LIMA BUKU HISTORICAL ROMANCE YANG WAJIB KAMU BACA SETELAH MENIKAH

Jangan salahkan  kalau kalian nanti langsung terbang ke gramedia dan cari buku historical romance yang madam review di sini yaah!

– Madam A –

Ahei, sampailah kita ke hari ke-9 dari tantangan #BPN30dayschallenge yang mana saya udah megap-megap nulisnya. Masih semangat sih, cuma rasanya kok kayak selalu ada halangan untuk nulis. Jadilah hari ini saya harus nyetor beberapa tulisan sekaligus. Mudah-mudahan tidak mengurangi kualitas tulisan Madam yah!

Olraiitt, hari ini Madam mau berbagi informasi tentang buku. Hmmm…aslinya saya malu nih karena walaupun suka banget baca, buku-buku yang masuk list terbatas di komik dan novel bergenre…historical romance. 

Wow, apa pula itu? Kepo kan? Cekidot yah!

TENTANG BUKU HISTORICAL ROMANCE

Buku-buku dalam genre ini adalah karya fiksi romantis yang diambil dengan setting Inggris abad 19 atau biasa disebut era Regency England

Genre ini sangat menarik karena menggambarkan bagaimana kentalnya sistem hierarki/kasta di Inggris jaman baheula. Kita jadi mengenal lebih jauh tentang  bangsawan di Inggris atau biasa disebut Peerage England yaitu Duke, Marquess, Earl, Viscount, dan Baron yang memiliki tempat dalam kerajaan. Kayak Dike and Duchess of Cambridge kae loohhh!

Enggak cuma itu, saya juga jadi bisa lebih memahami bagaimana susahnya menjadi perempuan di jaman itu. Mulai dari pakaian yang berlapis-lapis, kewajiban menyanggul rambut, tidak tersedianya pembalut, serta minimnya hak-hak yang dimiliki. Pada intinya, kita wajib bersyukur mendapatkan kesempatan hidup di jaman millenial ini. 

Baca Juga : Review Jujur Novel Elena

Tapi, ada satu hal yang mungkin bikin kalian bertanya-tanya, kenapa sih bacanya harus setelah menikah banget? Ahahahahahaha. Kasih tau enggak yaaa? *dikeplak*

Kalau misal kalian lagi di toko buku, coba cek deh, soalnya penerbit sendiri memberi rating “dewasa”. Sebagai seseorang yang sudah berpengalaman membaca genre ini, dewasa menurut saya itu minimal 19 tahun. Minimal banget sudah menikah ,ya kalau belum baiknya tunda dulu. Bukan karena sadis kok, cuma memang ada beberapa scene yang cukup bikin kita malu-malu bacanya. Wakakakaka. 

LIMA BUKU HISTORICAL ROMANCE REKOMENDASI MADAM

Baiklah, madam akan segera menuntaskan rasa penasaran kalian. Lima buku historical romance yang menjadi favorit saya selama hampir tujuh tahun adalah :

THE WALLFLOWER SERIES – LISA KLEYPAS

Dari judulnya aja kalian mungkin bisa menebak kalau ini adalah kisah tentang para wallflower, gadis-gadis yang biasanya hanya menjadi pajangan di tepi lantai dansa. Adalah Annabelle Peyton, Lilian Bowman, Evangeline Jenner serta Daisy Bowman, empat orang sahabat yang bahu-membahu dalam mencari suami terbaik bagi mereka. 

buku historical romance - ayunafamily.com
source : goodreads

Kisahnya unik, dengan plot dan cara bercerita yang mengalir. Konfliknya juga dapet dengan penyelesaian yang sometimes enggak terduga.  Setiap kali menutup kisah dari tokoh-tokoh seri wallflower ini saya merasa seperti diawang-awang. HAHAHAHA. 

Biasa, saking terhanyutnya gitu… I wish I could be one of them, yang biasa-biasa aja tapi bisa dapet suami luar biasa. (Eh, emang udah jadi kenyataan ding:) )

MALORY & ANDERSON FAMILY – JOHANNA LINDSEY

Buku dari mbak JL adalah buku bergenre historical romance yang pertama kali banget saya baca. Bukunya tebitan gagas, bacanya sambil sembunyi-sembunyi karena judulnya agak-agak seduktif gitu. Wkwkwk. Dan ya, since then aku terpikat dengan genre ini. 

Jadi, ini kisah Malory bersaudara dalam menemukan cinta sejati. Mereka adalah keluarga bangsawan Inggris yang anggotanya orang-orang super syantiek dan tamvan. Yang cewek so beautiful, yang cowok sekseeh abesss!  Oh jangan lupa, mereka ini juga horang kayah, punya rumah dimana-mana serta kereta kuda. Pokoknya keluarga perfect wis. 

buku historical romance - ayunafamily.com
source : google

Aku suka banget sama seri ini karena awalnya dikisahkan bahwa keluarga Malory dan Anderson itu saling membenci. But you know, batas antara benci dan cinta setipis kertas. Makin benci makin besar cintanya. 

Menurut madam, buku-bukunya JL enggak terlalu hot sih. Kekuatan beliau memang ada di jalan cerita serta penggambaran keterikatan keluarga yang manis banget. Favoritku adalah kisahnya Amy Malory dan Warren Anderson. 

BRIDGERTON FAMILY – JULIA QUINN

Hmm… buat kalian yang baru mau kenalan sama buku historical romance , supaya enggak kaget ada baiknya baca serial ini dulu. I’m hooked soalnya, haha. Pengarangnya smart dan lucu, kocak! 

Berkisah tentang delapan bersaudara yang huruf depannya berurutan : Anthony, Benedict, Colin, Daphne, Eloise, Fransesca, Gregory dan terakhir Hyacinth. Buku pertama adalah kisahnya Daphne, agak muter memang. 

buku historical romance - ayunafamily.com
source : google 

Khasnya Julia Quinn plotnya agak lambat, tapi nempeelllll banget di hati kita. Sekali baca kayak sulit lepas gitu, banyak anekdot-anekdot serta jokes-jokes sarkas yang untuk memahaminya kita mesti mikir dulu. Tapi mungkin memang di situlah letak kelucuannya. 

Ada tokoh yang abadi banget, muncul hampir di setiap buku bahkan sampai di sekuel lain. Dan tokoh ini betul-betul bikin kisah mereka makin berwarna. Kalau kalian penasaran, baca aja yah! Insya Allah enggak rugi.

THE NAKED SERIES – SALLY MCKENZIE

Beberapa orang mungkin akan bingung kenapa saya  memasukan seri ini ke dalam daftar rekomendasi buku historical romance. Soalnya Lucuuuuuu bangetttt!!! 

Iya, saya kan pecinta hal-hal yang berbau komedi dan buku ini merupakan seri favorit. Saya bisa ngikik bahkan ngakak dengan cara penuturan sang author yang benar-benar ngeselin, HAHAHA. Tapi ngeselinnya dalam tanda kutip yang positif kok. 

buku historical romance - ayunafamily.com
source: google

Oh ya kisah-kisah di buku ini disusun berdasarkan gelar ya, jadi buku pertama adalah The Naked Duke, The Naked Marquis, lanjut terus sampai The Naked Gentleman. Setiap cerita punya kisah yang berbeda, ada yang seperti kisah detektif, ada yang agak sendu , ada yang bener-bener kocak pokoknya lengkap dan tidak terduga. 

THE NOTORIOUS GENTLEMAN – SUZANNE ENOCH

I know, I know, serial ini barangkali tidak terlalu hits di kalangan teman-teman pecinta Historical Romance. But I adored the books so much, terutama buku pertamanya : AFTER THE KISS. 

Buku ini bercerita tentang perjalanan tiga orang sahabat yang berhenti menjadi tentara kerajaan Royal Dragons. Topik yang diangkat tidak biasa dan konfliknya pun agak rumit. Tapi masalahnya, tokoh-tokoh yang digambarkan oleh Suzanne sangat menarik dan mengikat hati pembacanya. 

buku historical romance - ayunafamily.com

Menurut madam, jalinan kisah trio sahabat ini sangat dalam. Senang melihat mereka memiliki ending yang sangat bahagia. Tokoh favoritku adalah Sullivan James Waring dan Lady Isabel Chalsey.

Sullivan, seorang peternak kuda yang sangat terkenal di kalangan bangsawan, anak haram dari seorang Marquis. Isabel adalah putri dari Lord Darshear, bangsawan yang cukup disegani masyarakat. Membaca kisah mereka berdua yang memiliki latar belakang sangat berbeda bikin saya mimbik-mimbik. Terutama saat Sullivan akhirnya menyadari bahwa dia amat sangat mencintai Isabel sampai hatinya terasa sakit. 

Well, sampai di situ dulu yak. Kalau penasaran kalian bisa cari bukunya di tokped atau shopee dengan harga murce karena seri ini sudah tidak ada lagi di gramedia. 

BERANI MENCOBA BACA BUKU HISTORICAL ROMANCE?

Nah, bagaimana teman-teman, penasaran enggak sama buku-buku yang madam rekomendasikan?

Cobain baca boleh, tapi kalau misalnya sampai kepincut dan jatuh cinta, jangan salahkan madam yak 🙂

(Visited 29 times, 1 visits today)
tempo gelato - ayunafami;ly.com

Ibu tiga anak. Pecinta martabak coklat-keju. Suka menulis biar enggak histeris 🙂

2 Replies to “LIMA BUKU HISTORICAL ROMANCE YANG WAJIB KAMU BACA SETELAH MENIKAH”

  1. Oh em jiii madaaammm..

    Buku bacaannya sungguh berad, tapi menggoda untuk dibaca.

    Btw, liat buku kayak gini, kadang saya berandai2 kembali ke masa belum menikah, pulang kerja di hari Sabtu, mampir minimarket beli camilan, trus baca buku ini sambil ngemil.

    Huuuu… kukangeennn hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *