SERU-SERUAN BERSAMA KELUARGA DI GO WET BEKASI

go wet - ayunafamily.com

MAU LAGI MAIN KE GO WET ITU, MAUUUU!

= Madam A –

Baiklah saya mau mengakui sesuatu. Sejak pindah ke Tangerang Selatan pada tahun 2014 yag lalu saya dan keluarga jarang sekali pergi ke tempat wisata air yang memiliki wahana aneh-aneh. Paling mentok ya ke kolam renang biasa. Alasannya sih banyak, mulai dari tempatnya jauh sama harga yang sepertinya kok, ng… enggak sesuai sama fasilitasnya gitu. Kan rugi kalau niat untuk liburan berakhir dengan kekecawaan. 

Jadilah weekend saya hanya berakhir di Mall, buahahahahak!

Continue reading “SERU-SERUAN BERSAMA KELUARGA DI GO WET BEKASI”

SEPUTAR DIABETES PADA ANAK YANG PERLU KITA KETAHUI

diabetes - ayunafamily.com

Ngeri sekali saat tahu bahwa diabetes, penyakit tidak menular yang biasanya menjangkiti orang dewasa ternyata juga bisa kena ke anak-anak. Apalagi angka penderitanya terus meningkat, duh…

 – Madam A –

Pagi itu, dr. Aman Bhakti Pulungan Sp.A(K), Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan kalau angka penderita diabetes pada anak usia 0-18 tahun dalam jangka waktu 10 tahun meningkat hingga 700%. Suatu angka yang terbilang fantastis namun menyedihkan. Sedih karena itu artinya, generasi penerus kita memiliki resiko mutu hidupnya menjadi lebih rendah. 

diabetes - ayunafamily.com
dr. Aman Bhakti Pulungan Sp.A (K)

Kami semua, baik blogger maupun jurnalis yang diundang untuk menghadiri media briefing dari Kementrian Kesehatan dengan tema “Anak Juga Bisa Diabetes”, menyimak dengan sungguh-sungguh apa yang disampaikan oleh semua narasumber. Bagaimanapun, kata “diabetes” sudah begitu sering lewat di telinga, tapi tetap saja saya tidak betul-betul memahaminya. 

Alhamdulillah, kok sama Allah dikasih kesempatan untuk belajar langsung dari ahli. Karena itulah, saya akan mencoba berbagi informasi tentang Diabetes pada anak, baik DM tipe-1 maupun DM tipe-2. Siapkan konsentrasi dan kekuatan untuk menyimaknya yah! 

Continue reading “SEPUTAR DIABETES PADA ANAK YANG PERLU KITA KETAHUI”

KAOS KAKI SIKILE, PILIHAN TERBAIK SUPAYA MAKIN CANTIK

kaos kaki sikile - ayunafamily.com

Ada yang bilang cinta sejati itu ibarat kaos kaki, untuk berpasangan harus ada dua biji. Tapi saya pengen punya hubungan cinta kayak kaos kaki sikile, manis, hangat dan panjaaaanggggg banget. Laaf!

– Madam A –

Kalau diingat-ingat, memori saya tentang perkaos-kakian sebetulnya biasa-biasa saja. Datar, sedatar wajahnya Yusuf kalau diajak ngobrol sama istrinya (jiah curcooolll), lol. Gimana ya, waktu SD sudah dipastikan kalau kaos kaki yang dipakai wajib berwarna putih tanpa motif. Paling mentok pakai renda atau pita-pita sederhana.

Berani melanggar aturan sekolah, apalagi kalau hari senin berarti siap-siap berdiri di depan. Bukan, bukan untuk nerima penghargaan, tapi disetrap, wkwk.

Memasuki masa SMP dan SMA aturan tersebut enggak berubah. Apakah itu karena saya sekolah di sekolah negeri sehingga aturannya ketat atau di sekolah lain juga begitu? Mungkin karena tujuan kita sekolah untuk belajar ya, bukan fashion show. Saat itu satu hal yang pasti adalah  kaos kaki saya yang berwarna atau bermotif bisa dihitung dengan sebelah tangan.

Continue reading “KAOS KAKI SIKILE, PILIHAN TERBAIK SUPAYA MAKIN CANTIK”

ANAK MENGIKUTI GAYA BICARA TEMAN, BAGAIMANA MENGATASINYA?

bicara yang baik - ayunafamily.com

Literasi yang baik di rumah adalah kunci pembentukan gaya bicara yang baik.

– Madam A –

Sabtu pagi beberapa minggu yang lalu, saya yang sedang asyik memasak dipanggil si Abang. Tentu saja saya langsung menghentikan aktivitas di dapur dan beranjak ke ruang tamu. Melihat mamanya datang,  dia tiba-tiba mengacungkan jari tengahnya dan berkata,

“Mah, fuck mah, fuck!”

Saya melongo, tertegun melihat apa yang baru saja terjadi. Di lain pihak, si Abang justru  tertawa-tawa melihat reaksi saya. I was like, seriously?

bicara yang baik - ayunafamily.com
source : pixabay

Wait, dulu saya memang pernah menulis tentang curhatan seorang ayah yang bingung harus menjawab apa ketika anak gadisnya yang berusia tujuh tahun berkata Fuck. Kalau enggak salah sih, ada di tulisan ini. (Please, baca dulu ya gengs, penting)

Continue reading “ANAK MENGIKUTI GAYA BICARA TEMAN, BAGAIMANA MENGATASINYA?”

MENGENAL LEBIH JAUH KANKER ANAK

kanker anak - ayunafamily.com

Baru kali ini saya tahu kalau ternyata kanker  anak yang terdeteksi dini ternyata presentase kesembuhannya cukup tinggi, yaitu delapan puluh persen.

– Madam A – 

Pada tanggal 16 Oktober yang lalu saya mendapatkan undangan untuk menghadiri Media Briefing dari Kemenkes (Kementrian Kesehatan). Sebuah kesempatan yang berharga sekali karena tema yang diangkat kali ini sangat menarik, yakni “Kenali Gejala Dini Pada Kanker Anak”. 

kanker anak - ayunafamily.com
Natarini Setianingsih (Penyintas Kanker Anak), dr. Mururul Aisyi Sp.A(K), dr. Cut Putri Arianie M.Kes

Apa yang muncul di pikiran teman-teman kalau mendengar kata kanker bersanding dengan kata anak?

Continue reading “MENGENAL LEBIH JAUH KANKER ANAK”

FLU? YUK COBA ATASI DENGAN MINUM SARI JAHE

jahe- ayunafamily.com

Seberapa gregetnya kamu kalau lagi bersin-bersin dan hatching-hatching sampai sentrap-sentrup terus dibikinin minuman jahe anget-anget? 

– Madam A –

Akhir-akhir ini kondisi cuaca di daerah Pondok Aren, Tangerang Selatan rasanya kok semakin tidak menentu. Banyak kabar sliweran di WAG tentang fenomena ingginya suhu udara di Jakarta dan sekitarnya. Memang sih, sejak awal bulan Oktober cuaca terasa sangat panas, matahari bersinar terik dan menusuk kulit.

Pihak BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika sendiri sudah memberikan pernyataan bahwa ini adalah kondisi yang wajar dan alamiah. Utamanya pada bulan-bulan puncak musim kemarau atau pancaroba. Namun anehnya, terkadang di beberapa wilayah sudah mulai turun hujan walau tidak lama. 

Continue reading “FLU? YUK COBA ATASI DENGAN MINUM SARI JAHE”

REVIEW JUJUR MOOIMOM ULTRA-COMFORT SEAMLESS MATERNITY & NURSING BRA

NURSING BRA- AYUNAFAMILY.COM

Jatuh cinta banget sama nursing bra dari mooimom! Penyangga gentong ASI terbaik yang pernah aku coba!

–  Madam A –

 

Saya ingat sebuah momen di mana untuk pertama kalinya mengenal ASI alias Air Susu Ibu. Kala itu saya sedang hamil anak pertama, tahun 2012, di sebuah kota kecil bernama Tulungagung. Informasi tentang cairan ajaib ini saya dapatkan dari internet dan berbagai komunitas. Oh iya, di twitter bahkan ada sebuah akun bernama Ayah ASI, kumpulan bapak-bapak yang peduli dan ingin meningkatkan awareness tentang pentingnya bayi menerima asupan ASI ekslusif selama enam bulan dan dilanjutkan sampai dua tahun.

nursing bra - ayunafamily.com
Asi, wujud cinta ibu …

Begitu pentingnya ASI sehingga banyak orang melakukan apapun agar mampu menyusui. Sering kita melihat bagaimana para calon ibu dan ayah menyiapkan asupan terbaik agar ASI bisa keluar pasca melahirkan. Tapi, pernahkah terbersit di dalam pikiran bahwa kita juga butuh penyangga wadahnya ASI yang nyaman? 

Saya sih iyes, nggak tahu kalau Mas Anang, wkwk.

Continue reading “REVIEW JUJUR MOOIMOM ULTRA-COMFORT SEAMLESS MATERNITY & NURSING BRA”

GENDANG TELINGA AYLAN PECAH KARENA PILEK

gendang telinga - ayunafamily.com

Ketika pak dokter bilang, kalau cairan yang keluar dari telinga kanan Aylan adalah pertanda gendang telinga nya sudah pecah, saya hampir pingsan di tempat

– Madam A –

 

Beberapa waktu yang lalu, Aylan terserang demam, batuk dan pilek. Biasa,  ketularan kakak-kakaknya. Padahal, sebelumnya dia adalah satu-satunya yang paling perkasa di rumah karena saya, Yusuf, Abang dan Teteh sukses KO karena flu. Saya menjaga banget supaya Aylan ini tidak sakit. Berbagai cara saya lakukan  dengan misalnya,  menggunakan masker, memberikan vitamin tambahan atau memandikan dengan air hangat dan menjauhkan dia dari kakak-kakaknya sementara waktu. 

Qadarullah dia tetap sakit.

Continue reading “GENDANG TELINGA AYLAN PECAH KARENA PILEK”

METODE FONIK , BELAJAR MEMBACA DENGAN FUN!

metode fonik - ayunafamily.com

Setelah mempelajari berbagai macam metode, akhirnya kembali pada metode fonik ini. Paling rasional, paling enggak ngoyo dan paliiingg mudah untuk diaplikasikan 

– Madam A –

Mengajari anak membaca barangkali tidak pernah menjadi prioritas dalam kegiatan pengasuhan anak. Selama ini, concern saya adalah membangun attitude dan stimulasi saja. Makannya, saat mencari sekolah TK pun, kriteria yang saya pilih mungkin agak di luar kebiasan emak-emak jaman now. Masih TK loh ini, belum SD atau SMP. Puciingg pala berbiihh!

Continue reading “METODE FONIK , BELAJAR MEMBACA DENGAN FUN!”

MENITIPKAN ANAK PADA AYAHNYA, KENAPA TIDAK?

menitipkan anak - ayunafamily.com

Jangan pernah takut menitipkan anak pada ayahnya. Biarkan naluri keayahan mereka muncul, biarkan bonding itu menguat. Toh anak itu dibikin berdua, jaganya juga berdua kan?

– Madam A –

Beberapa waktu yang lalu saya menghadiri acara puncak Ulang Tahun ke-5 Bacpaker Jakarta dan Klub Buku. Event ini dihelat di daerah Kelapa Gading yang jauuuhhhhhhhh banget jaraknya dari rumah. Waktu perjalanan yang dibutuhkan pun bisa lebih dari dua jam. Jadilah saya berangkat pagi dan pulang malam. Lalu krucils bersama siapa? Sama Alien. Ya enggak mungkinlah, sama ayahnya dong.

Continue reading “MENITIPKAN ANAK PADA AYAHNYA, KENAPA TIDAK?”