MUSTELA, PILIHAN TERBAIK UNTUK PERAWATAN KULIT BAYI

Agak menyesal kenapa baru tahu tentang Mustela sekarang ya? Hiks

– Madam A –

Hai genks, akhirnya setelah sekian lama enggak datang event, hari Sabtu tanggal 1 Desember kemarin saya dapet undangan yang kece banget! Dan pastinya bikin emak-emak yang punya bayi jadi mupeng berat. Hahaha.

Terima kasih untuk MBC (Mom Blogger Community) dan Mustela yang kemarin sudah memberi kesempatan yang luar biasa ke madam. Bayangkan, gratis masuk ke IMBEX alias Indonesia Maternity, Baby & Kids Expo di Hall A JCC Senayan. Sebuah pameran yang menghadirkan berbagai produk kebutuhan ibu, bayi dan anak.  Alhamdulillah saat itu saya tiba hanya selang beberapa menit sebelum acara dimulai. Sehingga saya bisa fokus untuk memperhatikan talkshow yang rencananya akan membahas tentang jenis-jenis kulit bayi serta penjelasan lebih jauh tentang produk mustela.  

Baca Juga : Seputar Diabetes Pada Anak Yang Perlu Kita Ketahui

Tema besar yang diangkat oleh produsen perawatan kulit ibu dan bayi dari Perancis ini adalah “Memahami Jenis Kulit Bayimu”. Hadir sebagai pembicara adalah bu  dokter cantik, Reissa Brotoasmoro (Brand Ambassador Mustela Indonesia) serta bapak Muhammad Nurhadi selaku Brand Manager Mustela. Jujur, saya pribadi sangat excited dengan tema ini karena memang ada salah satu anak saya yang kulitnya sensitif saat bayi dulu. Namun sekarang, di saat usianya 2,5 tahun kondisi kulitnya perlahan-lahan berubah menjadi normal, seperti kakak dan adiknya. 

YANG MANA JENIS KULIT BAYI KITA ?

Sekitar pukul setengah satu siang acara resmi dimulai. Sambil duduk manis di barisan kursi terdepan saya mencoba untuk menyimak dengan sungguh-sungguh. Maklum, masih suka gagal fokus ngelihatin dr. Reissa yang cantik anet ituuuu! Kagum dan heran, gimana caranya supaya tu wajah bisa mulus banget ya? Saking mulusnya sampai bikin lalat  kepleset .*lol*

Ok, back to topic.

Pak Nurhadi memaparkan  bahwa gangguan kulit merupakan salah satu keluhan yang paling sering dialami bayi dan membuat orang tuanya khawatir. Suatu pernyataan yang menurut saya enggak pas.  Tidak hanya khawatir, saya pun merasa panik dan kebingungan. Lha gimana, saat Luna bayi dia divonis  menderita dermatitis atopik. Terbukti dengan munculnya ruam dan bintik-bintik hampir di seluruh wajah dan bagian kulit lainnya.

Ketika itu, saya belum kenal dengan produk Mustela sehingga tidak tahu harus bagaimana memperlakukan kulitnya. Namun, seperti yang sempat saya singgung sebelumnya, kondisi kulit Luna berubah. Seiring dengan berjalannya waktu serta daya tahan tubuh yang semakin baik, kondisi atopik-nya sudah tidak pernah muncul lagi. Jadi, kalau saya amati, saat ini ketiga anak saya memiliki jenis kulit yang normal. 

mustela - ayunafamily.com

Buat teman-teman yang baru saja memiliki bayi, kalian harus belajar dari pengalaman saya. Jadi, masalah kulit ini untuk setiap anak tidak bisa dipukul rata perlakuannya karena jenis kulit tiap bayi itu berbeda. Di titik ini,  kita sebagai orang tua harus jeli dalam mengamati dan mengkategorikan kondisi kulit anak kita.

Ada tiga macam Jenis kulit bayi, yaitu :

  1. Kulit bayi normal. 
    Bayi dengan jenis kulit yang normal biasanya  akan terasa lembut saat disentuh.  Permukaannya terasa halus tanpa ada kemerahan atau pecah-pecah. Kalau dilihat dengan mata telanjang kulit  juga selalu terlihat lembab dan bersih.
  2. Kulit bayi kering. 
    Ciri-ciri kulit kering pada bayi antara lain kalau diraba kulitnya terasa kasar, bersisik dan kadang mengelupas. Hal ini terjadi bahkan hingga bayi telah berusia 1 tahun.
  3. Kulit bayi atopik. 
    Ciri-ciri kulit atopik adalah terlihat sangat kering dan kadang ada bercak merah terutama di pipi, lengan dan lipatan kulit. Selain itu jenis kulit atopik biasanya mudah gatal karena alergi. Tidak jarang muncul bintik-bintik putih di tempat yang terasa gatal tadi.

Memilih Produk Perawatan Kulit Bayi Yang Tepat

Begitu selesai menentukan jenis kulit bayi, langkah selanjutnya yang perlu diputuskan adalah memilih produk perawatan kulit yang tepat. Mengapa demikian? Karena faktanya,  bayi itu memiliki stem cell. Er oke, kalian pasti bertanya-tanya, apa pula stem cell ini? Sama seperti teman-teman, pikiran saya  langsung nyambung ke tali pusar. 

Jadi, berdasarkan penelitian, bayi dengan rentang usia 0-2 tahun memiliki kulit yang kaya akan stem cell. Nah, hal inilah yang nantinya akan berperan regenerasi kulit dan menentukan kualitas kulit bayi hingga dewasa nanti. Akan tetapi, karena berbagai faktor lingkungan seperti polusi udara, sinar UV dan penggunaan bahan kimia, jumlah stem cell kulit menurun drastis sejak bayi lahir hingga usianya 2 tahun.

Karena alasan  itulah, memilih produk perawatan kulit bayi menjadi hal yang harus diperhatikan oleh orang tua. Jangan sampai, stem cell ini menghilang lebih cepat dari waktu yang seharusnya dan menyebabkan perkembangan kulit anak menjadi terganggu.

mustela - ayunafamily.com
Rangkaian produk Mustela Bebe

Wah, baru tahu saya kalau perilmuan tentang kulit bayi sudah sampai sejauh itu.  Jadi agak tertampar karena  jaman dulu enggak pernah tahu tentang hal ini. Saya sering asal mengakatakan iya-iya saat teman menyarankan untuk mencoba segala macam produk ke anak. Padahal, bisa jadi suatu produk cocok di anak orang tapi enggak oke di anak kita. Hasilnya gangguan kulit makin menjadi, mulai dari ruam popok, ruam asi, kemerahan dan iritasi di seluruh tubuh. 

Kalau sudah begitu yang rugi kan kita sendiri, huhu.

Nah, salah satu tips yang disampaikan oleh pak Nurhadi adalah, sebaiknya kita memakai produk perawatan kulit khusus bayi sampai mereka berusia satu tahun. Selain mengidentifikasi  jenis kulit bayi, pastikan kita memilih produk yang memakai bahan alami serta teruji klinis. Untuk hal ini, mustela bisa banget menjadi pilihan loh! 

Kenapa Memilih Mustela?

Alasan yang pertama adalah karena  semua produk Mustela berasal dari bahan-bahan alami. Diantaranya adalah, Alpukat, Bunga Matahari, Lupin, Shea dan Lidah Buaya. Selain itu, seluruhnya 100% non paraben dan non alcohol.  

Alasan kedua, produsen Mustela selalu melakukan bermacam-macam tes pada produknya agar benar-benar yakin kalau hasil akhirnya  aman dan efektif untuk digunakan oleh bayi. Bahkan untuk bayi yang paling bermasalah sekalipun.

Maka, jangan heran kalau harganya mungkin agak berbeda dengan produk perawatan kulit bayi lain yang ada di pasaran. Mustela betul-betul memperhatikan kualitas produknya.  Terbukti, ada seorang  teman saya yang menggunakan produk  ini untuk anaknya karena punya jenis kulit sangat sensitif. And it works genks!

Review Produk Mustela

Nah, setelah hadir di acara talkshow kemarin madam berkesempatan untuk mencoba beberapa produk pilihan dari Mustela. Senang sekali karena kali ini saya bisa mencoba sendiri produk yang banyak direkomendasikan oleh dokter anak dan teman-teman yang anaknya memiliki masalah kulit. Saya membayangkan, kalau untuk kulit yang bermasalah saja bisa berhasil, apalagi untuk anak-anak saya yang jenis kulitnya normal kan?                                

mustela : ayunafamily.com
              isi dari goodiebag

Siapa nih yang penasaran untuk tahu review dari saya? Baca terus sampai ke bawah yah!

Mustela Gentle Cleansing Gel 

Ini adalah sabun yang digunakan untuk membersihkan tubuh. Diformulasikan khusus untuk bayi sejak mereka keluar ceprot dari rahim ibunya. Bisa dipakai untuk seluruh tubuh sampai kepala. Bebas busa tidak pedih di mata. Wanginya khas banget loh, mungkin karena ada kandungan avocado pereseose itu kali ya. 

Enggak lengket, enggak boros air dan terasa nyaman banget di kulit. 

Mustela Barrier Cream

Pertama kali buka langsung mikir kalau cream berwadah tube ini lucu banget. Agak berbeda dengan produk lain yang bentuknya mangkuk kecil biasa. Lebih mudah dibawa jalan dan pastinya lebih higienis. 

Dari namanya ketahuan lah kalau ini adalah krim untuk pelindung dari ruam popok. Sebagai seorang perempuan kita pasti paham kalau memakai popok dalam jangka waktu lama itu tidak nyaman, terkadang bisa timbul kemerahan akibat iritasi ataupun gatal-gatal. Maka, pastikan untuk selalu mengganti popok tidak dalam jangka waktu lama dan oleskan krim ini sebelum memakai popok. Enggak perlu banyak-banyak yah, cukup tipis-tipis saja. 

Mustela Massage Oil

Madam kok suka banget ya sama kemasan produknya mustela, lucu dan praktis banget. Kayak Massage Oil yang satu ini. Cukup semprotkan di bagian telapak tangan kita sebelum diaplikasikan ke kulit bayi. 

Tekstur cairan ini unik, licin, tidak lengket dan mudah meresap di kulit. Memijat jadi terasa lebih mudah. Dijamin aman karena bisa dipakai sejak hari pertama bayi lahir ke dunia. 

Aromanya saya suka karena terasa lembut sekali. Oh iya, minyak ini juga bisa dipakai oleh bayi yang baru keluar dari NICU ya karena bahan-bahannya 99% alami.

Mustela Gentle Soap

Yang ini bentuknya kayak sabun kotak. Belum berani saya coba, masih nunggu sabun cairnya habis dulu. hahaha. Dari ukurannya sih sepertinya besar dan bakalan awet, tahan lama. Tidak berbau juga karena memang semua produk mustela ini non perfume.

Sabun ini diformulasikan dengan tambahan nutri-peotective complex. Berfungsi untuk membersihkan dan melembabkan kulit bayi. Selain itu juga bisa melindungi kulit dari keringnya air mandi saat hari pertama dilahirkan. 

Mustela NewBorn Starter Kit

mustela - ayunafamily.com

Di dalam paket ini ada 4 produk Mustela yang digunakan khusus untuk bayi baru lahir. Dan itu adalah….

  1. Creme Change Vitamin Barrier Cream versi mini. Cream ini bermanfaat untuk mencegah ruam popok setiap hari sejak bayi baru lahir. Cukup oles aja sebelum pakai popok kain atau pospak.
  2. Mustela Body Lotion versi mini.  Nah, kalau produk berbentuk lotion lembut ini berfungsi  melembabkan kulit bayi agar tahan lama.  
  3. Mustela Facial Cream versi mini. Mungkin bakalan ada yang bertanya-tanya, “oh God, beneran ini bayi aja butuh facial cream?”. Seandainya saya mengenal mustela saat si teteh lahir barangkali enggak akan ragu sih. Soalnya dermatitis atopik si teteh itu sewajah loh, sampai sedih saya, huhu.  Banyak dokter merekomendasikan karena formulanya tidak akan membuat kulit wajah bayi menjadi berminyak namun menjadi halus, dengan aroma Mustela yang khas. Cara pakainya oleskan Mustela facial cream pada wajah bayi. Tapi tetap hati-hati ya, hindari bagian mata dan mulut. 
  4. Mustela Gentle Cleansing Gel versi mini. 

My Babies Love it!

Saat mengaplikasikan beberapa produk seperti gentle cleansing gel dan massage oil. 

MUSTELA - AYUNAFAMILY.COM
Habis mandi nih genks!

Beberapa hari terakhir si bungsu terlihat agak tidak nyaman. Terutama kalau diamati dari tidurnya yang sedikit-sedikit terbangun. Jadilah saya coba massage dia dengan menggunakan mustela massage oil. Agak sulit karena dia seperti uget-uget, susaaaahhh banget sampe ngos-ngosan. 

Jujur, saat melakukan pemijatan walau riweh tapi kami sangat menikmati. Menyentuh, mengusap-usap ternyata memberikan rasa nyaman, tidak hanya pada dia, tapi juga saya sendiri. Apalagi minyak pijatnya memiliki wangi khas yang menambah rasa nikmat di kulit. Jadilah saya baru bisa mengambil gambar ketika dia sukses tidur setelah dipijat.

MUSTELA - AYUNAFAMILY.COM
enak ya dek? 

Ingin Tahu Lebih Banyak?

Nah, sampai saat ini saya nyaman-nyaman aja sih dengan produknya mustela. Terutama karena si bungsu kulitnya memang normal. Pas banget gitu. Tapi memang, kalau dengar komentar atau saran dan masukan dari teman-teman lain yang anaknya punya pengalaman kulit bermasalah, mereka pasti akan menyebut mustela. 

Untuk mendapatkan produk ini teman-teman bisa mendatangi apotik atau baby shop terdekat contohnya; Mothercare, Guardian, Viva Generic, Century dan Watson. Selain itu juga bisa beli online di market place favorit seperti Orami.com atau JDID. Biasanya malah suka ada diskon, kan lumayan banget tuh. 

Untuk informasi lebih lanjut teman-teman silakan mampir ke 

  • website        : www.mustela.co.id
  • Facebook    : Mustela Indonesia
  • Instagram   : @mustelaindonesia
MUSTELA - AYUNAFAMILY.COM
me, pojok kiri jilbab pink. Keseruan foto bersama setelah talkshow Mustela 

Semoga informasinya bermanfaat ya 🙂

(Visited 26 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *