HAL SEDERHANA UNTUK IBU BAHAGIA

Tak bisa dipungkiri bahwa menjadi seorang Ibu membawa kita pada sebuah pekerjaan yang tidak ada habisnya. Cak Lontong pernah berkata “beratnya pekerjaan seorang ibu itu ngalah-ngalahin presiden”. Iya sih setuju, soalnya menjadi presiden kan ada batas waktunya, lima tahun. Nah, menjadi ibu itu batas waktunya sampai kematian datang menjemput alias sampai akhir usia.

Jam kerja seorang Ibu dimulai dari pagi, eh kadang malah dini hari kalau punya bayi. Hal itu berlanjut terus sampai  malam saat hendak tidur lagi. Berdasarkan pengalaman beberapa teman,  jarang dalam tidur pun ibu bermimpi tentang strategi peperangan untuk keesokan harinya. Ya Allah ~

Lalu, apa yang bisa dilakukan seorang Ibu untuk menghindari stress? Hal yang wajar bila para ibu harus dibuat atau bahkan membuat diri sendiri bahagia. Ini penting sekal loh, kenapa coba? Ya karena ibu yang bahagia akan menghasilkan anak yang bahagia. Salah satu triknya tentu saja dengan menurunkan standar kebahagiaan. Ketika standar ini diturunkan  (bahkan dalam kasus saya bukan turun lagi tapi ndlosor) baru deh kita menyadari kalau ternyata bahagia bisa ditemukan dimana-mana . Baik, Ini dia beberapa hal sederhana yang bisa bikin saya bahagia;

1. Anak mau makan.

Setelah berjibaku subuh-subuh pergi ke tukang sayur, melakukan diskusi mendalam dan komperehensif dengan  sesama ibu-ibu yang bingung memutuskan menu, pulang dan langsung berkutat di dapur sampai akhirnya jadilah lauk-pauk lengkap yang bisa dinikmati keluarga. Semua kerja keras itu terbayar jika anak mau mangap, tanpa kita perlu repot-repot joget jaipongan atau pertunjukan debus, walau hanya lima suap pertama.

2. Nemu uang di kantong suami.

Ada  saat dimana sedang letih-letihnya menyetrika, tiba-tiba kita menemukan sesuatu yang keras dan mengganjal di saku celana atau kemeja suami. Setelah dibuka perlahan ditemukanlah lembaran-lembaran berwarna ungu atau biru atau bahkan berwarna merah. Bagaikan padang tandus yang disiram hujan deras, hati ini tentu langsung sumringah. Dengan penuh kehati-hatian dan kasih sayang uang itu disetrika sambil bergumam dalam hati “Alhamdulillah, rejeki darimu ya Allah”. Menyetrika menjadi lebih semangat.

3. Cucian kering semua

Adalah sebuah kelegaan dan kebahagiaan tersendiri bila cucian yang dijemur tadi pagi bisa diangkat semua dalam kondisi kering terutama dalam cuaca hujan. Besryukur sekali seragam kantor maupun sekolah tidak berbau apek karena lembab.

4. Dapat kiriman makanan dari tetangga

Rasanya ini hal yang sepele ya? Tapi beneran loh kondisi badan yang lelah tak ayal sering membuat para ibu mager untuk membuat camilan yang nikmat dan sehat. Padahal camilan merupakan faktor penting dalam menjaga kewarasan seorang ibu. Maka tak bisa kita ingkari, bila ada tetangga membagi camilan hasil kreatifitasnya, hal itu merupakan anugerah. Senyum terus deh itu selama sisa waktu, antara bahagia dan terharu.

5. Bisa Mandi

Iya maafkan, segitunya banget ya yang bisa bikin bahagia para ibu. Pernah kepikiran enggak sih kalau bau keringat, bau bawang, bau asi dan bau-bau lainnya yang nempel di badan itu bisa bikin kita lesu? Maka guyuran air dan wangi sabun yang membawa kesegaran adalah penawarnya. Sering sekali saya merasa, dengan mandi rasanya separuh semangat sudah kembali, hahahaha.

6. Bisa Tidur Siang

Pekerjaan yang dilakukan ibu dari pagi sampai siang hari tak urung membuat badan terasa lelah. Terkadang untuk berbaring saja tidak bisa dilakukan karena anak-anak masih berada dalam mode full battery. Berbagai cara dilakukan mulai dari memberi susu, tepok-tepok pantat sampai menyanyi lagu nina bobo demi membujuk anak-anak supaya mau tidur. Sedihnya, ketika mereka sudah damai pergi ke alam mimpi, para ibu justru berada dalam kegalauan tingkat semesta : tidur atau beberes rumah? Begitu terus sampai Anggun jadi duta shampo lain. Nah, daripada bingung-bingung, pilih tidur saja. Walau hanya lima belas menit, itu sudah lebih dari cukup untuk mengistirahatkan tubuh kita dan tentu saja membuat lebih bahagia.

 

Oke, demikianlah sedikit pengalaman saya tentang hal-hal yang bisa membuat bahagia. Selamat berbahagia ya moms!

(Visited 1 times, 1 visits today)
tempo gelato - ayunafami;ly.com

Ibu tiga anak. Pecinta martabak coklat-keju. Suka menulis biar enggak histeris 🙂

3 Replies to “HAL SEDERHANA UNTUK IBU BAHAGIA”

  1. Hey webmaster
    When you write some blogs and share with us,that is a hard work for you but share makes you happly right?
    yes I am a blogger too,and I wanna share with you my method to make some extra cash,not too much
    maybe $100 a day,but when you keep up the work,the cash will come in much and more.more info you can checkout my blog.
    http://bit.ly/makemoneymethod2018
    good luck and cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *