BERGETAR, SAAT TERE BERBAGI KISAH HIJRAHNYA DI MILAD 4 BLOGGER MUSLIMAH

Kamu tahu bagaimana Tere menjawab pertanyaan kami semua tentang kisah hijrahnya? Dengan menyebut ayat al-quran yang kami saja tak hapal artinya. 

– Madam A –

Saat bangun tidur hari minggu, tanggal 9 Desember 2018 kemarin, saya sebetulnya merasa capek sekali. Maklum, selama tiga hari berturut-turut harus bolak-balik RSCM, kemudian di hari sabtunya ke daerah BSD untuk menghadiri open day dari calon sekolah si abang. Antara lelah tapi kok ingin tetep datang acara milad ke-4 Blogger Muslimah.

tere- ayunafamily.com

Berbekal ijin dari suami, saya pun berangkat menuju lokasi yaitu Nutrifood Inspiring Center yang berada di Apartemen Menteng Square. Hanya berjarak 10 menit dari stasiun Manggarai kalau kita menggunakan ojek. Sedih, saya datang agak terlambat karena sebelumnya harus mengurus dan memastikan anak-anak siap untuk ditinggal selama beberapa jam. 

Saya segera naik ke lantai 2 dimana sudah ada hampir 30 muslimah berkumpul. Saat itu ternyata sedang ada demo make up dari Purbasari. Alhamdulillah masih belum telat-telat banget, baru sampai tahap bersihkan wajah. Jauuuuuh dari kata selesai, wkwkwk. 

Sambil mengambil tempat duduk yang nyaman, saya disambut oleh teman-teman admin Blogger Muslimah dengan hangat. Mereka mempersilahkan saya untuk mengambil camilan yang tersedia di meja. Oh iya, salah satu ciri khas dari acara-acara yang diselenggarakan oleh pihak Blogger Muslimah adalah pesertanya membawa potluck. Ini pengalaman yang seru banget karena jenisnya jadi beraneka ragam.

SERUNYA DEMO MAKE UP DARI PURBASARI

Mbak Icha, peserta yang didapuk sebagai model duduk dengan pasrah di depan. Sedangkan sang Make Up Artist mendandani sambil sesekali menjelaskan kepada kami tentang proses serta tips dan trik berdandan. Pastinya dengan menggunakan produk-produk Purbasari Make Up dong!

Jujur, saya dulu enggak begitu ngeh dengan produk lokal ini karena memang tidak begitu suka dandan hingga akhirnya banyak yang memakai dan merekomendasikan. Terutama untuk lipstick matte dengan beragam varian warnanya. 

Jadi, sebelum memulaskan make up apapun, yang pertama kali banget perlu kita lakukan adalah membersihkan wajah. Ya gimanapun, wajah layaknya sebuah kanvas yang siap untuk dilukis kan? Caranya cukup mudah, totol-totol milk cleanser ke semua bagian wajah lalu usap-usap dan bersihkan dengan kapas. Selanjutnya cukup gunakan penyegar alias face toner yang dituang sebelumnya ke kapas. Purbasari pembersih dan penyegar wajah dengan ekstrak bengkoang dan ketimun ini efektif membersihkan kotoran dan make up sehingga kulit menjadi lebih cerah dan segar.

tere- ayunafamily.com

Next step : oles BB cream, tipis aja yang penting merata. Pilih warna sesuai dengan kondisi kulit kita pastinya. Kalau sudah yakin, tinggal taburkan bedak. Nah, Purbasari punya compact maupun face powder nih. Apa sih bedanya? Compact Powder  mengandung Sophim MC 30 yang membantu melembabkan dan merawat kulit agar terlihat lebih kencang dan alami. Sedangkan Face Powder mengandung  butiran halus yang membuat kulit wajah tampak halus dan cerah secara merata.

Nah, sampai di sini biasanya wajah kita udah mulai kelihatan beda. Supaya lebih manglingi lagi, step berikutnya adalah merapikan alis dan memakai maskara untuk menebalkan bulu mata. Untuk teman-teman yang alisnya udah tebal kayak saya, cukup disisir dengan menggunakan sikat alis aja. 

Sedikit intermezo, saat pembahasan mengenai alis ini saya jadi keingetan quote dari seorang beauty blogger, mbak Fillyawiie : Pantang Pergi Sebelum Alis Jadi. Bener-bener ya, ternyata mengukir alis itu jadi keahlian yang patut diperhitungkan di zaman millenial ini. wkwkwk

Oke, kalau bagian mata sudah rampung saatnya beralih ke bagian agak bawah. Supaya tulang pipi terlihat lebih tinggi, sapukan blush on tipis-tipis dengan Purbasari Makeup Daily Series Blush On yang teksturnya super halus dan ringan.  Oh iya, jangan lupa eye shadownya ya. Terakhir, tinggal oleskan lipstick di bibir dengan produk lipsticknya Purbasari yang cetar membahana. 

Selesai deh! Hasilnya bener-bener manglingi loh! *anggotapangling-panglingkleb*. 

MAKAN SIANG

 Saat demo make up usai, adzan dzuhur berkumandang. Kang sapu alias teh icha memberikan pengumuman bahwa kami boleh ishoma alias istirahat, sholat, dan makan terlebih dulu. Pihak Blogger Muslimah dan Nutrifood membagikan kotak makan siang yang begitu saya buka sungguh menggugah selera. 

tere- ayunafamily.com

Mungkin karena nama tempatnya nutrifood ya, maka menu makan siangnya pun makanan sehat. Baru kali ini saya mendapatkan menu berupa pepes ayam, sayur dan sambal yang betul-betul lezat rasanya. Sayurnya masih kres-kres, sambelnya mantap dan pepes ayamnya gurih luar biasa. 

BERTEMU TERE YANG MENGINSPIRASI

Lantai 2 Nutrifood Inspiring Center tampak riuh, beberapa orang terlihat menyelesaikan ibadah, sedang yang lainnya mengobrol santai. Suasana kekeluargaan begitu terasa. Sambil menunggu bintang tamu hadir, teman-teman dari Blogger Muslimah meramaikan suasana dengan diskusi tentang hijrah mereka.

Ada teh Icha yang curhat, katanya dulu dia merasa tidak pantas untuk bergabung dengan Blogger Muslimah karena belum menjadi muslimah yang baik. Ada pula mbak Denik, yang berbagi kisah tentang saat akhirnya memilih untuk mengenakan hijab sampai rela keluar dari tempatnya bekerja. Enggak sampai di situ, uni Novia pun ikut urun rembug. 

Uni Novia, founder komunitas super kece ini, yang belum lama memutuskan untuk menggunakan niqab. Uni berbagi tentang suka duka serta moment of the truth kenapa beliau akhirnya memakai niqab. 

Tak lama setelahnya, akhirnya bintang tamu yang ditunggu-tunggu pun dipanggil kehadirannya. Saya sempat berdebar, bagaimana sih penampilan peyanyi yang dulu pernah mendapatkan anugerah platinum untuk lagu-lagunya itu? 

Terdengar suara langkah di susuran tangga, saya dan teman-teman semua menanti dengan rasa penasaran yang sama besarnya. Lalu saat sosok itu muncul saya agak kaget karena, serius itu Tere?

Saya sampai harus mengucek-ucek mata berkali-kali saking shocknya. Di depan panggung kecil itu, bersama uni Novia berdiri Theresia Ebenna Ezeria Pardede atau yang lebih dikenal dengan panggilan Tere. Pelantun lagu “Awal Yang Indah” serta mantan anggota DPR RI. 

tere- ayunafamily.com

Penampilan perempuan berusia 40 tahun itu sangat sederhana, mengenakan rok hitam, jilbab ungu dan cardigan abu-abu. Tak seorang pun mampu mengenalinya sebagi penyanyi yang pernah sukses di belantika musik Indonesia. 

“Mohon maaf, kondisi kesehatan saya sebenarnya sedang tidak bagus. Seminggu yang lalu suara saya bahkan hilang, tapi qadarullah suara saya bisa kembali lagi tepat hari ini.” Ujarnya dengan suara serak, yang langsung disambut kami semua dengan rasa syukur. 

Dengan sigap, beliau mengatur laptop dan presentasinya, sedangkan perkenalan dilakukan oleh uni Novia. 

Tere lahir di Jakarta pada tanggal 2 September  1979. Saya yakin dari namanya saja teman-teman bisa menebak bahwa ia lahir di keluarga non muslim. Memiliki bakat dan ketertarikan tinggi pada dunia tarik suara, lulusan FISIP UI ini dilirik oleh perusahaan rekaman. Lagu-lagunya begitu disukai dan menembus pasar musik Indonesia dengan sangat baik. 

Sempat berkarir sebagai anggota parlemen, Tere kemudian mundur dengan alasan merawat ayahnya yang sakit. Pada bulan September tahun 2000 beliau mengucapkan dua kalimat syahadat. Ya, Tere akhirnya memeluk agama islam. Sebuah agama yang sempat tak pernah disangka akan dianutnya. 

Tere berkisah tentang awal mula bagaimana dia menemukan islam, ternyata hanya dari sebuh celetukan loh, kalau tidak salah bunyinya begini ;

Yesus juga ada di Al-quran loh, tapi bukan Tuhan. Namanya Isa Almasih

Kalimat ini terus-menerus menganggu pikirannya. Tere mengatakan bahwa dia adalah orang yang suka berpikiran logis, rasional dan harus berdasarkan data. Itulah kenapa ketika dewasa dia merasa bingung dengan konsep trinitas pada agama yang saat itu diyakininya. 

Dalam perjalanannya mencari jawaban, Tere membuka dan membaca sampai selesai kitab suci agamanya dan al-quran. Selain belajar Tere juga memaparkan tentang sebuah mimpi aneh yang dialami olehnya.

“Saat itu saya merasa berada di sebuah alam, lalu ada cahaya terang bertanya ‘Siapa Tuhanmu’, sungguh saya ketakutan sekali saat tidak bisa menjawabnya. Sampai sekarang saya masih merinding kalau ingat mimpi itu.” katanya.

Sejak saat itulah, apalagi ditambah dengan ditemukannya jawaban atas segala pertanyaan di 6 ayat berbeda Tere semakin yakin untuk menerima Islam untuk selama sisa hidupnya. 

Sejujurnya, Tere pun sempat merasa ragu. Dia yakin bahwa islam adalah agama yang benar, namun melihat orang-orang yang memeluknya, dia bimbang. Tapi entah bagaimana, hidayah tersebut merasuk ke kalbunya. 

Saya benar-benar terkesan dengan Tere. Di acara Blogger Muslimah sebelumnya, saya bertemu dengan Peggy Melati Sukma. Beliau adalah seorang muslim namun sempat lupa kalau dirinya muslim. Qadarullah, Allah memberinya hidayah untuk kembali ke jalan-Nya. Sedangkan Tere, dia non muslim, besar dengan keluarga yang taat pada agama sebelumnya. Pencariannya terhadap Allah bagai kisah detektif. Penuh lika-liku, terlebih Tere bukanlah orang yang mudah percaya. 

Baca Juga : Meet Up Blogger Muslimah Bersama Peggy Melati Sukma

Saat salah seorang dari kami bertanya, tentang apa tanggapan keluarga serta kerabat-kerabatnya saat tahu beliau pindah agama, Tere hanya tersenyum dan menjawab dengan lembut, 

“Saya akan menjawabnya dengan surat al- Ankabut ayat 2-3.” Ujarnya.

tere- ayunafamily.com

Dari situ saya atau mungkin kami semua bisa menebak betapa luar biasa penolakan orang tua, terutama sang Ibunda atas keputusan Tere. Hancur pasti hatinya karena mengecewakan sang Ibu, namun keyakinannya pada Allah sudah tidak tergoyahkan.

Nah, sayang sekali saya tidak bisa mengikuti kisah Tere sampai akhir karena kebetulan kondisi anak-anak masih belum fit sedangkan waktu sudah menunjukan pukul tiga. Karena itulah, saya meminta ijin pada teman-teman untuk pulang duluan. 

Senang sekali rasanya karena di milad yang ke empat, Blogger Muslimah memberikan pengalaman tidak terlupakan. Acara yang berlangsung sejauh saya ikuti begitu berisi, sarat hikmah. Saya merasa seperti direcharge kembali, maklum namanya juga iman. Tidak bisa dipungkiri bahwa kondisinya bisa naik dan turun. 

Ada perasaan malu, karena Tere yang terbilang baru menjadi muslim dan hendak mengganti namanya menjadi annisa memiliki keinginan dan ikhtiar yang kuat untuk menghapalkan surat tersebut.

“Mohon doakan, saya berharap surat An-Nisa ini yang akan menjadi sohib saya di alam kubur nanti.” Katanya sambil tersenyum.

Masya Allah…

PIHAK-PIHAK PENDUKUNG ACARA INI

Anyway, layaknya sebuah acara besar Blogger Muslimah pastinya tidak akan bisa mengadakan acara ini tanpa bantuan dari pihak-pihak sponsor yang pastinya oke banget. Terima kasih banyak untuk 

Rumaisha by Zasa

Rumaisha adalah brand lokal karya Zasafiana Djamal yang mengangkat konsep elegan syar’i pada produk muslim dan wedding dress. Salah satu produk wedding dress. Rumaisha dengan basic warna hitam memiliki keunikan yakni bisa bersinar dalam gelap berkat pemakaian batu-batu kristal dan payet yang berpadu pada tulle dan brokat sebagai bahannya. Untuk produk lengkap bisa cek di Instagram : @rumaisha_by_zaza

Warung Jande

Menjual jajanan desa aneka rasa. Dengan bahan-bahan pilihan. Tanpa pengawet dan pemanis buatan. Cocok untuk teman ngeteh atau ngariung. Untuk detail jenis jajanannya serta info pemesanan bisa lihat di IG @Warung_Jande atau WA 085782309534

Mozlaik

Mozlaik adalah merek dagang yang memiliki tagline ‘Indah Sesuai Sunnah’ yang memproduksi busana muslimah syar’i dengan memberdayakan konveksi rumahan, bukan produk pabrikan. Mozlaik sendiri diambil dari dua kata yaitu Most Like. Produknya terdiri dari bergo, pashmina, dan niqab. Semua produk Mozlaik dilengkapi cadar. Bahan berkualitas namun harga tetap bersahabat. Kepoin akun Ig-nya di @mozlaik

Info Produk Mozlaikq

Pasmina RUQAYYA
Pasmina dengan pet tipis yang tidak kaku dan cadar tali dua layer yang manis. Dibuat satu lobang agar bisa dimodifikasi pemakaiannya sesuai selera. .
✔Bahan: Diamond Crepe
✔Size: Lebar 85 cm Lebar 200 cm
✔Warna: Biru Muda, Coklat Muda, Hijau Muda.

Pasmina HALIMA
Pasmina non pet dengan cadar bandana yang leluasa di bagian mata hingga enak dipakai. Dibuat satu lobang agar bisa dimodifikasi pemakaiannya sesuai selera.
✔Bahan: Diamond Crepe
✔Size: Lebar 70 cm Lebar 200 cm
✔Warna: Merah, Coklat Tua, Abu Sedang.

Bergo SUMAYYA
Aksen rampel di sekeliling bergo dipadu dengan cadar kerut mempermanis bergo Sumayya.
✔Bahan: Wolfis
✔Size: Depan 95 cm Belakang 120 cm
✔Warna: Merah, Abu Tua, Dusty Pink

Bergo ATIQA
Aksen bisban hitam dua tingkat di sekeliling bergo dan juga cadar dengan dua layer membuat bergo ini terkesan beda. Keunikan lainnya, untuk cadar Atiqa ini diberi karet kecil di bagian tengah hingga kerutannya bisa menyesuaikan dengan kontur wajah.
✔Bahan: Diamond Crepe
✔Size: Depan 85 cm Belakang 100 cm
✔Warna: Hitam, Ungu Terong, Hijau Botol

Niqab AISYA
Niqab 2 in 1, cadar dan purdah dipisah. Aksen manis dengan renda kecil di pinggir cadar dan purdah. Bahan lembut hingga nyaman bernafas.
✔Bahan: Ciffon Black
✔Warna: Hitam

Niqab FATHIMA
Niqab dengan cadar dua layer dan purdah model gelombang yang manis. Bahan lembut hingga nyaman bernafas.
✔Bahan: Ciffon Black
✔Warna: Hitam

Niqab MASYITHA
Niqab simple dengan cadar dan purdah model Saudi. Bahan lembut hingga nyaman bernafas.
✔Bahan: Ciffon Black
✔Warna: Hitam

Niqab KHADIJA
Niqab 2 in 1, cadar dan purdah dipisah. Cadar dengan tali karet hingga gampang dipakai dan bis diturunkan saat makan, dipadnkan dengan purdah model poni yang elegan. Bahan ceruti babydoll yang lembut hingga nyaman bernafas.
✔Bahan: Ceruti Babydoll
✔Warna: Hitam, Coklat, Marun.

Nutrifood Inspiring Center

Nutrifood Inspiring Center merupakan co-working space dengan nuansa healthy & green yang ditujukan untuk stakeholders Nutrifood; rekan-rekan media, komunitas, dan karyawan.
Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati WiFi dan snack sehat secara gratis selama bekerja di Nutrifood Inspiring Center.

Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati WiFi dan snack sehat secara gratis selama bekerja di Nutrifood Inspiring Center.

Bertempat di daerah Jakarta Pusat, Nutrifood Inspiring Center menjadi tempat yang strategis untuk dapat dijangkau. Rekan-rekan media dapat menggunakan Nutrifood Inspiring Center sebagai tempat singgah dalam menunggu liputan selanjutnya.

Selain untuk tempat bekerja, Nutrifood juga mengizinkan komunitas untuk membuat acara di Nutrifood Inspiring Center. Nutrifood tidak membatasi jumlah komunitas yang bisa berpartisipasi, pokoknya semua komunitas yang sesuai dengan nilai-nilai Nutrifood, diizinkan untuk menyelenggarakan acara disini. Kamu bisa me-reservasinya dengan mengisi formulir.

Purbasari

Purbasari lahir pada tahun 1993 dibawah PT Gloria Origita Cosmetics dengan produk pertama nya adalah lulur mandi Purbasari yang booming dan sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Pada awal berdirinya, Purbasari berfokus pada produk skincare saja dengan meluncurkan lulur mandi purbasari, hand body lotion, dan sabun.

Purbasari sangat concern dengan sertifikasi halal terhadap setiap produknya karena mayoritas di Indonesia adalah muslim yang sudah sangat teliti untuk menggunakan produk yang halal, dan semua produk Purbasari sudah memiliki sertifikasi halal sehingga tidak perlu khawatir untuk menggunakannya.  Produk purbasari yang terbaru  saat ini adalah Purbasari ultra smooth brow liner dan Purbasari Intense Color Liquid Liner

Purbasari Ultra-Smooth Brow Liner merupakan pensil alis dengan sistem retractable/tanpa raut sehingga praktis dan mudah untuk aplikasi. Dengan bentuk ujung yang disesuaikan dengan bentuk alis alami, menghasilkan riasan alis dengan sempurna, rapih dan alami. Tekstur dari pensil alis tersebut sangat lembut sehingga memudahkan aplikasi dan menghasilkan warna yang tampak natural.

  • Creamy Smooth Texture memudahkan aplikasi dan menghasilkan warna yang pigmented.
  • Automatic Angled Tip (Triangular Shaped) bentuk segita sehingga menggambar alis jadi lebih mudah dan cepat.
  • Soft Blending Brush (Spooly Brush) sebagai sikat alis untuk merapihkan dan membaur hasil pulasan alis .
  • Retractable (Tanpa Raut) membuatnya praktis dan tidak perlu diraut dan tidak mudah patah.
  • Natural or defined finish menghasilkan warna yang alami atau nyata.

Purbasari Intense Color Liquid adalah Eye Liner Eyeliner cair berbentuk spidol sehingga praktis dan mudah diaplikasikan. Formula yang waterproof yang menghasilkan garis intens sepanjang hari Arti dari kata “Intense Color” bisa diartikan “Warna yang pekat”.

Karena dengan teknologi ball bearing (bantalan bola) membuat formula tidak cepat kering yang menghasilkan warna yang pekat dan rata yang terus menerus. Kata “Liquid Liner” adalah kata lain dari Eyeliner berbentuk cair.

Internal Ball bearing
technology memembuat formula tetap hitam pekat dan mencegah separasi pada warna. Long-Wearing & Smudge proof formula yang tahan lama & tidak mudah luntur. High-Pigmented Formula menghasilkan warna yang pekat dalam satu goresan. Quick Drying formula yang cepat kering saat aplikasi sehingga tidak menodai kelopak mata dan hasil sempurna yang tahan lama. Easy application dengan aplikator cotton brush membuatnya mudah diaplikasikan untuk garis tipis maupun tebal.

SEMOGA BERMANFAAT

Okay, itu dia laporan khusus dari acara milad ke 4 Blogger Muslimah. Doa dari saya semoga komunitas ini makin cetar dan memberikan manfaat bagi blogger khusunya dan masyarakat umum tentunya. 

Mudah-mudahan bisa mendapat kesempatan lain untuk bergabung ke acara yang diadain Blogger Muslimah lagi yah!

(Visited 49 times, 1 visits today)

2 Replies to “BERGETAR, SAAT TERE BERBAGI KISAH HIJRAHNYA DI MILAD 4 BLOGGER MUSLIMAH”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *