JAWABAN DARI 11 PERTANYAAN INI BISA BANTU KAMU MENGENAL DIRI SENDIRI LOH!

Mengenal diri sendiri mampu membuat kita tahu kapan harus berhenti, kapan harus lanjut

– Madam A –

Kuman di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tidak tampak. Masih ingatkah teman-teman dengan pepatah tersebut? Artinya itu kalau enggak salah bahwa kita lebih mudah untuk melihat cacat orang lain dibanding diri sendiri. 

Saya rasa saya sering melakukannya. Body shaming, mom shaming dan barangkali shaming-shaming lain yang baik sengaja atau tidak terlontar dari mulut maupun jari-jemari di dunia maya. Karena itu, sebelum melanjutkan tulisan ini saya memohon keikhlasan kalian semua untuk memaafkan saya.Β 

*sungkem* *sun pipi kanan-kiri*

MENGENAL DIRI SENDIRI, GAMPANG ATAU SUSAH?

Susah sih kalau menurut saya. Eh, beneran ini. Kalau ditanya orang, “Coba jelaskan kamu adalah orang yang seperti apa.” Saya pasti bakalan bingung memaparkannya. Lebih mudah bagi saya untuk menilai orang lain daripada diri saya sendiri. Karena pasti akan sangat subjektif hasilnya. 

Ya kali saya mau menjelek-jelekan diri sendiri. Walaupun pada dasarnya barangkali saya juga enggak bagus-bagus banget. *pembelaan*

So, mungkin ini adalah saat yang tepat untuk menggali beberapa fakta terkait dengan diri saya sebagai manusia. Thanks to Blogger Perempuan, kalau bukan karena tugas dari #BPN30daywritingchallenge saya enggak bakalan kepikiran untuk menuliskan hal ini. 

mengenal diri - ayunafamily.com

Saya setuju dengan apa yang dituliskan oleh Panglima Perang Sun Tzu dalam bukunya “The Art of War

If you know the enemy, and YOU KNOW YOURSELF, you need not fear the result of a hunre battles

– Sun Tzu

Dalam kehidupan nyata banyak sekali manfaat yang bisa kita raih bila kita mampu mengenali diri kita sendiri. Kita jadi tahu apa tujuan hidup kita, dan jalan mana yang harus kita pilih bila ada dua orang yang tiba-tiba datang menawarkan cinta. (Loh, kok jadi cinta-cintaan Madam?)

Karena itu, simak tulisan Madam sampai selesai dan jangan lupa untuk mencoba menjawab 11 pertanyaan di bawah. Tolong diingat, jawab dengan jujur kalau memang kamu benar-benar ingin mencoba mengenal diri sendiri itu seperti apa. Ok? 

MENGENAL DIRI DENGAN 15 PERTANYAAN INI

Apa kelebihan saya? 

Hmm… nah kan, baru juga disodorin pertanyaan pertama udah bingung. Kalau kata orang-orang sih saya orang yang ceria, berani mengambil inisiatif, berani untuk bicara blak-blakan, dan suka berpikiran positif. 

Jadi inget bagaimana dulu ibu kos sering bilang, “Mbak Ajeng pergi liburan di sini jadi sepi loh.”

Mungkin karena suara saya yang kayak TOA ya? wkwk

Apa kekurangan saya ?

Banyak! Saya cemburuan dan baperan, kadang-kadang sedikit egois juga. Kalau udah disakitin sekali langsung trauma, dipikir dalem-dalem. Saya orang yang berantakan, tidak terjadwal dan suka ngerjain tugas di menit-menit terakhir. 

Oh iya, saya juga tidak tahan terhadap tekanan ya. Kecuali ditekan sama Yusuf saat main gaple. Pokoknya takut banget sama yang namanya konflik!

Apa yang saya suka ?

Buku! Yusuf! Yuan, Luna & Aylan! Saya juga pecinta martabak coklat-keju kelas berat. 

Dalam hubungan percintaan, saya adalah orang yang memiliki bahasa cinta “Physical Touch”. Saya paling bahagia bila mendapatkan sentuhan fisik dari Yusuf. Dalam hal ini tidak melulu soal sex jadi kalian jangan berpikir yang aneh-aneh ya! 

Apa yang saya tidak suka ?

Jauh dari Yusuf. 

Jauh dari anak-anak. 

Tidak mendapatkan perhatian yang cukup. Rumah yang berantakan. Baju yang kebesaran. Oh ya saya juga sebenernya enggak suka menyetrika, HAHAHA. 

Apa yang paling penting bagi hidup saya ? 

Istiqomah dalam iman dan Islam. Keluarga. Kesehatan. Kesempatan untuk bisa melakukan hal-hal positif bagi banyak orang.

Siapa orang yang paling penting dalam hidup saya?

Semua orang yang bila mereka tidak ada, maka hidup saya terasa timpang.

Apa arti kesuksesan bagi saya?

Bisa mendidik anak-anak menjadi manusia yang mandiri, memberi manfaat dan teguh dalam iman dan Islam.

Bisa menjadi sosok yang inspiratif walaupun hanya bekerja dari rumah

Apa yang membuat saya bahagia ? 

Bisa merajut cinta sampai jannah bersama Yusuf. Bisa membuat papa dan mama yang sudah membesarkan saya merasa bahagia. Anak-anak sehat, akur dan saling membantu saat saya tidak ada. 

Baca Juga : Gendang Telinga Aylan Pecah Karena Pilek

Apa yang membuat saya tidak bahagia ?

Bertengkar sama Yusuf. Jerawatan dan terlihat gendut. Melihat anak-anak sakit.

Baca Juga : Ranjang dan sebuah kisah di baliknya

Siapa seseorang atau figur yang saya anggap sebagai pahlawan ?

Mama, Mama mertua, Sahabat saat saya merantau di Tulungagung.

Apa yang membuat saya takut? 

Kecoa, ular, kegelapan. Takut tidak bisa istiqomah, takut kehilangan orang-orang tersayang. Takut kehilangan rasa percaya. Takut diselingkuhin. Takut  enggak dianggap sebagai wanita paling cantik di muka bumi sama Yusuf.

SETELAH INI, LALU APA?

Nah, setelah menjawab 11 pertanyaan yang sepertinya gampang tapi jawabannya susah apa efeknya?

Kalau saya sih jadi lebih bisa memetakan tujuan hidup ke depan. Saya jadi tahu apa yang harus saya lakukan untuk improve kemampuan supaya goal dalam kehidupa bisa tercapai. 

Kekurangan-kekurangan yang saya miliki menjadi catatan tersendiri. PR banget nih, gimana caranya membangun habbit supaya hal-hal minus pada diri saya bisa diminimalisir kemunculannya. 

Saya jadi tahu apa yang saya perjuangkan dan bagaimana cara memperjuangkannya. Family comes first karena mereka adalah bagian terpenting dari hidup saya. Sehingga ketika muncul suatu hambatan, saya tahu kapan harus lanjut, kapan harus berhenti, bahkan kapan harus mundur. 

Hal berharga lainnya dari mengenal diri sendiri adalah saya jadi lebih bersyukur dengan apa-apa yang saya miliki. 

mengenal diri - ayunafamily.com
source : google

Nah, kalau kamu. Coba dong sharing jawaban kamu, tulis di kolom komen bawah yaaa!

(Visited 169 times, 1 visits today)
tempo gelato - ayunafami;ly.com

Ibu tiga anak. Pecinta martabak coklat-keju. Suka menulis biar enggak histeris πŸ™‚

23 Replies to “JAWABAN DARI 11 PERTANYAAN INI BISA BANTU KAMU MENGENAL DIRI SENDIRI LOH!”

  1. Apa kelebihanku?
    Saat ini lemak di perut.

    Jadi pengen berbagi kelebihan πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Btw, membaca tema ini di banyak postingan blogger jadi sadar, kalau ternyata setiap manusia itu punya sifat yang hampir sama.

    Hanya saja, jalan hidup masing2 beda, jadi sifat tersebut dihadapkan pada tantangan dengan kadar berbeda, itu yang akhirnya bikin tiap orang jadi beda meski sifatnya hampir sama.

    Kayak saya, juga paling gak suka konflik.
    Tapi juga iri berat ama madam yang selalu tampil langsing meski penggemar martabak.
    Akoohh benciihhhh πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  2. Terima kasih untuk sharingnya, mbak 😊
    Untuk mengenal diri sendiri itu tidak terlalu sulit. Kita tinggal lihat bagaimana orangΒ² disekitar kita, seperti keluarga dan teman.
    Tinggal kitanya mau peka atay tidak 😊

  3. Tentang mengenal diri sendiri ini sering saya berikan ke siswa saya. Rata-rata mereka mengalami kesulitan kalau diminta menyebutkan kelebihan dan kekurangan dirinya, maklum juga sih masih remaja yg dalam tahap proses pencarian jati diri. Btw, pertanyaan -pertanyaan di atas penting banget untuk mengenal diri lebih lanjut sehingga kita bisa menentukan langkah apa yang harus dilakukan untuk perbaikan diri.

  4. Toss Mba
    Saya juga bahagia kalau bisa didik anak jadi baik
    Soalnya ini bukan pekerjaan mudah. Harus diawali dari diri sendiri dulu yang membaik dari sebelumnya

  5. Sekeliling kita kadang suka beberapa yang membanding-banding kan dan kadang kita suka terbawa dengan opini mereka tentang kita. Sehingga ngga jarang bikin kita stress dan bukan jadi diri sendiri akhirnya.
    Saya mengantisipasinya adalah tutup telinga saja kalau ada yg suka ngebandingin..yess Be Your self saja..karena diri kita adalah unik.

  6. Keren bisa menulis ttg diri sendiri kyk gtu mbak, apalagi mengungkapnya di blog hehe πŸ˜€ Butuh keberanian.
    Kadang saya nanya ke org lain sifat saya kyk apa, trus saya cocokin gtu betul apa gaknya. Jd bisa menilai diri sendiri.
    Yg terakhir sepakat, kita semua spesial jd gk usah membandingkan diri dgn org lain πŸ˜€ .

  7. wah saya harus copas dulu ni semua pertanyaannya
    bagus banget nih tuk mengoreksi diri sendiri dan lebih mengenal diri sendiri
    kadang kita ga tahu apa potensi kita, kelemahan dan tujuan hidup kita
    sok mengalir bagai air hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *