dihadirkan cocok untuk segala perangkat, termasuk windows, MAC, dan smartphone (iOS dan Android)

antivirus mcafee antivirus terbaik - ayunafamily.com

Kini hadir dengan ransom guard, PC Boost, Web Boost, Safe Web Browsing, Anti Theft Protection, dan Password Manager untuk keamanan perangkat.

Antivirus berbayar vs Antivirus gratisan

Sering saya berpikir, itu perusahaan-perusahaan antivirus baik-baik amat yak. Saking baiknya mereka sampai menyediakan antivirus gratisan. Kan lumayan, orang-orang yang budgetnya terbatas banget tetap memiliki akses untuk mendapatkan perlindungan pada perangkat mereka.

Meski demikian, tentu saja ada perbedaan yang cukup jauh antara antivirus berbayar dan gratisan. Mirip-miriplah sama kegiatan ngeblog, domain berbayar dan gratisan. Jelas lebih enak domain yang berbayar pastinya.

Antivirus BerbayarAntivirus Gratisan
Dilengkapi dengan setting parental control agar anak-anak dapat bermain bebas di internet namun tetap dapat dikontrol untuk akses ke website tertentuFitur yang tersedia dibatasi
Melindungi secara menyeluruh dari gangguan beberapa hacker yang mencoba mengambil alih PC kita
Memiliki fitur auto update dan real time scanning yang membuat device selalu aman dari segala ancaman terbaru maupun yang sudah lamaFitur firewall hanya bergantung kepada firewall windows itu sendiri. Update harus bersamaan dengan update OS Window.

Tidak memiliki fitur auto scanning yang menyebabkan device tetap rentan terhadap erbagai ancaman jika lupa melakukan scannning secara berkala
Update dan Scanning memakan waktu yang cepat karena didukung oleh fitur realtime scanning dan auto update sehingga ketika proses sedang berlangsung kita tidak merasa terganggu. Update dan scanning memakan waktu karena harus dilakukan secara manual 
Technical support 24/7 yang selalu siap membantu jika ada masalah  Kurang efisien dalam technical support sehingga akan membuat kita terganggu jika terjadi crash atau trubleshooting
Penggunaan memory/ram sangat rendah sehingga tidak mengganggu kinerja device Penggunaan RAM/memory lebih besar Karen pengguna akan menginstal kebih dari software antivirus gratis agar lebih aman
Less intrusive, tidak banyak popup, reminder, notifikasi Banyak iklan dan pop up, mengganggu sekali

LAKUKAN INI UNTUK MENGHINDARI VIRUS!

Gaes, sebetulnya secara tidak langsung, kita bisa menjadi pelaku pembawa virus loh! Coba diingat-ingat perilaku kita sehari-hari dalam menggunakan komputer gimana. Jangan-jangan suka buka situs porno atau streaming film bajakan, jangan-jangan sering nyolokin flash drive sembarangan, jangan-jangan suka pakai public Wi-Fi yang enggak terjamin keamanannya. Hayoh loh!

Maka dari itu, coba terapkan best practice ini ya untuk mencegah masuknya virus-virus nakal tak diharapkan :

Backup Data Penting Kita!

Salah satu cara untuk mengatasi ransomware dengan membayar tebusan ke hacker adalah cara yang kurang efektif. Jadi, pastikan kita selalu backup data-data penting di hardisk eksteral atau clud drive yang terjamin keamanannya.

Selalu update software

Mungkin beberapa dari pembaca masih ingat dengan ransomware jenis Wannacry yang belum lama ini heboh diberitakan. Oleh karena itu, kita harus rajin update secara berkala agar software aman dan tidak memiliki celah untuk oleh ransomware tersebut. 

Perhatikan dimana kita click

Serangan ransomware bisa melalui berbagai jenis media seperti iklan palsu, email limks, atau bahkan sms. Waspada, yang beginian tidak perlu ditanggapi. Apalagi kalau sumbernya tidak jelas.

Selalu waspada

Cybercrime selalu memiliki berbagai cara baru untuk menipu. Sebaiknya kita selalu update mengenai serangan ransomware terbaru dan cara untuk menghindarinya. Biasanya sih, biasanya loh ya,  ransomware menyerang perusahaan-perusahaan bisnis. Tapi ini tidak berarti data-data penting kita di rumah aman. 

DI MANA MEMBELI ANTIVIRUS MCAFEE YANG TERPERCAYA

Madam, daritadi bahas tentang antivirus melulu, terus belinya di mana? Tenang, teman-teman bisa membeli software antivirus McAfee yang asli dari distributor terpercaya, yaitu PT Kharisma Inside Mandiri Sejahtera ( kharismaworld )

Perusahaan ini berdiri pada tahun 2014. Kharismaworld adalah sebuah perusahaan distributor software. Kharismaworld merupakan pemegang lisensi untuk semua produk dari McAfee seperti McAfee Internet Security, McAfee Total Protection, McAfee Livesafe, McAfee Small Business Security, McAfee Mobile Security, dan McAfee EndPoint Security.

McAfee sendiri mendapatkan penghargaan sebagai antivirus terbaik selama beberapa dekade. McAfee selalu mengikuti perkembangan teknologi, terbukti perusahaan ini menciptakan pengamanan yang lengkap untuk pemakainya.

McAfee bekerja sama dengan berbagai institusi pemerintah, pendidikan, maupun perusahaan  swasta lainnya. Bahkan McAfee juga melakukan kolaborasi dengan perusahaan laptop ternama seperti Dell, Lenovo, HP, Asus, Acer, MSI dan Microsoft

#ProtectWhatMaters adalah tagline dari McAfee karena mereka percaya bahwa keluarga adalah bagian terpenting, dan McAfee memiliki berbagai produk untuk meindungki kehidupan digital keluarga. Lebih murah untuk melindungo device digital kita seperti akun, email, foto, dan data dibanding memperbaikinya. 

Untuk pembelian sendiri bisa dilakukan di market place besar yang ada di Indonesia. Ada officialnya storenya loh di (Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, dan JD.ID)

Jadi, enggak ragu lagi kan untuk memakai McAfee?

Layanan Konsumen  kharismaworld

KANTOR PUSAT : 

  • Rukan Mangga Dua Mall Blok A no. 16
  • Jalan Arteri Mangga Dua Raya,
    Jakarta Pusat 10730
  • Telp. +6221 6124657/58/59
  • Senin s/d Sabtu 10.00 – 18.00 WIB
  • Minggu dan hari libur – TUTUP

KANTOR CABANG

  • Ramai Mall Centra Computer Blok D no. 21-22
  • Jalan Ahmad Yani no. 73
    Yogyakarta 55122
  • Telp. +62274 557016
  • Senin s/d Jumat 09.00 – 17.00 WIB
  • Sabtu 09.00 – 15.00 WIB
  • Minggu dan hari libur – TUTUP
Ajeng Pujianti Lestari

Ajeng Pujianti Lestari

Blogger | Mother

Ibu tiga anak. Pecinta martabak coklat-keju. Suka menulis biar enggak histeris :). Untuk kerja sama silakan menghubungi ajenghimme@gmail.com

18 Comments

  1. Emanuella Christianti

    Iyaaa betul, pakai antivirus tu penting bangeet!! Aku juga pakai McAfee di laptop mbaaa. Semoga aman selalu ya….

    Reply
    • Siska

      Eaaa… Judulnya provokatif sekali.. haha. Iya nih, zaman kuliah kalau laptop udah kena virus udah kayak mau kiamat aja, apalagi kalau kebetulan ada nyimpan tugas trus gak backup di tempat lain. Huhu.. nangis aje..

      Reply
  2. Leila Rizki Niwanda

    Whaa, 244 Malware per menit? Sebanyak itu, ya, ternyata. Bayangin kalau sampai kena, duh, jangan sampaikan deh. Makanya harus siap pengamanan tambahan, antivirus yang tepercaya seperti McAfee ini. Beli yang resmi juga pastinya lebih aman.

    Reply
  3. Uli

    Kalo bisa hati juga jangan kena virus hehe

    Reply
  4. Diani Sekaring

    Fiturnya lengkap banget, pasti bisa meminimalisir serangan dan efek virus di seluruh piranti digital kita. Aku masih pakai antivirus yang free nih, semoga nanti ada kesempatan untuk upgrade.

    Reply
  5. Visya Al Biruni

    Iyaa akupun mikir mereka baik banget ngasih antivirus gratisan. Eh ternyata emang Ada bedanya, banyak malah hehe . PENTING pake banget antivirus ini, jangan sampai menyesal kemudian, deh

    Reply
  6. Triyatni

    Bener penting banget buat kita make antivirus di laptop. Apalagi virusnya berkembang setiap hari. Jadi harus pakai antivirus yang juga update selalu

    Reply
  7. Okti Li

    Buat saya yang hanya ibu rumah tangga, laptop juga banyak bantu dan jadi sandaran hidup. Tapi meski banyak yang dibatasi, saya masih pakai anti virus yang gratisan sih. Semoga ada budget sehingga bisa upgrade ke yang berbayar…

    Reply
  8. Enny Ratnawati

    Wah iya anti virus penting banget donk. Jadi inget dah lama gak update anti virus. Jangan sampai laptop kacau gegara kena virus donk ya. MCafe emang kereen dari dulu ya kak

    Reply
  9. Mellisa

    Laptop aku juga pakai anti virus ini mbak. Ternyata banyak jenisnya ya. Aku nggak terlalu paham soalnya. Hehe
    Perlindungan nya ternyata bukan cuma sama perangkat laptop nya tapi bisa juga untuk melindungi internet ya.

    Reply
  10. Fenni Bungsu

    Kalau perangkat udah diserang virus rasanya bikin hati remuk. Soalnya dulu pernah perangkat digital daku kena virus, sedihnya karena ada file yang gak bisa dibuka. Akhirnya format ulang semua 😭

    Reply
  11. Finaira Kara

    Setuju banget, nih, soal virus yang bahaya dan menyerang perangkat digital setiap saatnya. Nggak cuma satu, tapi ratusan. Aku sendiri pakai berlapis-lapis malware, wkwk. Terutama bafi yang sering banget online, jadi wajib proteksi lebih.

    Reply
  12. Elly Nurul

    Aku sebelumnya ngga terlalu aware sama antivirus, karena memang semua suami kau yang urus, setelah baca tulisan ini mau tidak mau harus banyak belajar juga ya tentang anti virus, sebagai pengguna laptop harus paham juga tentang fungsi dan penggunaan anti virus supaya ngga dibilang kudet juga yaa

    Reply
  13. Nophindahoz - Busy Weekenders

    Setuju pake banget!! Kudu banget pake antivirus demi kemaslahatan umat (lebih ke demi kemaslahatan dompet sih 😆). Investasi yang perlu banget dilakukan.

    Reply
  14. Annisa

    Saya juga pake mcafee mbak dari dulu. Ngeri sih kalau komputer atau laptop kena virus, jadinya malah mengancam semua file penting kita kan? Akhirnya harus ada budget sendiri buat anti virus sih demi keamanan. Hehehe

    Reply
  15. Laela Marlina

    Dari sekian byk antivirus saya juga dari jaman awal punya PC pakai app ini. Soalnya pernah banget dulu pas pakai app lain data pada langsung hilang tanpa pemberitahuan, tau2 katanya kedeteksi virus. Mana gak ounya backup datanya…

    Reply
  16. Ria Andika

    Aku udah trauma bgt sama yg namanya virus, makanya back up data is a must, hal pertama kyknya yg harus dilakukan sebelum install apapun ya, jangan sampai kejadian hilang semua data di hard disk terulang lagi gara2 virus hiksss

    Reply
  17. Wian

    Wah jadi inget klo versi anti virus di oc aku udah harus diupdate. Kadang suka gak aware juga nih klo tiba-tiba versinya harus diupdate. Lebih tepatnya krn waktu itu pake yang bersi trial. Jadi harus segera upgrade ke versi berbayarnya.

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archives

Categories