Ruang Cerita Keluarga Mama Triplet

Tag: parenting

BELAJAR MENJADI ORANG TUA DARI FILM NUSSA DAN RARA

BELAJAR MENJADI ORANG TUA DARI FILM NUSSA DAN RARA

Ya Allah, selama ini kemana aja? Kok ya baru tahu tentang Nussa dan Rara – Madam A – Nussa dan Rara, sebelumnya saya sudah sering mendengar orang-orang yang menulis status tentang film tersebut. Namun, entah kenapa saya kok belum ada minat untuk nonton. Toh koleksi […]

PARENTS, YUK COBA AJTCOGTEST UNTUK KENALI SELUK BELUK KOGNITIF ANAK KITA

PARENTS, YUK COBA AJTCOGTEST UNTUK KENALI SELUK BELUK KOGNITIF ANAK KITA

AJTCogTest membuktikan kalau di dunia ini tidak ada anak yang bodoh – Madam A – “Anak gue geblek banget, diajarin penjumlahan dan pengurangan yang gampang aja enggak ngerti-ngerti. Nyerah deh, nyerah gue.” kata seorang ibu dengan raut wajah kesal sambil menunjuk anaknya. Kontan semua ibu-ibu […]

AKU & INNERCHILD PART 1

AKU & INNERCHILD PART 1

I feel proud of myself cause I dare enough to face my own innerchild

– Madam A –

Cerita pertama

Dear diary, namaku A. Aku adalah seorang istri dan juga ibu. Aku memiliki suami yang baik, anak-anak yang lucu, ekonomi cukup dan juga kondisi yang bahagia. Tapi ada satu hal yang selalu mengganggu : aku tak bisa mengendalikan emosiku. Setiap melihat ada hal yang tidak sesuai dengan keinginan ataupun menghadapi masalah, aku langsung meledak marah. Kata-kata yang keluar dari mulutku sangat kasar, bahkan tak jarang tangan ini reflek memberikan pukulan demi pukulan pada mereka yang bagiku menyebalkan.

Aku belajar parenting dari buku-buku, tak jarang juga hadir ke kajian, bahkan sering mengeluarkan uang demi mengikuti kelas-kelas belajar untuk memperbaiki diri. Bagaimanapun, marah-marah itu capek dan aku ingin memperbaiki diri. Tapi kenapa tak ada yang berubah. Ketika ujian itu datang semua ilmu yang kudapat menguap begitu saja, emosi selalu menguasai keadaan. Aku tahu kalau perbuatanku salah, tapi aku tak berdaya melawannya. Sebenarnya, ada apa denganku?

(more…)
LIMA HAL SEDERHANA BUAT ANAK BAHAGIA

LIMA HAL SEDERHANA BUAT ANAK BAHAGIA

Sebenarnya, ada banyak sekali hal sederhana yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk buat anak bahagia lahir dan batin. Tapi, sementara ini lima hal saja dulu yah! – Madam A –  Saya sempat menulis bahwa sesungguhnya seorang anak yang bahagia itu berawal dari ibu yang […]

LIMA KEINGINAN YANG TERTUNDA UNTUK TERCAPAI

LIMA KEINGINAN YANG TERTUNDA UNTUK TERCAPAI

Duh Blogger Perempuan, ngasih temanya kok gini-gini amat yak? Kan jadi harus mengorek-orek masa lalu, hahaha *mewek di pojokan* – Madam A-  Baik, ini adalah tulisan ketujuh yang saya tulis di hari yang sama. Asli, kalau bukan karena ingin menyelesaikan tantangan menulis 30 hari dari […]

SEBUAH SURAT UNTUK ANAK SULUNGKU : SELAMAT ULANG TAHUN!

SEBUAH SURAT UNTUK ANAK SULUNGKU : SELAMAT ULANG TAHUN!

Karena surat dan tulisan itu abadi, seperti cinta mama untuk abang

– Madam A –

Assallammuallaikum, hai hai sayangku cintaku hidupku… Muhammad Yuandriansyah Naseri yang super unyu-unyu. Bagaimana kabarmu di Jogja sana? Kalau dari video call yang barusan kita lakukan kamu terlihat senang ya. Semacam enggak ada kengen-kangennya blas  gitu sama mama. Padahal mama di sini udah merasa rindu aja loh, bahkan sejak semalam. Saat tahu kamu sudah duduk nyaman  di kereta api taksaka tambahan. 

Boleh kan mamah mewek dan mimbik-mimbik sedikit?

Anakku yang solih, mama ingin berbagi secuil cerita. Ceritanya agak panjang  dan mungkin membosankan, tapi biarlah ya. Karena bagi mama, cerita tentang detik-detik kelahiranmu tidak akan akan pernah menjadi hal yang menjemukan. Bahkan sebaliknya, kejadian  itu adalah sesuatu  yang menakjubkan, luar biasa dan tidak akan pernah bisa mama lupakan. Kendati mama ingin, trutama di bagian sakit-sakitnya sih. 

(more…)
PERLUKAH SUATU HAL DISESALI ?

PERLUKAH SUATU HAL DISESALI ?

Bagian kehidupan yang mana yang menurut kamu pantas untuk disesali ? – Madam A- Tema yang diangkat untuk hari ke-23 dari tantangan 30 hari menulis dari Blogger Perempuan adalah tentang “hal yang disesali saat ini”. To be honest, saya agak bingung untuk menuliskannya. Hal pertama […]

PEKERJAAN RUMAH TANGGA FAVORIT ABANG

PEKERJAAN RUMAH TANGGA FAVORIT ABANG

Salah satu tips parenting untuk mengajarkan disiplin pada anak adalah melatihnya untuk melakukan pekerjaan rumah tangga bersama.  – Madam A – Menjadi seorang ibu rumah tangga bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Dari luar memang terlihat remeh, kegiatan yang dilakukan hanya seputar beberes. Namun, bukankah itu […]

METODE FONIK , BELAJAR MEMBACA DENGAN FUN!

METODE FONIK , BELAJAR MEMBACA DENGAN FUN!

Setelah mempelajari berbagai macam metode, akhirnya kembali pada metode fonik ini. Paling rasional, paling enggak ngoyo dan paliiingg mudah untuk diaplikasikan 

– Madam A –

Mengajari anak membaca barangkali tidak pernah menjadi prioritas dalam kegiatan pengasuhan anak. Selama ini, concern saya adalah membangun attitude dan stimulasi saja. Makannya, saat mencari sekolah TK pun, kriteria yang saya pilih mungkin agak di luar kebiasan emak-emak jaman now. Masih TK loh ini, belum SD atau SMP. Puciingg pala berbiihh!

(more…)
MENITIPKAN ANAK PADA AYAHNYA, KENAPA TIDAK?

MENITIPKAN ANAK PADA AYAHNYA, KENAPA TIDAK?

Jangan pernah takut menitipkan anak pada ayahnya. Biarkan naluri keayahan mereka muncul, biarkan bonding itu menguat. Toh anak itu dibikin berdua, jaganya juga berdua kan? – Madam A – Beberapa waktu yang lalu saya menghadiri acara puncak Ulang Tahun ke-5 Bacpaker Jakarta dan Klub Buku. […]