Ruang Cerita Keluarga Mama Triplet

LIMA MARKETPLACE FAVORIT EMAK-EMAK

LIMA MARKETPLACE FAVORIT EMAK-EMAK

Belanja jaman sekarang tuh enak ya, banyak banget marketplace yang menyediakan berbagai kebutuhan kita. Cukup menggunakan jempol tau-tau pesanan kita datang

– Madam A –

Halo selamat pagi, bagaimana kabarnya hari senin ini? Kalau saya sedang merindukan si abang yang lagi menikmati liburannya di Jogja. Padahal di rumah ya masih aa adik-adiknya, tapi kok tetep aja kerasa beda ya? Hahahaha. 

Baiklah, setelah dua hari kemarin kerja keras bagai quda menyelesaikan hutang 10 tulisan untuk menjawab tantangan dari Blogger Perempuan. Akhirnya hari ini saya mulai bisa menulis dengan lebih leluasa, walau sebenarnya hutang tulisan yang lain masih ada. 

Nah, genks kalian tahu enggak sih sejak kapan belanja dengan sistem online dilakukan? Kalau saya, yang paling diingat adalah ketika hendak membeli gendongan alias baby carrier untuk Yuan. Ketika itu, saya tinggal di Tulungagung, Jawa Timur.

Saya merasa kesulitan mencari penjual gendongan dengan merk Boba Air. Sebuah gendongan produksi luar yang kalau mau cari di kota Malang pun belum tentu ada. Jadilah suami membelikan via marketplace bernama Lazada. Sebetulnya saya  sempat merasa agak was-was dengan jual-beli model begini. Maklum, namanya juga enggak ketemu langsung. Saya kepikiran, ini barang  beneran dikirim enggak? Bohongan enggak? Bakal ditipu atau enggak?

Eh, setelah suudzon berhari-hari, saya takjub ketika pesanan sampai. Kampungan tenan emang *lol. Dan barangnya juga asli, terbukti masih awet sampai sekarang. Akhirnya, sejak saat itu saya jadi memberanikan diri untuk membeli sesuatu secara online. Biasanya sih barang yang memang tidak dijual di Tulungagung ya, popok kain dari merek tertentu misalnya. 

APA ITU MARKET PLACE?

Menurut wikipedia marketplace merupakan proses  berdagang  melalui media elektronik. Pengertian perdagangan elektronik itu sendiri adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.

Jadi, transaksinya dilakukan tanpa perlu bertatap muka. Pihak penjual biasanya menyediakan website khusus yang memajang barang dagangannya dengan gambar. Kita cukup memilih, memasukkannya ke keranjang belanja, memasukkan alamat dan transfer. Setelah dikonfirmasi, tak lama kemudian pesanan akan segera dikirim. 

LIMA MARKETPLACE FAVORIT

Pada tahun 2012, marketplace yang saya kenal hanya Lazada saja. Dia itu seperti supermarket, jualannya banyak. Mulai dari celana dalam sampai sepeda saja. Nah, selama beberapa tahun terakhir ini muncul semakin banyak perusahaan yang sama.

Tidak hanya itu, kini terdapat beberapa marketplace khusus yang menjual barang tertentu, seperti kebutuhan bayi ataupun tiket dan pemesanan hotel. 

Terkait dengan hal ini, maka saya akan coba paparkan lima marketplace favorit yang sering saya gunakan untuk berbelanja. Yuk, cekidot!

BukaLapak

marketplace - ayunafamily.com

Saya suka belanja di sini bukan karena dulu pernah diundang ke acara yang diadakan oleh BukaLapak loh ya, bukan. Tapi memang sejauh ini, BL menjadi pilihan suami dan saya untuk beli macem-macem. Mulai dari listri sampai wake-wake jus. Kelebihan yang saya dapatkan sih karena responnya cepat dan banyak diskonnya, wakakakaka. 

Baca Juga : Review Gerber Graduates Puff

Shopee

marketplace - ayunafamily.com

Marketplace yang satu ini lagi booming karena iklan yang bahkan saya anggap cukup mengganggu. Namun demikian, entah kenapa saya suka aja belanja di sini. Mungkin karena dulu dia menyediakan program free ongkir dengan jumlah yang lumayan. 

Traveloka

marketplace - ayunafamily.com

Siapa yang tidak tahu dengan situs penyedia tiket pesawat, kereta, hotel dan bahkan bus yang satu ini? Traveloka menjadi langganan sejak saya berhasil membeli tiket mudik, tiga bulan menjelang lebaran

Tiket.com

marketplace - ayunafamily.com

Untuk membeli tiket kendaraan umum jarak jauh dan sebagainya, selain traveloka saya kadang juga memakai aplikasi ini. Harganya lumayan bersaing.

Fave

marketplace - ayunafamily.com

Ini aplikasi andalan saat ingin makan hemat di resto-resto yang ada di mall. Potongannya bisa sampai 40% loh, suka banget! bisa baca pengalaman saya di link bawah ya 

Baca Juga : Tips Hemat Makan di Kushiya Monogatari

Nah, itu dia lima marketplace yang sering saya kunjungi dan manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Bagaimana dengan kamu? Share di mari yuks!

(Visited 47 times, 1 visits today)


2 thoughts on “LIMA MARKETPLACE FAVORIT EMAK-EMAK”

  • aku kalau beli-beli online suka ke bukalapak, dia ngejamin duit balik sih kalau kita nggak terima barang yang kita pesen. jadi aman.
    traveloka itu juga andalan banget kalau lagi pingin jalan2 sama keluarga. tinggal klik, udah deh.

    emang ya, emak2 jaman sekarang maunya simpel. jalanan dan pasarn udah makin crowded sih. situs online jadi macem oase di padang pasir gitu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *